?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » 5 CARA UNTUK MEMASTIKAN ANAK-ANAKMU BENAR-BENAR MENDAPATKAN JAM TIDUR YANG CUKUP SELAMA AKHIR PEKAN

5 Cara untuk Memastikan Anak-anakmu Benar-benar Mendapatkan Jam Tidur yang Cukup Selama Akhir Pekan

LS Parenting
Durasi baca: 2 menit, 37 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara untuk Memastikan Anak-anakmu Benar-benar Mendapatkan Jam Tidur yang Cukup Selama Akhir Pekan

Tidur menjadi hal krusial bagi anak-anak, apalagi ketika akhir pekan. Sebagai orang tua, kamu harus memperhatikan apakah anak-anakmu benar-benar mendapatkan jam tidur yang cukup selama akhir pekan atau malah mereka kekurangan tidur karena keasyikan bermain? Mungkin ada beberapa anak yang merasa kesulitan menyesuaikan waktu tidur dan waktu bermain saat akhir pekan karena memang anak-anak pasti akan lebih memilih bermain daripada tidur siang. Kurangnya jam tidur anak bisa berdampak pada kesehatan dan semangatnya dalam beraktivitas. Agar anak-anakmu benar-benar mendapatkan jam tidur yang cukup selama akhir pekan, di bawah ini ada 5 cara yang bisa kamu lakukan!

1. Mulailah pada hari Jumat

waktu tidur anak

Tidak ada orang tua yang mau berurusan dengan anak yang cengeng pada hari Senin. Dengan membuat perubahan jadwal sehari lebih awal, kamu mengurangi kemungkinan anak yang lelah dan rewel ketika akhir pekan telah berakhir. Jika kamu benar-benar berkomitmen untuk transisi yang mulus, kamu bisa mulai dengan membuat perubahan tambahan pada waktu tidur dan waktu bangun mereka mulai hari Jumat. Cukup sesuaikan lebih banyak waktu saat akhir pekan agar anak-anakmu terbiasa dengan jadwal tidurnya.

Baca juga: 5 Cara agar Proses Belajar Anak di Rumah Berjalan Efektif Selama Pandemi Corona

2. Pindahkan jadwal satu jam lebih lama

waktu tidur anak

Hari Sabtu harus diselesaikan sebelum menyesuaikan dengan waktu di minggu berikutnya. Ini berarti kamu harus melakukan yang terbaik untuk memindahkan kegiatan rutin, seperti makan dan tidur siang. Misalnya, jika anak-anakmu biasa makan siang pukul 12 siang dan tidur siang pada pukul 1, mintalah mereka tahan untuk makan siang pada jam 1 siang dan tidur siang pada jam 2. Ini harus dilakukan agar anak-anakmu tidak terlalu rewel ketika harus menjalani kegiatan di minggu berikutnya.

3. Batasi aktivitas fisik

batasi aktivitas anak

Biasanya, merupakan hal yang menyenangkan dapat membuat anak-anakmu aktif sepanjang hari, tetapi jika ada satu hari dalam setahun yang harus kamu habiskan dengan anak-anakmu, ini yang mesti kamu perhatikan. Pergi jalan-jalan dengan anak di siang hari, katakanlah ke taman bermain, akan membuat mereka lelah lebih awal. Mereka lebih cenderung mengantuk pada waktu tidur normal mereka, tidak lebih lambat dari yang kamu inginkan. Jika kamu berkomitmen untuk mengasah jadwal tidur anak-anakmu, biarkan mereka bermalas-malasan sekali ini saja dan batasi aktivitas fisik.

4. Biarkan mereka di tempat tidur

biarkan anak di tempat tidur

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak


Bahkan jika mereka tidur di hari Sabtu nanti, dan bangun pagi di hari Minggu, itu adalah keberuntunganmu. Kamu bisa menyuruh mereka bangun pagi dan mengajari mereka merapikan rumah dan setelah rumah sudah rapi, kamu bisa membiarkan mereka berbaring-baring lagi di tempat tidurnya. Biarkan mereka tidur lagi agar jam tidur yang mereka dapatkan juga cukup dan membuat mereka semangat menjalani hari mulai Senin depan.

5. Gunakan produk-produk penggelap ruangan yang lebih baik

gunakan penggelap ruangan

Jika anakmu adalah anak yang susah tidur, menyuruhnya tidur lebih lama di akhir pekan adalah keharusan. Mungkin anakmu adalah anak yang mudah terbangun jika ada cahaya sedikit yang mengenai matanya. Itulah yang mungkin akan membangunkan si kecil lebih cepat dari yang mereka inginkan. Kamu bisa mencegah ini dan memperpanjang waktu tidur mereka dengan memasang tirai gelap di kamar mereka. Atau kamu bisa membiasakan anak-anakmu menggunakan masker mata saat tidur agar anak-anakmu bisa tidur dengan waktu yang cukup.

Agar anak-anakmu tetap cukup tidur walau sedang akhir pekan, kamu perlu ikuti 5 cara di atas, Ladies karena kurang tidur bagi anak-anak akan berdampak pada mood-nya lho!

Source foto: cover: babycenter.com, 1. raisingchildren.net.au, 2. todaysparent.com, 3. goodstart.org.au, 4. dailytelegraph.com.au, 5. dailytelegraph.com.au

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!

parenting jam tidur yang cukup jam tidur yang cukup untuk anak tidur yang cukup untuk anak anak cukup tidur saat akhir pekan anak-anak butuh tidur jam tidur untuk anak

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING