LADIESTORY.ID | HEALTH | 5 CARA TUBUH TETAP LANGSING TANPA HARUS KURANGI PORSI MAKAN

5 Cara Tubuh Tetap Langsing Tanpa Harus Kurangi Porsi Makan

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 18 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara Tubuh Tetap Langsing Tanpa Harus Kurangi Porsi Makan

Ingin makan banyak dan enak, tapi tubuh tetap langsing, tentu jadi keinginan banyak orang, terutama kaum hawa. Menurunkan berat badan adalah sebuah tantangan. Kebanyakan metode diet atau penurunan berat badan cenderung memberatkan dan membuat para pelakunya kelaparan meski berat badan menurun. 

Namun, berat badan cepat kembali naik ketika berhenti diet. Padahal, tubuh langsing bisa didapat tanpa harus mengurangi makan, bahkan tanpa diet sekali pun. Hanya cukup melakukan sedikit perubahan sederhana dalam gaya hidup kita. Nah, berikut ini cara tetap langsing tanpa mengurangi porsi makan dilansir dari berbagai sumber. 

Jangan Lewatkan Sarapan

Kebanyakan orang yang tengah menjalani program diet melewatkan sarapan demi mengurangi kalori. Padahal, sarapan berperan penting membuat berat badan tetap stabil. Mereka yang rutin sarapan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah dibanding mereka yang melewatkan sarapan. 

Baca juga: Menu Diet 6 Artis Korea Yang Bisa Membuat Tubuh Terlihat Proposional Kembali

Selain itu, mereka yang tak pernah melewatkan sarapan juga memiliki stamina lebih baik. Bila ingin berat badan turun secara permanen, jangan lewatkan sarapan. "Banyak orang berpikir melewatkan sarapan adalah cara bagus untuk mengurangi kalori. Namun, biasanya, mereka akan makan lebih banyak sepanjang hari," kata Elizabeth Ward, penulis Pocket Idiot's Guide to the New Food Pyramids, dilansir dari WebMD

Sayur dan Buah Lebih Banyak

Sayur dan buah kaya akan serat dan rendah kalori. Seperti diketahui, mengonsumsi banyak serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.  Dengan demikian, membantu mengurangi konsumsi makanan lain yang tinggi lemak dan kalori. 

Sayuran dan buah juga baik untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi atau sembelit. Kamu bisa mengganti kebiasaan mengonsumsi daging dengan sayuran dan buah serta mengonsumsinya untuk menu sarapan. 

Tetap Konsumsi Karbohidrat 

Diet bukan berarti tidak mengonsumsi karbohidrat. Kamu tetap harus mengonsumsi karbohidrat. Pilih karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum, dan kentang. "Karbohidrat tinggi serat lebih lama dicerna daripada karbohidrat sederhana dan menghasilkan energi  lebih tahan lama," ucap Muhlstein, ahli gizi Ilana Muhlstein, dikutip dari laman Eat This. 

Perbanyak Protein 

Selain makanan kaya serat, kamu juga boleh memperbanyak makanan tinggi protein. Sama dengan serat, makanan tinggi protein juga mampu memberi rasa kenyang lebih lama. Cara ini ampuh untuk menghindari makan dengan porsi berlebih. Makanan tinggi protein bisa kamu peroleh dari tahu dan tempe, telur, ikan, kacang-kacangan, juga daging tanpa lemak. 

Konsumsi Air Putih 

Air tidak hanya menghilangkan rasa haus dan menjaga kulit tetap terhidrasi, tapi juga dapat memberi rasa kenyang di perut. Mengonsumsi lebih banyak air putih dalam sehari (2-3 liter) dapat menurunkan body mass index

Hal ini karena pencernaan menjadi semakin lancar. Paling penting hindari minuman manis dan bersoda. Jika tak suka air putih, kamu bisa memasukkan buah-buah ke dalamnya, di antaranya lemon, kiwi, belimbing, dan sebagainya. 

Nah, itu dia cara menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi porsi makan yang membahayakan kesehatan. Gimana, gampang bukan? 

Cara menurunkan berat badan Tips diet menyenangkan Tips langsing Mengecilkan perut Cara membakar lemak Menu diet

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health