LADIESTORY.ID | HEALTH | 5 CARA MENCEGAH KERUSAKAN MATA KARENA TERLALU SERING MENATAP LAYAR KOMPUTER

5 Cara Mencegah Kerusakan Mata Karena Terlalu Sering Menatap Layar Komputer

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 39 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara Mencegah Kerusakan Mata Karena Terlalu Sering Menatap Layar Komputer

Jika kamu adalah seseorang yang bekerja di bidang seperti e-commerce, perbankan, dan media sosial, ada kemungkinan kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk menatap layar komputer yang mengandung banyak radiasi. Blue screen yang dihasilkan oleh komputer ternyata dapat berdampak buruk pada matamu. Kamu pun akan mengalami kelelahan mata atau yang disebut dengan computer vision syndrome (CVS). Bagi kamu yang bekerja di depan komputer seharian penuh, kamu pasti tidak asing lagi dengan mata kering, mata panas, sakit punggung, leher, bahu, atau kepala, dan bahkan pandangan kabur. Kalau sudah seperti ini, tentu akan berdampak pada kinerjamu. Pekerjaanmu akan terganggu dan hal ini bisa saja merugikan dirimu. Nah, agar tidak mengalami kerusakan mata akibat terlalu sering menatap layar komputer, kamu bisa ikuti 5 cara pencegahan di bawah ini!

1. Lihatlah ke bawah, bukan ke atas

Banyak yang salah mengira bahwa ketika matamu lelah menatap layar komputer, mereka malah menatap ke atas untuk menyegarkan pandangan. Padahal, sebenarnya yang terbaik adalah dengan menatap ke bawah. Cobalah untuk miringkan layarmu sedikit ke bawah sehingga bagian tengahnya tersisa sekitar 4 hingga 8 inci di bawah ketinggian mata. Jika tidak, kamu harus menggunakan alat pemijat mata agar otot-otot dalam matamu tidak menegang.

Baca juga: Bisakah Vitamin C Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata?

2. Istirahatlah

Jangan memaksakan dirimu. Jika kamu sudah merasakan kelelahan pada matamu, tidak ada salahnya untuk mengistirahatkan matamu dari layar komputer. Setiap 15 menit, cobalah untuk melihat segala sisi di sekitarmu. Lalu, pandanglah ke kejauhan. Lakukan beberapa penggulungan bahu sambil kamu melihat sekeliling, sehingga kamu juga bisa meregangkan leher dengan baik. Istirahat seperti ini bisa dikatakan sebagai senam mata agar otot-otot dalam matamu tidak terlalu tegang yang malah akan berdampak buruk pada penglihatanmu.

3. Cobalah berdiri

Duduk seharian di depan layar komputer, tentunya bukan hanya membuat matamu yang pegal tapi juga seluruh tubuhmu. Cobalah untuk berdiri untuk merenggangkan semua otot dalam tubuhmu. Isitirahatlah 10 menit di toilet setidaknya setiap 2 jam. Berdiri dari bangkumu dan cobalah berjalan di sekitar ruang kerjamu ke depan atau ke belakang, biarkan matamu itu diam dan tidak melihat alat elektronik. Biarkan matamu berkeliaran dan lakukan apa pun yang tidak membuat matamu fokus terlalu sering.

4. Gunakan obat tetes mata

Mungkin bagi kamu yang menggunakan lensa kontak, sudah tidak asing dengan obat tetes mata. Penggunaan lensa kontak seharian akan membuat matamu menjadi lebih kering apalagi jika kamu bekerja di depan layar komputer. Ini terjadi karena kamu kurang berkedip saat menatap layar komputer. Bagi kamu yang tidak menggunakan lensa kontak, juga harus nih menggunakan obat tetes mata karena biasanya dalam obat tetes mata tersebut mengandung cairan untuk mata yang dapat menyegarkan mata dan juga pandanganmu. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengantongi obat tetes mata, ya Ladies!

5. Periksa kacatamamu

Mungkin kamu seseorang yang sudah mengenakan kacamata jauh sebelum kamu terlibat dengan pekerjaan yang mengharuskan melihat layar komputer setiap hari. Tentunya karena kamu harus menatap layar komputer setiap hari, tidak menutup kemungkinan minus dalam matamu bertambah dan tentunya itu akan memengaruhimu dalam melihat. Jadi, sebaiknya kamu harus rutin memeriksa kacamatamu, apakah masih nyaman kamu gunakan atau lensanya harus diganti.

Source foto: cover; cbnews.com, 1. eyecareleaders.net, 2. kodaklens.id, 3. standupdeskstore.com, 4. lenspure.com, 5. wexnermedical.osu.edu

Bekerja di depan layar komputer mungkin akan membuat matamu lelah dan mengalami penambahan minus pada matamu, tapi semua itu bisa dicegah dengan 5 cara di atas, Ladies. Jadi, mulai perhatikan kesehatan matamu ya!

Baca juga: 6 Cara Aman Melepas Bulu Mata Ekstension di Rumah

health kesehatan mata kesehatan mata mencegah kerusakan mata menatap layar komputer terlalu sering menatap layar komputer

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health