LADIESTORY.ID | BEAUTY | 5 CARA MERAWAT TANGAN YANG KERING AKIBAT SERING CUCI TANGAN

5 Cara Merawat Tangan yang Kering Akibat Sering Cuci Tangan

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 2 menit, 48 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara Merawat Tangan yang Kering Akibat Sering Cuci Tangan

Adanya pandemik Covid-19 yang turut menyerang negeri ini membuat kita mengikuti salah satu arahan untuk rutin mencuci tangan dengan sabun, supaya bakteri dan virus yang barangkali ada di tangan tidak masuk ke dalam tubuh. Sementara, paparan berulang terhadap sabun dan bahan kimia ketika mencuci tangan tentu akan membuat tangan kita menjadi kering. Tapi, kamu tak perlu khawatir, karena ada cara merawat tangan yang kering supaya tetap lembap, yang bisa kamu praktikkan di rumah. Yuk, simak apa saja poin-poinnya!

1. Gunakan hand cream

cara merawat tangan yang kering
sumber: nymag.com

Sama seperti ketika kita mencuci wajah dengan sabun, yang kemudian membutuhkan pelembap untuk mengembalikan kelembapan alami kulit kita, maka kita juga butuh menggunakan pelembap seperti hand cream setelah mencuci tangan. Fungsi hand cream sama dengan pelembap, yaitu melembapkan kulit tangan yang kering. Apalagi, beberapa hand cream juga diformulasikan khusus untuk mereka yang memiliki kencenderungan kulit tangan yang sangat kering dan gatal atau eczema. Jadi, penggunaan hand cream setelah mencuci tangan dengan sabun tentu sangat membantu kita agar terbebas dari kulit kering yang membuat tidak nyaman. Untuk yang tertarik mencoba hand cream organik, ini rekomendasi Ladiestory

2. Gunakan minyak kelapa

cara merawat tangan yang kering
sumber: freepik.com

Jika kamu merasa penggunaan hand cream itu terlalu berat untuk diaplikasikan sehari-hari di rumah, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa alami, atau minyak kelapa yang juga sudah dijual di beberapa toko kecantikan dan kesehatan. Minyak kelapa tidak hanya berfungsi untuk kesehatan rambut lho, tetapi juga bisa membantu melembapkan dan menghaluskan kulit yang kering cenderung bersisik. Tak hanya itu, minyak kelapa juga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kamu bisa mendapatkan kulit yang bersih, halus, dan lembap jika rutin menggunakannya.

Baca juga: Beberapa Rekomendasi Merek Jam Tangan Pria Terbaik Cocok Untuk Kado Valentine

3. Gunakan lidah buaya

cara merawat tangan yang kering
sumber: freepik.com

Selain minyak kelapa, bahan alami lainnya yang bisa membantu melembapkan kulit yang kering adalah lidah buaya. Jika merasa tanganmu menjadi kering setelah beberapa saat mencuci tangan dengan sabun, atau ketika keadaan kulit tangan sedang kering-keringnya, aplikasikan gel lidah buaya pada telapak tanganmu, Ladies. Cara penggunaannya juga sama seperti minyak kelapa. 

4. Hindari menggunakan pengering tangan

cara merawat tangan yang kering
sumber: freepik.com

Hot air hand dryers atau alat pengering tangan menggunakan udara panas kerap kita jumpai di beberapa toilet di mal atau tempat makan. Biasanya, mereka yang sehabis menggunakan wastafel untuk mencuci tangan akan mengeringkan tangan mereka dengan hot air hand dryers ini. Meskipun penggunaan alat ini sangat membantu untuk mengeringkan tangan yang basah oleh air, namun jika digunakan dalam jangka panjang tentu bisa membuat kulit tanganmu menjadi sangat kering. Jadi, hindari menggunakan hot air hand dryers ini setelah mencuci tangan, ya. Lebih baik keringkan tangan dari basahnya air dengan menggunakan tisu kertas atau sebaiknya tepuk-tepuk tangan supaya bisa kering dengan sendirinya untuk menghemat listrik dan lebih ramah lingkungan.

5. Lakukan eksfoliasi kulit tangan

cara merawat tangan yang kering
sumber: freepik.com

Mengeksfoliasi kulit tentu tidak hanya perlu dilakukan dalam kondisi seperti ini saja, Ladies. Sebab, kamu tetap perlu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah maupun tangan setidaknya setiap dua kali dalam seminggu. Hal itu perlu dilakukan supaya kulit wajah maupun tanganmu tetap halus, lembap, dan tidak bersisik. Kamu bisa menggunakan beberapa produk eksfoliasi yang tidak mengandung alkohol supaya tidak membuat kulit menjadi lebih kering. Kamu pun juga bisa menggunakan campuran bahan alami seperti minyak zaitun dan gula pasir untuk mengeksfoliasi kulit tanganmu.

Jadi, itulah 5 cara merawat tangan yang kering supaya lebih lembap dan membuatmu lebih nyaman lagi ketika beraktivitas. Yuk, tetap di rumah saja untuk membantu menghentikan penyebaran coronavirus ini, Ladies!

Sumber foto utama: Freepik.com

beauty kecantikan cara merawat tangan yang kering skincare corona covid-19 tangan kering kulit kering supaya tangan tidak kering

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty