LADIESTORY.ID | JEWELRY | 3 TIPS BAGAIMANA CARA MENENTUKAN KUALITAS BERLIAN ATAU DIAMOND

3 Tips Bagaimana Cara Menentukan Kualitas Berlian atau Diamond

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 48 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

3 Tips Bagaimana Cara Menentukan Kualitas Berlian atau Diamond

Masih ingat dengan pepatah “Diamonds are girl’s best friend”? Ya, berlian emang banyak digemari nih oleh perempuan di luar sana. Nah, buat kamu yang emang pengin memiliki berlian sebaiknya mesti mengetahui beberapa hal ini. Kalau mendengar kata berlian emang bisa dibilang salah satu perhiasan yang mahal banget harganya. Ya, gimana gak mahal, buat 1 carat berlian dengan jenis yang bagus atau superior aja bisa mencapai puluhan juta rupiah bahkan ratusan juta rupiah. Terkadang orang awam buat mengetahui kualitas jenis perhiasan ini bagus atau gak susah-susah gampang. Biasanya kalau udah begini mereka bakal lari ke ahlinya yang paham dengan kualitas diamond nih.

Mengenal Kualitas Berlian (4C) Standar Ukuran Kualitas Berlian

Pada jaman dahulu, sebelum adanya sertifikat atau standar  kualitas berlian, belum ada fitur maupun sistem apapun yang bisa dijadikan acuan dalam menentukan kualitas batu berharga ini. Batu yang terbentuk dari unsur karbon makhluk hidup dalam kondisi temperatur dan tekanan ini, dianggap berkualitas jika sudah memenuhi unsur 4C. Yang dimaksud dengan 4C itu adalah color (warna), cut (potongan), clarity (kejernihan) dan carat (karat). Berikut adalah penjelasan tentang keempat kriteria berlian berkualitas tersebut.

Color (Warna)

Kriteria pertama ini berkaitan dengan kriteria clarity, dimana semakin bening atau jernih, maka semakin berkualitas. Begitu pula dengan warna, semakin tidak berwarna berlian tersebut, semakin tinggi kualitasnya dan semakin berharga pula. Tingkat warna pada berlian yang ditentukan oleh GIA adalah mulai dari putih hingga kuning dengan skala dari D sampai Z. Dimana, skala D-F menunjukkan warna putih (colorless atau tanpa warna), skala G-J menunjukkan hampir tanpa warna, skala K-M menunjukkan kekuningan, skala N-R menunjukkan kuning sangat terang dan skala S-Z menunjukkan kuning terang hingga kecoklatan. Level warna ini pulalah yang bisa menentukan harga berlian. Apabila masih dalam skala D-Z maka warnanya masih normal. Jika sudah warna itu, berlian disebut sebagai berlian fancy color.

Baca juga: Beberapa Kualitas yang Harus Dimiliki Female Leader Agar Tak Mudah Dijatuhkan!

Clarity (Kejernihan)

Karakteristik untuk mengenal kualitas berlian (4C) selanjutnya adalah Clarity (Kejernihan). Kejernihan berlian ditentukan dari ada atau tidaknya cacat pada berlian. Mengukur kejernihan berlian juga didasarkan pada banyak pertimbangan, seperti jenis mineral pencemar di dalamnya, jumlah mineral pencemarnya, warna dan ukuran pencemar serta lokasinya. GIA (Gemological Institute of America) merupakan institusi yang secara khusus memberi sertifikat atas kriteria Kejernihan ini. Ada beberapa skala kejernihan berlian yang dikeluarkan GIA, yaitu mulai dari tanpa noda (flawless) hingga VS2.

Carat

Berat berlian ditentukan dari nilai caratnya. Satu karat berlian senilai dengan 200mg atau 0.2gram. Namun kualitas berlian juga tidak selalu dilihat dari jumlah caratnya, karena masih ada indikator 3C lain yang harus terpenuhi. Ukuran karat pada berlian umumnya dimulai dari 0.1 hingga 1.0. Namun, saat membeli sebaiknya dengan ukuran kelipatan 0.25 karena akan berpengaruh terhadap harganya.

Cut (Potongan)

Karakteristik terakhir adalah potongan (cut). Potongan ini menjadi stkamur kualitas karena pantulan sinar berlian sangat dipengaruhi oleh potongan. Potongan yang proporsional pada berlian akan memberikan kilau warna dan kilap yang berkilau. Potongan berlian ini bisa dilihat dari atas, apakah kotak, bundar, oval atau yang lainnya. GIA juga mempunyai skala potongan berlian yang digunakan sebagai stkamur, yaitu mulai dari fair yang merupakan potongan berkualitas paling rendah hingga signature ideal yang berkualitas paling tinggi.

Nah, sekarang kamu sudah mengenal kualitas berlian dari penjelasan di atas. Dari sini, kamu jadi tahu jika kualitas berlian sangat dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut, bukan hanya salah satunya. Semakin tinggi level atau skala dari keempat karakteristik berlian tersebut, maka bisa dipastikan semakin mahal pula harga berliannya.

Sumber Foto Utama: freepik.com

 

Kualitas Berlian (4C) Clarity ciri berlian asli berlian asli berlian diamond

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Jewelry