?>
LADIESTORY.ID | PARENTING | 4 CARA SEDERHANA ATASI PERUT KEMBUNG PADA BAYI

4 Cara Sederhana Atasi Perut Kembung pada Bayi

LS Parenting
Durasi baca: 1 menit, 58 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

4 Cara Sederhana Atasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung merupakan kondisi perut terdapat gas dalam jumlah berlebih di saluran pencernaan sehingga membuat perut terasa keras, sakit, dan kurang nyaman. Kondisi ini tidak hanya dialami orang dewasa, tapi juga bayi. Perut kembung membuat bayi merasa kurang nyaman, rewel, bahkan menangis. 

Namun, mama tak perlu khawatir. Sebab, perut kembung pada bayi merupakan hal normal karena saluran pencernaan bayi belum berfungsi sempurna. Untuk mengatasi perut kembung, mama dapat melakukan cara sederhana di bawah ini yang dilansir dari laman Livestrong

Pijat Perut dengan Lembut 

Bayi memang kerap mengalami perut kembung. Hal ini antara lain karena bayi banyak menelan udara ketika menyusu, mengisap empeng, dan menangis. Udara itu kemudian membentuk gelembung dan gas di perut. Dengan melakukan pijatan lembut di perut, dapat membantu mengeluarkan sebagai gas diperut. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Atasi Rambut Bayi Tak Kunjung Tumbuh

Letakkan dua jari di bawah pusar bayi, lalu tekan ke bawah dengan lembut. Tahan selama tiga hingga lima detik dan lepaskan. Mama dapat memakai minyak telon saat memijat sehingga memberi rasa hangat yang dapat membantu mendorong angin keluar. 

Bantu Sendawa 

Sendawa adalah salah satu cara mengeluarkan gas dari dalam perut. Namun, pada bayi, mengeluarkan gas dari perut atau membuatnya sendawa tidaklah mudah. Karena itu, bayi perlu dibantu mengeluarkan gas dengan membantunya bersendawa sehabis menyusu. 

Sendawa mampu mendorong udara yang masuk selama menyusu keluar dari perut bayi. Setiap kali selesai menyusu, pangku bayi dalam posisi duduk, lalu tepuk atau usap-usap punggung bayi secara lembut hingga ia bersendawa. 

Perhatikan Posisi Menyusu 

Ketika menyusui, perhatikan posisi bayi. Posisikan kepala bayi lebih tinggi dari perut agar ASI atau susu masuk ke perut dan gas naik ke permukaan sehingga bayi mudah bersendawa. Selain itu, perhatikan saat bayi menyusu, baik secara langsung dari puting maupun botol, pastikan mulut bayi menyentuh seluruh permukaan puting agar mencegah udara terhirup masuk ke tubuh. 

"Jika memberi susu formula, begitu susu selesai dikocok, diamkan dulu dan biarkan gelembung susu hilang," kata Jennifer, dokter anak yang berbasis di Atlanta. 

Perhatikan Kebiasaan Makan 

Menghilangkan perut kembung pada bayi dapat diatasi dengan mencegahnya sejak awal dengan memerhatikan kebiasaan makannya. Waktu pemberian makanan yang tidak tepat dapat menyebabkan kelebihan gas, yang ujung-ujungnya membuat perut kembung. 

Karena itu, jangan memberi makan bayi ketika ia rewel atau menangis karena dapat membuat bayi menelan udara berlebih. Sebaiknya, beri makan bayi dalam keadaan tenang serta hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gas seperti kol. 

 

Mengatasi perut kembung pada bayi Cara pijat bayi yang benar Mengatasi masuk angin pada anak Cara menurunkan panas pada anak

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting