?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » 4 OLAHRAGA UNTUK KESEHATAN LUTUT, SALAH SATUNYA RENANG GAYA BEBAS

4 Olahraga untuk Kesehatan Lutut, Salah Satunya Renang Gaya Bebas

Senin, 16 September 2019 | 07:00:00
Durasi baca: 1 menit, 40 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

4 Olahraga untuk Kesehatan Lutut, Salah Satunya Renang Gaya Bebas

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu bagian tubuh yang berfungsi sebagai penopang beban tubuh adalah lutut . Sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia, kekuatan lutut tak akan seperti sedia kala. Dalam hal ini, Anda sangat mungkin mengalami nyeri hingga sakit yang berat pada lutut. Mulailah menerapkan sejumlah gerakan atau olahraga yang bermanfaat menjaga dan memperkuat lutut.

Melansir laman Web MD dan Medical News Today berikut ini sejumlah gerakan olahraga yang bisa Anda terapkan.

1. Berenang gaya bebas
Dengan gaya bebas, Anda secara tidak langsung melakukan posisi A dengan ketukan yang lebih cepat. Hal tersebut sangat baik buat yang merasa malas untuk melakukan serangkaian gerakan lain sebab mau tidak mau, saat berenang, Anda tentu dipaksa untuk menggerakan kaki. Lebih dari itu, dampak yang tak kalah besarnya juga akan terasa mudah untuk dilakukan karena bantuan air yang meringankan massa tubuh.

2. Naik turun tangga
Aktivitas ini dapat dilakukan di tangga rumah bertingkat. Jika tidak memilikinya, Anda juga bisa menambahkan suatu benda yang tinggi dan diletakkan di lantai. Lalu, mulailah melakukan gerakan naik turun. Lakukan ini 10 hingga 15 kali per kaki. Apabila kurang menantang dan terlalu sederhana, Anda juga bisa melakukannya dengan posisi jinjit. Rutinlah setiap hari dalam gerakan olahraga ini dan buktikan perbedaan dari lutut yang semakin kuat.

Baca juga: Penting! Kesehatan Reproduksi Pada Para Remaja

3. Melakukan posisi A
Ini bisa dilakukan dalam posisi tidur ke samping ataupun berdiri. Dalam hal ini, angkatlah salah satu kaki ke atas apabila pada posisi tidur dan ke samping apabila berdiri, layaknya membentuk huruf A dengan derajat 45. Saat diangkat, tahan selama lima detik. Kemudian, ulangi lima hingga tujuh kali pada masing-masing kaki. Untuk modifikasi, Anda juga bisa menggerakan telapak kaki ke atas pula.

4. Squat  di dinding
Aktivitas mudah guna memperkuat lutut lainnya adalah dengan membentuk posisi  squat  dan kemudian bersandarlah pada dinding. Dalam hal ini, posisi  squat  yang benar ialah yang menyerupai posisi duduk atau 90 derajat. Lakukanlah selama lima hingga sepuluh detik perharinya. Apabila sudah terbiasa, Anda diharapkan menambah waktu yang lebih lama dari biasanya.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH