LADIESTORY.ID | BEAUTY | 4 RUTINITAS KECANTIKAN YANG DAPAT MERUSAK LINGKUNGAN

4 Rutinitas Kecantikan yang Dapat Merusak Lingkungan

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 1 menit, 43 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

4 Rutinitas Kecantikan yang Dapat Merusak Lingkungan 

Kampanye peduli terhadap lingkungan hidup terus digencarkan. Salah satu bentuk kepedulian tersebut adalah dengan mengurangi penggunaan plastik. Meski menjadi penyumbang terbesar sampah di muka bumi, kerusakan lingkungan tak melulu mengenai limbah plastik. 

Tanpa disadari, rutinitas kecantikan dan perawatan kulit atau skincare yang dilakukan banyak kaum hawa turut berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan? Apa saja? Berikut ini rutinitas kecantikan yang bisa merusak lingkungan. 

Kapas Wajah 

Kapas menjadi produk kecantikan yang setiap hari digunakan. Kapas biasanya digunakan untuk menghapus makeup dan mengaplikasikan toner. Dalam sehari, setidaknya kita memakai dua sampai tiga lembar kapas. Penggunaannya yang rutin ini tak heran membuat limbah kapas makin besar. 

Baca juga: Mengenal Tren Kecantikan Kulit Jepang yang Membuat Wajah Lembut dan Kenyal

Menggunakan tisu untuk rutinitas kecantikan memang sangat nyaman. Namun, penggunaan tisu turut merusak lingkungan hidup. Bahan yang digunakan untuk membuat tisu memberi dampak buruk bagi lingkungan hidup. Belum lagi, pembungkusnya yang terbuat dari plastik sulit terurai sehingga semakin menambah limbah sampah. 

Sheet Mask 

Sheet mask merupakan produk skincare yang banyak digemari wanita. Seiring berjalannya waktu, popularitas sheet mask terus meningkat dan rutin digunakan. Lantaran rutin digunakan, tak heran bila masker yang terbuat dari lembar kertas ini dapat menjadi sampah yang menumpuk. Selain itu, pengemasan sheet mask kerap menggunakan plastik, bahan yang sulit terurai, yang semakin menambah kerusakan lingkungan. 

Selalu Membeli Produk Kecantikan Baru 

Ketika produk makeup atau skincare yang digunakan habis, kebanyakan lebih sering membeli kemasan yang baru daripada kemasan isi ulang. Padahal, produk baru sering kali memakai banyak kemasan dibanding produk isi ulang. Kemasan yang banyak ini tentunya akan membuat semakin banyak limbah dan sulit terurai, yang ujung-ujungnya merusak lingkungan. 

Facial Wipes 

Selain kapas, facial wipes atau tisu basah juga turut berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan. Tisu basah untuk wajah kerap digunakan untuk menghapus makeup dan membersihkan wajah karena dianggap lebih praktis. 

Sayangnya, tisu wajah terbuat dari bahan-bahan yang sulit terurai dan dapat merusak lingkungan hidup. Tak heran, bila tisu wajah menjadi salah satu limbah kecantikan dengan jumlah cukup besar. 

Nah, itu dia rutinitas kecantikan yang dapat merusak lingkungan hidup. Jadi, sebaiknya pikirkan kembali untuk menggunakan produk kecantikan tersebut ya. 

Kosmetik ramah lingkungan Kosmetik aman Produk kecantikan ramah lingkungan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty