?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » 4 MANFAAT SENYUM BAHAGIA UNTUK KESEHATAN TUBUH

4 Manfaat Senyum Bahagia untuk Kesehatan Tubuh

LS Health
Penulis: LS Health
Rabu, 29 April 2020 | 03:25:07
Durasi baca: 2 menit, 5 detik
Dibaca: 12 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

4 Manfaat Senyum Bahagia untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Senyum untuk Kesehatan. Senyum merupakan ungkapan kebahagiaan akan sebuah kebanggakan yang dirasakan seseorang. Tak hanya sebagai ungkapan bahagia, senyum juga menyimpan sejuta manfaat kesehatan untuk diri kita dan orang lain di sekitar. Fakta ini diungkapkan oleh para peneliti di Yale Scientific, dimana hasil studi tersebut mengungkapkan bahwa tersenyum memiliki manfaat positif bagi kesehatan seseorang, terutama secara fisik. Sayangnya meski mudah untuk dilakukan, banyak orang yang mengabaikannya.  Padahal senyum adalah salah satu cara untuk mengurangi stress dan dapat menyehatkan fisik seseorang. Nah, kali ini kita sudah merangkum beberapa manfaat senyum untuk kesehatan tubuh. Apa saja kah itu? Yuk simak artikel selengkapnya di bawah ini.

 

1. Senyum meningkatkan kekebalan tubuh


alt: manfaat tersenyum untuk kesehatan

Baca juga: Penting! Kesehatan Reproduksi Pada Para Remaja

Penelitian telah membuktikan bahwa tersenyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Bahkan senyum membuat tubuh seseorang lebih santai dan dapat mengurangi kadar stres. Proses ini akan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik sehingga dapat memproduksi lebih banyak sel darah putih dan antibodi untuk melawan infeksi. Jadi, dengan banyak tersenyum, tubuh anda akan lebih terlindungi dari berbagai penyakit.

 

2. Senyum menyehatkan jantung


alt: manfaat tersenyum untuk kesehatan

Tak hanya imun tubuh yang menjadi lebih kuat, senyum juga bisa membuat jantung lebih sehat. Tersenyum dan tertawa secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan memperbaiki fungsi pembuluh darah, sehingga risiko terjadinya serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya dapat diminimalkan.

 

3. Senyum menyehatkan paru-paru


alt: manfaat tersenyum untuk kesehatan

Baca juga: Catat! Cara Menjaga Imunitas Tubuh Keluarga selama


Ketika tersenyum dan tertawa, paru – paru anda akan mengembang dan terisi kembali dengan oksigen. Dengan begitu aliran oksigen yang masuk ke dalam paru-paru akan lebih banyak dan lancar. Proses ini mirip dengan teknik pernapasan dalam yoga yang digunakan untuk mengurangi stres. Paru-paru akan memompa darah yang kaya akan oksigen sehingga paru-paru lebih bersih dan sehat.

 

4. Senyum dapat meredakan rasa sakit

Percaya atau tidak senyum juga dapat mengurangi sakit yang anda alami. Saat tersenyum tubuh akan melepas hormon endorfin dan serotonin. Kedua hormon tersebut merupakan hormon kebahagiaan yang dapat membuat suasana hati seseorang lebih baik. Sehingga persepsi anda tentang rasa sakit akan dapat berkurang.

Itulah berbagai manfaat tersenyum bagi kesehatan fisik seseorang. Bisa dibilang murah dan mudah untuk dilakukan. Senyum juga merupakan ekspresi kebahagiaan yang dibagikan untuk sesama. Bahkan menurut ajaran islam, senyum termasuk ibadah. Nah, di masa pandemik seperti sekarang ini, mari untuk selalu tersenyum agar tubuh tetap sehat, apalagi saat ini sedang bulan puasa khususnya buat teman-teman muslim pastinya ingin berlomba-lomba mengumpulkan pahala bukan? Untuk itu mari kita tersenyum bahagia untuk diri kita dan orang lain, agar kesehatan senantiasa terjaga.

Baca juga: Stalking Mantan! Mempunyai Efek Negatif Buat Kesehatan Loh

Manfaat senyum manfaat tersenyum untuk kesehatan kesehatan jantung kesehatan paru-paru senyum mengurangi stres senyum mengurangi cemas senyum menambah antibodi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH