LADIESTORY.ID | HEALTH | 5 CARA RUTIN BERMEDITASI UNTUK HIDUP LEBIH TENANG DAN BAHAGIA

5 Cara Rutin Bermeditasi untuk Hidup Lebih Tenang dan Bahagia

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 0 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara Rutin Bermeditasi untuk Hidup Lebih Tenang dan Bahagia

Meditasi merupakan praktik untuk melatih sekaligus menyatukan antara tubuh, pikiran, dan jiwa sehingga membantu ketiganya lebih tenang serta berpikir positif. Umumnya, meditasi dilakukan dengan duduk tenang sambil mengatur pernapasan secara teratur selama 15-30 menit. 

Sayangnya, pada masa modern saat ini, ditambah kesibukan, telah membuat sebagian orang malas bermeditasi. hilangan kontak dengan jiwa atau batin mereka. Padahal, praktik ini dapat dilakukan kapan pun dan di mana saja. Untuk rutin bermeditasi, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan. 

Sadar Manfaat Meditasi 

Sudah menjadi rahasia umum meditasi memiliki segudang manfaat bagi tubuh dan pikiran selain menenangkan. Mulai dari, mengurangi kecemasan dan rasa stres, menjaga kesehatan mental, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kualitas hidup, hidup lebih bahagia dan optimis, hingga mampu berdamai dengan masa lalu. 

Baca juga: Manfaat Anggur Untuk Mencegah Kanker Dan Bantu Kulit Awet Muda!

Manfaat meditasi telah terbukti sejak ribuan tahun silam dan telah berhasil. Dengan sadar berbagai manfaat ini, membuat kamu makin yakin serta bakal rutin melakukan meditasi.

Lakukan Secara Bertahap 

Segala sesuatu yang dilakukan secara bertahap dapat terus berlangsung. Untuk meditasi terus berjalan rutin, sebaiknya lakukan secara bertahap, terlebih kamu yang baru memulainya. Mulailah dengan waktu 15 menit terlebih dulu dalam sehari selama seminggu, lalu pada minggu berikutnya, lakukan 20 atau 30 menit sehari. 

Selesaikan Segala Pekerjaan 

Banyak yang menyebut pagi hari adalah waktu yang tepat untuk bermeditasi. Sebab, memulai hari harus dengan pikiran yang jernih. Namun, sebetulnya, meditasi dapat dilakukan kapan pun. Bila kamu tak bisa pada pagi hari, kamu bisa melakukannya pada malam hari sebelum tidur. 

Paling penting, sebelum melakukan meditasi, pastikan bahwa kamu sudah selesai melakukan semua rutinitas dan segala pekerjaan. Dengan begitu, bisa fokus dan happy menjalani meditasi. 

Coba Berbagai Teknik 

Ada banyak teknik meditasi yang bisa kamu coba. Bila merasa bosan atau tidak sesuai dengan teknik meditasi yang dijalani, kamu bisa menjajal berbagai teknik meditasi lain hingga menemukan yang sesuai dengan keinginan. Lakukan teknik itu secara konsisten agar meditasi dapat menjadi kebiasaan. 

Gunakan Aplikasi Meditasi 

Sama dengan latihan lainnya, kamu juga dapat menemukan aplikasi meditasi di media sosial. Di YouTube, juga ada berbagai video meditasi yang bisa kamu lihat dan ikuti. Keberadaan aplikasi dan video itu akan semakin memudahkan kamu bermeditasi. Buat kamu para pemula atau ingin mencoba teknik lainnya, kamu dapat mencarinya di media sosial. 

Bagi kamu yang masih bolong-bolong, bahkan belum sama sekali, melakukan meditasi, yuks segera lakukan lima cara di atas agar rutin bermeditasi. Jaga dan cintai tubuh dan pikiranmu dengan rutin bermeditasi. 

Cara meditasi Manfaat meditasi Mengusir stres dengan meditasi Latihan meditasi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health