Ladiestory.id » Lifestyle » 3 Tips Memperbaiki Tekstur Nasi yang Terlalu Lembek

3 Tips Memperbaiki Tekstur Nasi yang Terlalu Lembek

Selasa, 27 Agustus 2019 | 08:36:35
Durasi baca: 1 menit, 29 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

3 Tips Memperbaiki Tekstur Nasi yang Terlalu Lembek

ringkasan

  • Gunakan Roti Tawar
  • Dimasak Kembali dengan Api Kecil
  • Masukkan dalam Kulkas

Fimela.com, Jakarta Saat memasak nasi , kadang kita tak sadar telah menggunakan terlalu banyak air. Hasilnya, nasi jadi terlalu lembek dan kurang enak disantap. Tapi nasi yang lembek jangan langsung dibuang begitu saja. Kita masih bisa menyelamatkan dan mengatasi teksturnya.

Ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk mengatasi nasi yang lembek. Kita bisa memilih cara yang sekiranya menurut kita paling mudah dan cukup efektif mengatasi nasi yang kita buat.

Baca juga: Menu Hari Ini: Tahu Goreng Bumbu Rica-Rica, Tumis Wortel dan Nasi Goreng Rendang

1. Gunakan Roti Tawar

Setelah nasi baru saja matang, kita bisa meletakkan roti tawar di permukaannya. Roti tawar ini bisa membantu menyerap kelebihan air pada nasi. Diamkan selama beberapa saat, kelebihan air dari nasi akan terserap oleh roti. Nasi pun tidak terlalu berair lagi.

Baca juga: Perbedaan Semangka Merah dan Kuning, meski Sama-sama Menyegarkan

2. Dimasak Kembali dengan Api Kecil

Gunakan panci anti lengket. Masak kembali nasi dengan api kecil sambil terus diaduk. Masak sebenar sampai airnya agak menyusut. Dengan cara ini, air dapat menguap dan tekstur nasi tidak lagi terlalu lembek.

Baca juga: 4 Langkah Menanak Nasi Merah yang Pulen

3. Masukkan dalam Kulkas

Siapkan baki yang sudah dialasi dengan kertas minyak. Kemudian tuang nasi ke atasnya sambil agak diratakan. Simpan dalam kulkas selama sekitar 30 menit. Suhu kulkas bisa bantu memperbaiki tekstur nasi yang terlalu lembek. Jika masih lembek, nasi bisa dipanaskan ke dalam microwave atau oven selama beberapa menit.

Bila tidak mau repot-repot menggunakan cara di atas, kita bisa tinggal mengkreasikan nasi lembek. Ada sejumlah kreasi menu yang bisa kita buat dengan nasi lembek, seperti kroket nasi dan bola-bola nasi. Selalu gunakan komposisi beras dan air yang tepat untuk menghasilkan tekstur nasi yang kita inginkan.

#GrowFearless with FIMELA

Baca juga: Menu Hari Ini: Roti Panggang, Rica-Rica Bebek dan Nasi Goreng

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE