?>
LADIESTORY.ID » BEAUTY » 1000 MANFAAT, CENTELLA ASIATICA BAGI KULIT YANG BERJERAWAT

1000 Manfaat, Centella Asiatica Bagi Kulit Yang Berjerawat

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Kamis, 25 Juni 2020 | 03:41:05
Durasi baca: 2 menit, 33 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

1000 Manfaat, Centella Asiatica Bagi Kulit Yang Berjerawat

Centella Asiatica dikenal sebagai salah satu kandungan skincare alami yang efektif untuk menangani masalah jerawat berkat senyawa Glikosida Madekosida pada bagian daun dan tangkainya. Kandungan tersebut, berfungsi sebagai anti-inflamasi dan efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka bekas jerawat.Centella asiatica atau lebih dikenal daun pegagan adalah salah satu tanaman sejuta manfaat. Selama bertahun-tahun, Centella asiatica dimanfaatkan dalam kuliner dan obat-obatan.

Centella Asiaticanya sendiri didapatkan dari pulau madagascar yang diklaim tidak ternoda. Dengan kandungan PHA toner ini berfungsi untuk melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel-sel kulit mati agar wajah kusam tampak lebih cerah, bersih dan lembut. PHA sendiri merupakan salah satu jenis exsfoliator yang dikenal cocok digunakan pada pemilik kulit sensitif. Di Indonesia, Centella asiatica dikenal dengan nama daun pegagan. Akhir-akhir ini, Centella asiatica menjadi perbincangan di tengah masyarakat karena khasiatnya dinilai sangat baik untuk kecantikan, dan ada banyak produk perawatan wajah yang kini dibuat dengan menambahkan ekstrak tanaman ini. Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan Kulit Di dalam Centella asiatica, terkandung saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid. Zat-zat inilah yang disinyalir bermanfaat bagi kulit. Nah, apa saja manfaatnya?

1. Menjaga kelembapan kulit

Ekstrak Centella asiatica dapat meningkatkan kadar sebum atau minyak alami kulit, sehingga kelembapan dan elastisitas kulit dapat terjaga. Kandungan saponin dari tanaman ini juga mampu mempertahankan air lebih lama pada kulit dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis di kulit. Kulit yang terjaga kelembapannya akan lebih mudah terhindar dari masalah, seperti kulit gatal, kusam, atau keriput.

Baca juga: Produk Shampo Untuk Kulit Kepala Berketombe dan Gatal

2. Mengurangi peradangan

Selain membantu menjaga kelembaban kulit, saponin juga dapat memberikan perlindungan pada kulit, dan meredakan iritasi kulit dengan cara menghambat sel-sel yang memicu peradangan. Berdasarkan hasil riset di laboratorium, efek Centella asiatica tersebut dapat meringankan gejala penyakit kulit tertentu, antara lain dermatitis, psoriasis, scleroderma, dan eksim atopik. Namun, efek penggunaan tanaman herbal ini sebagai obat untuk penyakit kulit pada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Mencegah dan mengurangi kerusakan kulit

Centella asiatica kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan phenolic acid. Antioksidan dari tanaman ini dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Penuaan dini pada kulit ini dapat disebabkan oleh paparan radiasi sinar ultraviolet (UV) matahari dan polutan, seperti asap rokok dan asap kendaraan.

4. Mempercepat penyembuhan luka pada kulit

Terpenoid yang ada dalam Centella asiatica terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, Centella asiatica bahkan dapat digunakan pada luka bakar, karena kandungan zat aktifnya dapat meningkatkan produksi kolagen, serta menunjang pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru. Ekstrak tanaman ini juga terbukti dapat membantu pemulihan luka pasca operasi, luka robek, dan luka pada penderita diabetes.

5. Mencegah stretch marks dan mengurangi selulit

Selulit adalah masalah penampilan yang sering diderita oleh orang-orang yang mengalami kenaikan berat badan dalam waktu cepat, misalnya remaja yang sedang dalam masa pubertas atau wanita hamil. Nah, ekstrak Centella asiatica disinyalir dapat mengurangi selulit bila dioleskan di area tubuh yang mengalami masalah ini.

Selain bermanfaat langsung pada kulit, centella asiatica juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Nah, lalu memang kenapa? Kalau peredaran darahmu lancar pastinya kulit juga mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan secara tepat sehingga kulit kamu tetap sehat. Tertarik mencoba skincare dengan kandungan centella asiatica nggak nih?

Baca juga: Terbaik! Rekomendasi Loose Powder Untuk Kulit Berminyak


centella asiatica manfaat skincare yang mengandung centella asiatica manfaat centella asiatica untuk kulit

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON BEAUTY