?>
LADIESTORY.ID » COMMUNITY BLOG » HEALTH » 20 INFORMASI KESEHATAN YANG KELIRU DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT

20 Informasi Kesehatan yang Keliru di Tengah-tengah Masyarakat

Mochamad Robby
Durasi baca: 6 menit, 32 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

20 Informasi Kesehatan yang Keliru di Tengah-tengah Masyarakat

Informasi adalah bagian penting dalam kehidupan kita. Seperti layaknya segala sesuatu di dunia ini, semua berpasangan. Begitu pula informasi, ada informasi yang benar, ada pula yang salah. Wawasan dan pengetahuan yang luas sangat diperlukan guna menilai suatu informasi benar atau salah. Artikel ini akan membahas informasi kesehatan yang keliru di masyarakat. Namun, sebelumnya mari kita lihat dulu apa itu informasi kesehatan.

Seputar Informasi Kesehatan

Salah satu informasi yang penting adalah tentang informasi kesehatan. Segala sesuatu pengetahuan tentang dunia kesehatan. Informais ini biasanya berkembang di masyakata dari mulut ke mulut. Informasinya bisa berkaitan dengan kebiasaan, organ tubuh, makanan, dan lain-lain.

Nah, untuk informasi yang satu ini, kita haruys bener-benar mengetahui kebenarannya. Dengan begitu, kita tidak akan keliru tentang kesehatan. Jangan sampai kita yang ingin hidup lebih sehat, tapi terjebak karena mendapatkan informasi kesehatan yang keliru. 

Baca juga: 5 Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi

Saat ini ada banyak fasilitas yang dapat memungkinkan anda mendapatkan informasi seputar kesehatan yang benar. Anda dapat mencarinya di internet. Di sana, ada banyak situs yang dikelola oleh lembaga kesehatan atau orang yang ahli di bidang kesehatan. Dengan begitu, Anda tidak akan mendapatkan informasi yang keliru seputar kesehatan.

20 Informasi Kesehatan yang Keliru di Tengah-tengah Masyarakat

Banyak sekali informasi kesehatan yang sudah beredar luas di masyarakat yang seakan-akan sesuatu yang benar. Padahal informasi kesehatan itu salah bahkan informasi kesehatan tersebut hanya sekedar mitos tanpa alasan ada dukungan fakta dan logika. Berikut beberapa informasi kesehatan yang sepertinya benar padahal keliru.

1. Membaca di Tempat Remang Merusak Mata

Sebenarnya membaca di tempat yang cahayanya kurang tidak akan merusak mata, hanya mata akan cepat menjadi lelah.

Baca juga: Tanaman Pembersih Udara Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga Saat Masa Pandemi


2. Jantung di Sebelah Kiri Dada

Posisi jantung sebenarnya berada hampir di tengah-tengah dada dan terlindungi oleh tulang dada.

3. Rambut Beruban dalam Waktu Semalam karena Stres

Proses pembentukkan uban tidak terjadi secepat itu, tapi secara bertahap. Rambut hitam akan berubah menjadi abu-abu lalu berangsur menjadi putih. Stres memang bisa menyebabkan rambut beruban, tapi tidak dalam satu malam.

4. Makan Sedikit mungkin agar Tubuh Langsing

Baca juga: Beberapa Manfaat Agar-Agar Bagi Kesehatan, Simak Yuk

Makan sesedikit mungkin hanya akan menyebabkan penyakit lebih mudah menyerang tubuh kita. Hal itu disebabkan oleh asupan nutrisi yang berkurang dan tidak sebanding dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika ingin langsing sebaiknya melakukan pengurangan asupan kalori dan meningkatkan proses pembakarannya secara bertahap.

5. Mengatasi Cegukan dengan Minum Air

Tidak terbukti secara medis, begitu pula dengan menahan napas. Pada tahun 1971, New England Journal of Medicine merekomendasikan bahwa menelan sesendok gula pasir akan sangat efektif untuk mengatasi cegukkan. Riset ini telah diujicobakan pada 20 orang relawan, hasilnya cegukkan berhasil dihentikan pada 19 orang pasien.

