LADIESTORY.ID | COMMUNITY BLOG | BEAUTY | 3 TIPS JITU MENGATASI PEELING DI WAJAH

3 Tips Jitu Mengatasi Peeling di Wajah

RATNA  OKTAVIANI
Durasi baca: 4 menit, 34 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

3 Tips Jitu Mengatasi Peeling di Wajah

Wajah merupakan bagian dari tubuh wanita yang menjadi bagian utama untuk mendapatkan perhatian menarik yang terbebas dari berbagai penyakit. Kulit wajah berminyak merupakan kelainan kulit yang sering bermasalah pada wajah. Hal ini sering dikeluhkan terutama mahasiswi remaja yang berusia 18-25 tahun yang baru beranjak dewasa atau dalam masa puberitas. 

Perawatan kulit wajah berminyak dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi dan menggunakan kosmetik. Salah satu kosmetik yang dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah berminyak yaitu peeling.

Rostamailis (2005:40) menjelaskan “peeling adalah bahan untuk menghilangkan atau membuang dengan cepat, secara aktif sel-sel kulit mati di permukaan lapisan tanduk dan juga kotoran-kotoran yang melekat pada wajah dengan jalan melembutkan dan melepaskannya ”.

Baca juga: Krim Pencerah Wajah Terbaik Yang Bisa Kamu Coba Dirumah

Peeling arti harfiahnya pengelupasan. Dalam dunia kecantikan diartikan sebagai tindakan penipisan kulit dengan membuang lapisan kulit luar. Tujuannya, untuk menghaluskan kulit. Dengan menurunkan kulit ari yang telah mati, menghilangkan bekas-bekas Jerawat, atau noda-noda karena hiperpigmentasi, kulit wajah akan tampak menjadi halus dan berseri-seri. Dikenal beberapa macam peeling mulai dari yang harus dilakukan oleh dokter ahli di rumah sakit, yang boleh dikerjakan oleh ahli kecantikan, sampai yang bisa dikerjakan sendiri di rumah. 

1) Peeling yang Dilakukan Oleh Dokter

Peeling yang dilakukan oleh dokter ahli dimaksud untuk "mengoreksi" cacat kulit bekas jerawat yang meninggalkan bekas, misalnya bekas penyakit cacar, bercak-bercak hitam atau hiperpigmentasi dan juga kerut-kerut wajah yang tidak terlalu dalam. Di sini dilakukan penipisan kulit yang lebih mendalam, yaitu dari kulit ari (epidermis) sampai kulit jangat (dermis) bagian atas. Dan untuk penipisan kulit ini ada dua cara, yaitu secara mekanik yang disebut dermabrasi dan dengan menggunakan bahan kimia yang bersifat membakar yang disebut Chemical Skin Peeling. 

Efek sampingan yang terjadi sering timbul pendarahan, infeksi atau peradangan. Oleh karena itulah, kedua cara peeling ini harus dilakukan oleh atau seorang dokter ahli. Setelah dilakukan peeling ini, pasien tidak diperbolehkan terkena sinar matahari untuk beberapa waktu lamanya sesuai dengan anjuran dokter.

2)Peeling di Salon Kecantikan

Peeling di salon-salon kecantikan pada umumnya bertujuan "membersihkan" kulit wajah iebih mendalam dan meningkatkan keadaan kulit agar tampak cerah dan segar. Jadi tidak bisa menghilangkan cacat atau noda karena jerawat dan hiperpigmentasi. Dalam hal ini dapat dilakukan dalam dua cara. 

  • Abrasive Peeling (penipisan dengan menggosok) 

Setelah wajah dibersihkan dengan krem pembersih dan diberi toner atau penyegar, dibubuhi penggosok (abrasive powder) yang dicampur dengan pasta khusus untuk peeling. Pada kulit normal digunakan pasta agak cair dan untuk kulit berminyak pasta ditekan- tekan dengan spons lembab agar lapisan masker menjadi lunak untuk mengurangi tarikan pada kulit pada waktu pengangkatan atau penggosokkan. 

Setelah itu baru wajah digosok dengan electric stone atau batu penggosok yang digerakkan dengan bantuan listrik. Arah gosokan membentuk lingkaran-ling- karan kecil. Pada waktu menggosok tidak boleh ditekan atau terlalu keras karena bisa kulit terkelupas dan menyebabkan luka. (Karena itu peeling ini dikerjakan oleh ahli kecantikan yang sudah berpengalaman). 

