LADIESTORY.ID | HEALTH | 5 CARA SEHAT MENGATASI STRES DENGAN MEKANISME KOPING

5 Cara Sehat Mengatasi Stres dengan Mekanisme Koping

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 1 menit, 45 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara Sehat Mengatasi Stres dengan Mekanisme Koping 

Stress dan kecemasan merupakan hal normal yang kerap dialami dalam kehidupan sehari-hari. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari, pekerjaan, hubungan asmara atau rumah tangga, keuangan, pendidikan, anak, penyakit yang dialami, dan masih banyak lagi. 

Dampak dan gejala stres pada setiap orang berbeda-beda. Namun, yang pasti stres mengganggu aktivitas dan rutinitas yang dijalani. Ditambah, stres sulit dihindari. Meski demikian, ada banyak cara meredakan stres serta rasa cemas, salah satunya melalui mekanisme koping. 

Dikutip dalam buku Keperawatan Jiwa karya Prof Budi Anna Keliat, mekanisme koping merupakan cara yang dilakukan individu dalam menyelesaikan masalah, menyesuaikan diri dari perubahan, serta respon terhadap situasi yang mengancam. 

Baca juga: Jangan Takut, Ternyata Manfaat Vaksin Bagi Tubuh Banyak Sekali Lowh

Dengan kata lain, mekanisme koping dapat diartikan sebagai proses atau cara mengelola dan keluar dari stres tentunya lewat cara-cara yang sehat. Melalui mekanisme tersebut, seseorang dapat menyesuaikan diri dengan hal-hal yang menyebabkan stres sekaligus mengelola emosi mereka. 

Nah, berikut ini cara sehat mengatasi stres dilansir dari laman Centers for Disease Control dan Prevention. 

Menjaga Diri 

Cara ini merupakan hal-hal yang berkaitan menjaga diri agar tetap sehat dan tenang menghadapi stres. Cara ini meliputi makan sehat, olahraga, banyak tidur, dan beristirahat jika merasa cemas atau stres. 

Cerita dengan Orang Lain 

Memendam masalah atau kecemasan hanya akan membuat kamu semakin stres. Karena itu, bagikan masalah yang kamu hadapi kepada orang lain seperti keluarga dan sahabat. Ceritakan perasaan-perasaan yang mengganjal dan mintalah saran atau cara mengatasi masalah tersebut. 

Hindari Narkoba dan Alkohol 

Ketika stres, banyak yang memilih cara instan untuk mengatasinya meski sesungguhnya sangat berbahaya seperti penggunaan narkoba dan alkohol. Hal ini mungkin tampak membantu menghilangkan kecemasan beberapa saat, tapi belakangan dapat menciptakan masalah baru serta meningkatkan stres yang dialami. 

Istirahat 

Stres membuat kita terus memikirkan hal-hal yang menyebabkan stres sehingga rasa khawatir semakin meningkat. Karena itu, kamu harus beristirahat demi menenangkan sekaligus mengalihkan pikiran. Kamu bisa beristirahat sambil mendengarkan musik atau menonton film. 

Baca juga: 6 Manfaat Penting Kolagen untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kunjungi Konselor 

Bila cara-cara di atas tidak berhasil dan stres semakin meningkat, bahkan muncul keinginan mengakhiri hidup, kamu harus segera berkonsultasi dengan psikolog dan konselor profesional. Ceritakan hal-hal yang kamu rasakan dan mintalah bantuan kepada mereka.

Cara mengurangi stres Manfaat emosi Cara mengontrol emosi Tips mengatur emosi dengan baik

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health