6. Mudah Terkena Flu Jika Kedinginan

Baca juga: Manfaat Memelihara Kuncing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Common Cold Research Unit di Salisbury, Inggris pernah melakukan riset terhadap dua kelompok relawan. Kedua kelompok ini kemudian diberikan virus flu. Kemudian kelompok pertama ditempatkan di ruangan yang cukup hangat, lalu kelompok kedua diguyur dengan air dingin hingga basah kuyup dalam waktu setengah jam.

Setelah itu mereka mengeringkan badan dan berpakaian yang kering. Hanya saja mereka masih mengenakan kaus kaki yang basah selama beberapa jam. Hasilnya, kedua kelompok itu mendapatkan gejala yang sama. Jadi, tubuh yang kedinginan tidak berpengaruh apapun pada sistem kekebalan tubuh.

7. Anak sulit tidur? Berikan Susu Hangat

Memang ada kandungan zat yang bisa menyebabkan mudah tertidur pada susu, yang disebut tryptophan, tapi kadarnya hanya sedikit sekali, hingga efeknya nyaris tidak terasa. Jadi, butuh susu dalam jumlah banyak (beberapa puluh liter mungkin) agar efeknya bisa terasa.

Tapi jika itu dilakukan efek lain yang akan terjadi, muntah-muntah sebelum kemudian pingsan karena kelelahan. Lalu mengapa anak kecil mudah tidur jika diberi susu hangat? Tidak semua anak kecil sebenarnya, hanya bagi mereka yang selalu minum susu hangat sebelum tidur saja. Jadi hanya karena rutinitas, bukan efek dari kandungan tryptophan pada susu.

Baca juga: Penting! Kesehatan Reproduksi Pada Para Remaja

8. Hanya 10?ri Otak yang Kita Gunakan

Ini hanya informasi kesehatan berupa mitos dan akal-akalan yang dibuat oleh para sales “ahli otak” untuk promosi “metode baru” yang “konon” bisa meningkatkan kemampuan otak. Menurut riset, sebenarnya semua bagian otak bekerja secara bergantian sesuai kebutuhan dan fungsinya.

9. Rambut Tumbuh Cepat serta Kasar karena Dicukur

Pertumbuhan rambut bergantung pada nutrisi yang kita konsumsi, tidak ada hubungannya dengan mencukur. Justru jika sering dicukur, rambut akan sulit menjadi panjang. Rambut baru kondisinya memang kasar, tapi setelah memanjang akan menjadi rambut seperti biasanya, tergantung pada perawatan.

10. Terkena Flu karena Tidur Setelah Keramas

Flu atau influenza disebabkan oleh virus yang disebut Rinovirus, bukan rambut basah, badan basah, dan lain-lain. Ini adalah infoormasi kesehatan yang salah.

11. Mata Tidak Normal karena Sering Berpura-pura Juling

Berpura-pura juling hanya akan membuat efek lucu, atau bahkan menjengkelkan, tapi tidak akan merusak mata. Jika ada seseorang yang selalu melakukan hal itu (sering menjerengkan matanya) kemungkinan besar dia terkena gangguan penglihatan.

12. Permen Karet Tidak Bisa Dikeluarkan dari Perut selama Tujuh Tahun Jika tertelan

Menurut  Davis Pollack, saat menelan permen karet, cairan bisa membawa permen karet lewat saluran usus. Dalam beberapa hari permen ini akan dibuang. Sama halnya seperti benda non-makanan lain yang sering ditelan oleh anak-anak.

Permen karet memang tidak bisa dicerna, tapi seperti yang kita tahu, makananpun jika sudah tidak bisa dicerna akan berubah menjadi feses dan dikeluarkan dari tubuh.

13. Tubuh Lemas Jika Tidak Makan Daging

Sebenarnya tubuh akan beradaptasi pada makanan. Rasa lemas yang muncul lebih cenderung karena efek psikologi. Kita hanya akan menjadi lemas jika tidak memakan apa-apa.