Setelah digosok, wajah dibersihkan dengan menggunakan spon yang dibasahi air hangat. Kemudian pada wajah dapat dioleskan madu. Setelah itu wajah dilapisi kasa steril. Setelah kira- kira 10 menit kemudian, kain kasa diangkat dan terakhir kulit wajah dibubuhi dengan krem vitamin atau nourishing cream. 

Baca juga: Trik Cara Membuat Alis Sesuai dengan Bentuk Wajah

Abrasive peeling tidak dapat dilakukan pada kulit yang peka atau sedang luka. Sedangkan untuk kulit kering diperlukan krem peeling khusus dan sebaiknya tidak sering-sering dilakukan peeling karena kulit kering mudah mengelupas. Setelah dilakukan penipisan kulit ini, tidak diperkenankan membubuhkan make up apa pun dalam sehari penuh. 

  • Biological Peeling (Penipisan kulit hayati).

 Penipisan kulit menggunakan krem yang mengandung bahan tumbuh-tumbuhan, misainya buah amandel, yang berfungsi untuk meluruhkan sel-sel kulit yang mati. Dilakukan untuk gangguan-gangguan kulit seperti pori-pori kulit yang tersumbat, komedi, atau sekresi kelenjar lemak yang berlebihan.

Caranya : Hampir sama dengan penggosokan pada abrasive peeling. Setelah kulit dibersihkan, diolesi dengan cairan khusus yang dapat melunakkan sel-sel tanduk yang mati. Baru diberi krem peeling secara merata kecuali daerah mata dan rambut. Setelah krem setengah kering, kulit digosok menggunakan jari-jari tengah dan jari manis, dengan gerakan melingkar kecil-kecil. 

Gosokan tidak boleh terlalu kuat. Setelah selesai, angkat sisa-sisa krem peeling menggunakan waslap basah yang hangat hingga bersih. Kemudian kompres kulit wajah dengan kain kasa steril yang dibasahi dengan toner. Terakhir bubuhkan krem pelembab. ?elama sehari setelah melakukan peeling jenis ini juga harus dihindari pemakaian make up, kecuali perona mata dan lipstik. Seperti juga pada abrasive peeling tidak dapat dilakukan pada kulit yang sangat peka atau sedang luka. 

3) Peeling di Rumah

Baca juga: 5 Produk Krim Pencerah Wajah Yang Bisa Mencerahkan dan Membuat Wajah Glowing

Menggunakan bahan tumbuh-tumbuhan dimana partikel-partikel halus pada bahan dasarnya, ditambahkan dengan gosokan, dapat meluruhkan sel-sel kulit yang mati. Misalnya ramuan tradisional lulur atau mangir, bedak dari umbi buah bangkuang atau yang dikenal dengan bedak dingin.

Setelah wajah dibersihkan, bubuhkan peeling tradisional itu mera?a ke seluruh wajah kecuali daerah mata dan mulut. Tunggu setengah kering dan mulailah dengan penggosokan, buat dengan lingkaran-lingkaran kecil sampai merata. Setelah itu cuci wajah dengan air dingin sampai bersih betul. Kemudian bubuhkan pelembab diamkan kurang lebih 10 menit dan keringkan dengan kertas tisu bersih.

Selain untuk wajah, pada umumnya ramuan tradisional juga banyak dibuat untuk dioleskan ke seluruh tubuh. Tujuannya juga untuk membuat kulit tubuh jadi segar dan cerah. 

Memanfaatkan buah-buahan segar untuk dioleskan begitu saja pada kulit wajah. Misalnya buah pepaya, yang mengandung enzym yang dapat meluruhkan sel-sel kulit yang mati. 

Ambil sepotong buah dan cuci bersih, kemudian lumatkan. Oleskan ke seluruh wajah yang bersih, kecuali mata dan mulut. Setelah itu, cuci wajah dengan air hangat. Baru oleskan krem pelembab. Diamkan kira-kira 5 sampai 10 menit, dan keringkan sisanya dengan kertas tisu bersih. 

Baca juga: Cantik Itu Proses, Intip Yuk Step by Step Skincare Ala Artis Korea Yang Bikin Wajah Glowing

Untuk memberi kesempatan peeling ini lebih efektif, selama beberapa jam biarkan wajah tanpa make up. Hanya jika kulit sedang berjerawat hebat atau luka, jangan bubuhkan penipis kulit dari buah pepaya segar ini.age widmage widgetmage widgetimage widgetmage widget

Beauty peeling tips

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty