Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | 5 CARA MEMPERKUAT HUBUNGAN PERNIKAHAN YANG WAJIB DILAKUKAN PASUTRI

5 Cara Memperkuat Hubungan Pernikahan yang Wajib Dilakukan Pasutri

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 14 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara Memperkuat Hubungan Pernikahan yang Wajib Dilakukan Pasutri 

Setiap hubungan pernikahan tentu pernah menghadapi tantangan dan permasalahan. Hal ini tak jarang membuat pertengkaran. Adanya permasalahan dan pertengkaran dalam hubungan suami istri adalah hal lumrah. 

Kedua hal tersebut menjadi bumbu yang membuat hubungan makin berwarna. Meski demikian, tak dimungkiri banyak pertengkaran yang membuat hubungan pernikahan menjadi mengendur, bahkan berakhir pada perceraian. 

Untuk menghindari perpisahan, memang diperlukan tindakan proaktif. Langkah utama adalah memperkuat hubungan pernikahan. Nah, berikut ini cara memperkuat hubungan pernikahan dilansir dari Very Well Mind. 

Baca juga: Studi Ungkap Pernikahan Mewah Berpeluang Besar Bercerai

Saling Menghormati 

Orang pasti berubah seiring waktu. Memahami, menghargai, dan beradaptasi dengan perubahan itu sangat penting dalam menjalani hubungan apa pun, termasuk pernikahan. Ketika perasaan cinta mulai luntur, cobalah membuat daftar kualitas terbaik dari pasangan untuk mengingatkan diri sendiri tentang betapa luar biasanya orang yang kamu nikahi ini. 

Latihan ini membantu mengingat mengapa kamu jatuh cinta kepadanya serta menghargai keanehan dan kekurangan pasangan. Pastikan kamu melakukan hal-hal yang menghormati pasangan apa adanya. 

Berkomunikasi Secara Teratur

Kesibukan pekerjaan serta keberadaan ponsel dan media sosial membuat perhatian juga jarang berkomunikasi. Kamu mungkin menyadari sering melewati hari-hari tanpa percakapan yang nyata dengan pasangan. Padahal, komunikasi adalah kunci langgengnya suatu hubungan dan salah satu cara memperkuat hubungan pernikahan

Komunikasi secara terbuka tentang kehidupan, minat, impian, frustrasi, dan perasaan adalah cara penting untuk menumbuhkan keintiman suatu hubungan. Luangkan waktu sekitar 30 menit setiap harinya secara berdua untuk saling berkomunikasi dan menyampaikan segala unek-unek. 

Saling Memberi Ruang

Salah satu hal tersulit dalam pernikahan adalah menyeimbangkan jumlah waktu untuk dihabiskan bersama. Menginginkan pasangan menghabiskan banyak waktu bersama terasa seperti mengekang pasangan. Sebaliknya, terlalu sedikit bisa diartikan kurang saling memperhatikan. 

Ketika pasangan membutuhkan ruang atau ingin berkumpul bersama teman-teman, berikan mereka izin dan pastikan bahwa kamu akan mengawasi anak-anak dengan baik di rumah. Di lain waktu, ambil waktu untuk berkencan bersama pasangan. Kalian bisa keluar rumah bersama atau melakukan hal menyenangkan di rumah. 

Cepat Maafkan

Pernikahan sering kali mulai berantakan ketika salah satu pasangan menyimpan dendam. Sejumlah penelitian menunjukkan sikap acuh terhadap pasangan hampir selalu berkembang dan dapat menyebabkan perceraian jika tidak pernah terselesaikan.  

Meminta maaf dan memaafkan setiap kali menghadapi masalah adalah cara memperkuat hubungan pernikahan sekaligus menghindari masalah terus berlanjut. Ketika berbuat salah kepada pasangan, segera minta maaf dengan tulus dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan kembali ke depannya. Begitu pun cobalah memaafkan pasangan secepat mungkin. 

Berkomitmen untuk Hubungan

Selain komunikasi, komitmen juga menjadi salah satu hal yang dapat membuat hubungan pernikahan langgeng. Komitmen juga menjadi cara memperkuat hubungan pernikahan. Karena itu, saat menghadapi masalah, cobalah mengingat kembali komitmen-komitmen dulu. 

Dengan demikian, hubungan pernikahan dapat kembali diperbaikin serta harmonis. Berhenti berpikir untuk mengakhir hubungan dan berkomitmen untuk tidak menjadikan perceraian sebagai pilihan. 

Baca juga: Hindari Ghosting, Ini 6 Cara Bijak Mengakhiri Hubungan

Memperkuat hubungan Cara mempertahankan hubungan Cara menjaga hubungan dengan baik Kunci hubungan langgeng

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle