?>
LADIESTORY.ID | PARENTING | 5 CARA AGAR PROSES BELAJAR ANAK DI RUMAH BERJALAN EFEKTIF SELAMA PANDEMI CORONA

5 Cara agar Proses Belajar Anak di Rumah Berjalan Efektif Selama Pandemi Corona

LS Parenting
Durasi baca: 2 menit, 19 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara agar Proses Belajar Anak di Rumah Berjalan Efektif Selama Pandemi Corona

Pandemi virus corona yang belum berakhir membuat anak-anak masih terus belajar dari rumah meski ajaran baru resmi dimulai. Agar proses belajar di rumah berjalan efektif, berikut ini cara yang bisa digunakan para orang tua. 

Tips agar proses belajar anak menjadi efektif di masa pandemi

Tahun ajaran baru telah dimulai. Sejumlah murid mulai kembali masuk sekolah meski masih harus dilakukan di rumah secara online lantaran pandemi virus corona belum berakhir. Belajar dari rumah menjadi tantangan, baik bagi anak maupun orang tua. Tak jarang, proses belajar anak berjalan kurang maksimal dan efektif. Nah, berikut ini lima cara yang bisa diterapkan orang tua agar belajar anak dapat efektif dilansir dari berbagai sumber. 

Buat Jadwal Bersama

Orang tua perlu membuat jadwal belajar agar proses belajar anak berjalan efektif. Libatkan anak dalam pembuatan jadwal. Diskusikan mengenai jam-jam belajar seperti kapan mereka bangun untuk sekolah dari rumah,  kapan jam memulai belajar, waktu istirahat, dan waktu belajar selesai. Selain belajar menjadi efektif, jadwal belajar juga membuat anak mengetahui tugas mereka serta menghargai waktu. Jadikan jadwal belajar ini menjadi rutinitas. 

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Ruang Belajar Khusus

Belajar di sekolah dengan di rumah tentu berbeda. Belajar di rumah tak jarang menemukan banyak gangguan yang membuat anak menjadi tak fokus dan proses belajar tidak efektif. Demi menghindari hal itu, orang tua perlu membuat ruang khusus belajar agar anak dapat tenang. Gangguan lain yang dapat mengusik anak belajar adalah gawai, bahkan menjadi gangguan terbesar. Karena itu, jauhkan anak dari gawai selama belajar serta tegas memberi penggunaan gawai setiap harinya agar proses belajar tidak terganggu.  

Dampingi Anak Belajar

Belajar dari rumah tak hanya menjadi tantangan bagi orang tua, tapi juga anak. Biasa ketika menemukan kesulitan di sekolah, mereka akan dibantu sang guru atau teman. Karena itu, ketika anak sekolah dari rumah, orang tua tetap perlu mendampingi mereka. Tanyakan apa yang menjadi kesulitan mereka serta bantu mengerjakan tugas sekolah.  Saat mendampingi ini, orang tua juga dapat mengenali gaya belajar anak. Kenali apakah anak tipe yang menguasai pelajaran dengan mendengarkan, membaca, menonton animasi, atau mempraktikkan langsung. 

Ulangi Materi Kembali

Anak bisa saja lupa dengan pelajaran yang telah dipelajari ketika pagi hari. Sebab itu, orang tua perlu mengulang kembali pelajaran tersebut pada malam hari. Ajari juga anak membuat rangkuman mengenai hal-hal yang telah dipelajari seharian. Dari rangkuman ini, orang tua dapat  mengulang kembali materi tersebut. Selain itu, orang tua dapat memberikan soal-soal tambahan yang sudah dipelajari. 

Belajar Bersama Teman  

Sama dengan orang dewasa, belajar di rumah selama pandemi virus COVID-19 juga membuat anak-anak tak bisa bertemu, bermain, dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Bagaimana pun sekolah tak hanya sebagai tempat belajar, tapi juga memiliki fungsi sosial bagi anak-anak. Para orang tua perlu mendorong anak untuk tetap berkomunikasi dengan teman-temannya agar mereka tidak merasa stres dan semangat belajar dari rumah. Bisa pula belajar bersama secara daring. 

Baca juga: 5 Kiat Melawan Stres Dampingi Anak Belajardi Rumah


Tips mendampingi belajar anak Anak agar anak produktif belajar Pelajaran jarak jauh Sekolah dari rumah Anak belajar dari rumah

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting