LADIESTORY.ID | HEALTH | 5 CARA MUDAH BERDIET TANPA RASA LAPAR, DIJAMIN BERAT BADAN TURUN

5 Cara Mudah Berdiet Tanpa Rasa Lapar, Dijamin Berat Badan Turun

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 37 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara Mudah Berdiet Tanpa Rasa Lapar, Dijamin Berat Badan Turun 

Diet menjadi salah satu metode penurunan berat badan yang banyak ditempuh orang. Diet dianggap lebih mudah dibanding cara lain seperti olahraga. Cara diet yang banyak dilakukan adalah memangkas jumlah kalori yang dikonsumsi atau makan sedikit mungkin. 

Padahal, hal ini dapat menyiksa diri serta penurunan berat badan tidak bertahan lama. Ketika makan terlalu sedikit, tubuh akan kekurangan nutrisi sehingga mudah lemas dan sakit. Tantang terberat saat menjalani diet adalah menahan rasa lapar, terutama bagi mereka yang sulit mengendalikan nafsu makan. 

Sering kali diet gagal lantaran tak kuat menahan lapar dan godaan untuk makan. Namun, dengan cara yang sehat dan tepat, proses diet dapat berjalan dengan mudah juga menyenangkan, bahkan tidak merasa lapar sekali pun. Wah, gimana caranya? Nah, berikut ini cara diet gampang tanpa rasa lapar dilansir dari laman Shape

Baca juga: 5 Penyebab Berat Badan Susah Turun meski Sudah Diet dan Olahraga

Jangan Lewatkan Sarapan 

Kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan memilih melewatkan sarapan. Padahal, tidak sarapan justru dapat membuat berat badan sulit turun, bahkan semakin meningkat karena pada siang hari jauh lebih lapar sehingga makan berlebihan. 

Sarapan memberi tubuh energi untuk memicu aktivitas fisik sepanjang hari dan membantu menghindari godaan makan saat perut mulai keroncongan pada pukul 11.00. Pilih menu sarapan sehat seperti oatmeal untuk memperoleh kombinasi karbohidrat kompleks, protein, serat, dan lemak sehat. 

Bisa pula semangkuk biji-bijian seperti kacang hijau, lalu tambahkan susu almond dan rebusan kayu manis dicampur madu. Cara lain, mengkonsumsi roti gandum yang dipanggang dengan mentega almond serta pisang. 

Camilan Sehat 

Diet bukan berarti tidak boleh nyemil. Hanya saja, mengganti menu camilan dengan yang lebih sehat. Ini adalah cara diet gampang. Camilan terbaik selama diet untuk membuat tetap berenergi adalah yang mengandung kombinasi protein dan karbohidrat. 

Sama dengan sarapan, ngemil makanan kaya nutrisi sehat sepanjang hari dapat membantu menghindari rasa lapar berlebihan. Untuk camilan sehat, kamu dapat ngemil kacang-kacangan, buah segar, juga sayuran dalam jumlah kecil setiap dua atau tiga jam. 

Pilih Karbohidrat Kompleks

Banyak pelau diet yang menghindari mengonsumsi karbohidrat lantaran takut membuat berat badan sulit turun. Padahal, selama diet, karbohidrat tetap diperlukan untuk energi. Namun, karbohidrat yang dibolehkan adalah karbohidrat kompleks seperti beras merah, oat, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan. 

Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral, yang dapat membuat pencernaan mengolah makanan lebih lama sehingga memberi rasa kenyang lebih panjang. Sebaliknya karbohidrat sederhana sangat mudah diproses dan sering kali penuh dengan gula tambahan. 

Konsumsi Lemak Baik

Sama dengan karbohidrat, lemak juga tetap diperlukan selama diet serta tidak semua lemak berdampak buruk. Lemak baik seperti aam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA. 

Lemak ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, dari jantung, otak, sendi, mata, sampai kulit. Jadi, selama menjalankan program diet, kamu tetap boleh mengonsumi lemak baik. Sumber nutri omega-3 dapat kamu peroleh pada ikan salmon, kembung, dan tuna. 

Minum Air Putih Sepanjang Hari

Cara diet gampang selanjutnya adalah tetap menjaga kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi. Air putih adalah cairan yang paling sehat dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Baca juga: Mau Berat Badan Ideal? Lakukan 5 Kebiasaan Sederhana Ini

Mulai dari menghidrasi tubuh dan kulit, meningkatkan energi dan konsentrasi, hingga mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bahkan minum air putih dapat menekan keinginan untuk makan berlebihan. Cobalah minum dua gelas air putih sebelum makan. 

Tips diet tanpa lapar Cara diet aman Tips diet mudah Cara menurunkan berat badan Tips langsing

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health