14. Kurang Gizi karena Tidak Makan daging

Sumber protein tidak hanya dari sumber makanan hewani, sumber nabati pun mempunyai cukup persediaan nutrisi yang diperlukan tubuh pada umumnya. Jika ada kekurangan bisa dibantu dengan konsumsi suplemen makanan.

15. Laki-laki Tidak akan Jantan Jika tidak makan daging

Manusia dan hewan tidak sama. Lagi pula banyak hewan herbivora yang jauh lebih kuat dari macan atau singa, seperti gajah, kuda nil, singa pun sering kali kerepotan ketika berburu kijang karena kijang larinya lebih cepat.

Tidak “jantan”? kelinci jauh lebih “jantan” dari singa atau macan atau karnivora lainnya karena kelinci bisa menghasilkan anak jauh lebih banyak. Singa atau macan akan segera tidur setelah kenyang, tapi kerbau atau kuda akan segera bekerja kembali begitu perut mereka terisi.

16. Makan Daging Tak Berlemak Itu Sehat

Sebenarnya daging (berlemak atau tidak) akan menyebabkan tubuh kehilangan kalsium lebih banyak karena dikeluarkan lewat urin. Terutama bagi wanita setelah menopause, bisa menyebabkan tulang keropos dan risiko patah tulang (Deborah E Sellmeyer, Katie L Stone, Anthony Sebastian, and Steven R Cumming, “A High Ratio of Dietary Animal to Vegetable Protein Increases the Rate of Bone Loss and The Risk of Fracture in Postmenopausal Women”, Am J Clin Nutr 2001 73: 118-122).

17. Sering Cuci Muka Jerawat Hilang

Jerawat tidak hanya disebabkan oleh debu dan kotoran yang menempel di wajah, tapi juga hormon ataupun memaksakan penggunaan produk yang tidak tepat. Jika membersihkan wajah secarara berlebihan, jerawat akan tambah parah.

18. Memencet Jerawat

Ketika jerawat sedang meradang, rasanya enak dipencet-pencet. Sebenarnya hal itu hanya akan memperparah kondisi jerawat, apalagi jika menggunakan alat atau tangan yang tidak higienis.

19. Mencoba Berbagai Macam Produk Kesehatan

Kadang jika sedang berusaha menyembuhkan atau ingin lebih sehat, kita akan mencoba suatu produk. Tapi ketika produk itu belum terlihat memberi hasil kita cenderung akan beralih ke produk lain yang “konon” lebih baik, begitu seterusnya berulang-ulang. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah, tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan produk baru terus-menerus hingga mengakibatkan alergi bahkan kerusakan pada tubuh itu sendiri.

20. Tidak Memeriksa Kandungan dalam Produk

Kesalahan yang sering kali terjadi karena kecenderungan kita untuk percaya apa kata orang dan malas untuk memperhatikan fakta yang sebenarnya. Bisa saja suatu produk mengandung zat yang mungkin baik bagi orang lain tetapi tidak cocok untuk tubuh kita.

Sebenarnya masih banyak lagi informasi kesehatan yang keliru sehingga seringkali “menyesatkan” kita. Tapi, dengan mencermati hal-hal di atas Insya Allah kita akan tehindar dari kekeliruan informasi kesehatan yang sering terjadi. Akhirnya, berhati-hatilah sebelum melaksanakan tips atau saran berupa informasi kesehatan, cermati dulu faktanya.

Akan jauh lebih mudah jika Anda mengikuti informasi dari sebuah website maupun sosial media Ladiestory.id , di dalam website inilah Anda akan banyak mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk menjalani kehidupan sehari-hari baik itu mulai dari masalah Beauty, Health, Fashion, Hijab, Lifestyle, Travel, Parenting, Culinary & Recipe dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda !

Informasi Kesehatan Berita Kesehatan Terhangat Gaya Hidup Sehat

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH