?>
LADIESTORY.ID | JEWELRY | 5 CARA MUDAH MERAWAT PERHIASAN EMAS DI RUMAH

5 Cara Mudah Merawat Perhiasan Emas Di Rumah

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 47 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara Mudah Merawat Perhiasan Emas Di Rumah

Wanita memang tidak pernah bisa lepas dari aksesori. Lebih dari sekedar pelengkap, aksesori bisa mempermanis penampilan. Apalagi jika aksesori yang dipakai berupa perhiasan, rasa percaya diri wanita pasti semakin meningkat. Agar perhiasan tetap terlihat cantik, rawat dengan baik supaya tetap berkilau.

Coba perhatikan perhiasan emas yang sering kamu kenakan. Perhiasan emas jika digunakan terus menerus setiap hari, tanpa sadar membuat penampilannya jadi kurang menarik. Kilau perhiasan emas berkurang dan warnanya menjadi kusam. Namun hal tersebut bisa diatasi jika kamu merawat perhiasan emas dengan baik.

5 Cara Merawat Perhiasan Emas Di Rumah 

1. Mengatasi Perhiasan Kusam

Perhiasan emas yang sering digunakan ataupun perhiasan yang sudah lama terkadang  membuat warna pada perhiasan sedikit memudar. Hal tersebut bisa disebabkan karena perhiasan terkena langsung dengan beberapa eleman yang berbahaya untuk perhiasan, seperti parfum ataupun bahan kimia lain. Kamu tak perlu khawatir. Agar perhiasan tetap terlihat berkilau, banyak cara yang bisa kamu lakukan. kamu bisa menggunakan pembersih perhiasan yang dijual di pasaran mulai dari pembersih emas, silver, berlian, hangat untuk membersihkan perhiasan kamu.

Baca juga: Berkenalan Dengan Liontin Koleksi Perhiasan Berlian Berkualitas Dari Frank & Co

2. Mengatasi Batu Berlian Longgar

Biasanya, batu berlian mudah lepas karena cincin terbentur dengan benda keras yang mengakibatkan rangka cincin menjadi longgar. Longgarnya cincin berlian memang umum terjadi karena seiring berjalannya waktu garpu penyangga pada cincin akan menipis. Tak perlu khawatir, kamu dapat mengatasinya dengan memeriksa cincin berlian, baik di rumah ataupun ke toko perhiasan. Jika, kamu mengunjungi toko perhiasan maka mereka akan memeriksa dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada cincin. Selain itu, melepaskan cincin  pada saat melakukan aktivitas rumah tangga juga bisa menjadi solusi yang tepat agar batu berlian tetap terjaga.

3. Mengatasi Alergi Pada Perhiasan

Pernah mengalami gatal-gatal saat menggunakan perhiasan? Jika kamu merasa gatal atau kemerahan saat mengenakan perhiasan, kemungkinan kamu mengalami alergi terhadap logam tertentu. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencari tahu logam apa yang bisa menimbulkan alergi. Sebaiknya kamu memilih logam yang bersifat hypoallergenic untuk menghindari alergi. Logam jenis ini merupakan logam yang tidak menimbulkan alergi pada hampir semua orang, terlebih bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Ada beberapa logam yang memiliki sifat hypoallergenic, seperti palladium, platinum, serta sterling silver.

4. Mengatasi Noda Kehijauan Pada Kulit

Logam perhiasan dapat bereaksi dengan kadar keasaman di kulit kamu, lho. Menurut Discovery.com, kadar asam di kulit kamu menyebabkan logam tembaga yang terdapat dalam perhiasan berkorosi, sehingga membentuk senyawa garam. Garam-garam ini berwarna hijau dan saat mereka terserap kulit maka akan membuat kulit kamu berubah menjadi hijau. Dengan demikian, kamu perlu melakukan beberapa cara ini untuk mengatasi noda kehijauan pada kulit, seperti mengetahui kadar logam perhiasan, hindari keringat berlebih, lapisi dengan rhodium, rutin membersihkan perhiasan, atau memilih  logam lain untuk perhiasan kamu.

5. Mengatasi Perhiasan Tergores

Perhiasan yang terbuat dari emas ataupun perak tak menutup kemungkinan dapat dengan mudah tergores. Bagi kamu yang mempunyai masalah perhiasan tergores, kamu bisa menerapkan beberapa tip berikut untuk membuat perhiasan kamu bebas dari goresan. Jika goresan pada perhiasan kamu ringan, kamu bisa membeli kain pemoles di toko-toko tertentu untuk menghilangkan goresan. Akan tetapi, bila perhiasan kamu memiliki banyak goresan lebih baik memolesnya ke toko perhiasan. 

Itulah 5 cara merawat perhiasan emas yang bisa kamu coba lakukan sendiri di rumah. Berbekal langkah sederhana dan praktis tadi, kamu akan menghemat biaya perawatan perhiasan karena tidak perlu sering-sering menyambangi toko emas terlebih kita masih dalam kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

mencuci perhiasan emas cara mencuci perhiasan emas cara merawat perhiasan emas merawat perhiasan emas

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Jewelry