?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » 5 GAYA PENGASUHAN ANAK YANG TIDAK SEHAT DAN SEBAIKNYA TIDAK KAMU TERAPKAN PADA TAHUN 2020 NANTI

5 Gaya Pengasuhan Anak yang Tidak Sehat dan Sebaiknya Tidak Kamu Terapkan pada Tahun 2020 Nanti

LS Parenting
Durasi baca: 3 menit, 9 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Gaya Pengasuhan Anak yang Tidak Sehat dan Sebaiknya Tidak Kamu Terapkan pada Tahun 2020 Nanti

Kunci sukses membesarkan anak-anak yang bahagia, sehat secara emosi, dan santun dimulai dengan gaya pengasuhan yang benar. Kamu sebagai orang tua adalah orang pertama yang akan menjadi contoh untuk anak-anakmu, jadi penting bagimu untuk mengajarkan mereka berperilaku yang baik dan memberikan mereka gambaran bagaimana menjalani hidup dengan baik. Untuk menciptakan lingkungan sehat dan bahagia, kamu harus membentuk ikatan hubungan yang kuat dengan anak-anakmu untuk mengekspresikan perasaan mereka secara tepat. Ada beberapa gaya pengasuhan anak yang harus dipelajari, penting juga untuk mengetahui mana yang harus dihindari. Dan di bawah ini adalah 5 gaya pengasuhan anak yang tidak sehat dan sebaiknya tidak kamu terapkan pada tahun 2020 nanti.

1. Teknik pengasuhan ‘helikopter’

teknik pengasuhan helikopter
sumber: inc.com

 

Pengasuhan helikopter digambarkan bahwa orang tua ‘terbang’ di sekitar anak-anak mereka setiap saat. Mereka akan melindungi anak mereka dalam keadaan apa pun dan menangkal potensi masalah. Mengapa teknik ini bermasalah: Meskipun mungkin tampak seperti cara yang baik untuk membesarkan anakmu, pernahkah kamu bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika kamu melanjutkan gaya pengasuhan ini di masa depan? Ini bisa menjadi msalah perkembangan karena mereka tidak pernah menangani masalah mereka sendiri. Kamu akan selalu ada untuk membantu anak-anakmu. Ini dapat menyebabkan anakmu menjadi sangat bergantung pada orang lain dan tidak berdaya menghadapi masalah mereka sendiri bahkan ketika mereka telah dewasa.

Baca juga: 5 Cara agar Proses Belajar Anak di Rumah Berjalan Efektif Selama Pandemi Corona

2. Teknik pengasuhan ‘Lawnmower’

teknik pengasuhan lawnmoner
sumber: familyeducation.com

 

Lawnmower atau yang dikenal sebagai mesin pemotong rumput merupakan salah satu jenis pengasuhan anak yang berbahaya. Gaya pengasuhan mesin pemotong rumput ini sangat mirip dengan pengasuhan helikopter dalam arti bahwa kamu ‘membajak’ jalan di mana anakmu akan berjalan, menghilangkan semua hambatan anak-anakmu di sepanjang jalan. Mengapa teknik ini bermasalah: Mungkin kamu beranggapan hal ini akan membuat hidup anakmu lebih mudah tetapi bagaimana dalam waktu jangka panjang? Mereka akan selalu bergantung pada seseorang untuk menangani masalah mereka. Anak-anak yang dibesarkan dengan gaya pengasuhan ini juga dikatakan memiliki ketahanan dan kreativitas yang lebih rendah dan lebih sulit bagi mereka untuk mengendalikan emosi dan perilaku mereka karena jika ada sesuatu yang terjadi, kamu sebagai orang tua yang akan menyelesaikannya.

3. Teknik pengasuhan pemberi kebebasan

teknik pengasuhan pemberi kebebasan
sumber: kids.lovetoknow.com

 

Teknik pengasuhan pemberi kebebasan itu bisa dikatakan seperti seringkali terlalu banyak kasih sayang dan tidak menerapkan aturan ketat di rumah. Mengapa teknik ini bermasalah: Tanpa disiplin di sekitar rumah, anak-anak sering tubuh menjadi manja dan nakal, pada gilirannya kurang memiliki control diri dan tidak akan berhasil dengan baik di sekolah dan lingkungan kerja.

4. Teknik pengasuhan otoriter

teknik pengasuhan otoriter
sumber: verywellfamily.com

 

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak


Teknik pengasuhan otoriter adalah kamu begitu memberikan kedisiplinan tingkat tinggi dan jarang menunjukkan pada anakmu rasa kasih sayang sehingga anakmu bahkan segan untuk melakukan sesuatu. Mengapa teknik ini bermasalah: Meskipun anak-anakmu akan cenderung lebih responsive terhadap instruksimu dan patuh dalam lingkungan yang terstruktur dengan baik, kamu tidak ingin mereka merasa dikendalikan dan takut untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka, bukan? Karena itulah yang mereka rasakan. Gaya pengasuhan ini tidak hanya akan menjebak identitas mereka tetapi menyebabkan mereka berperilaku memberontak dan mendorong kamu keluar di waktu mendatang.

5. Teknik pengasuhan yang lalai

teknik pengasuhan lalai
sumber: healthline.com

 

Gaya pengasuhan ini berarti apa yang dilakukan anak-anakmu bukanlah prioritas, mungkin kamu lebih mengutamakan pekerjaanmu. Meskipun ini bukan kesalahanmu, cukup menyedihkan mengetahui bahwa anakmu harus membesarkan diri secara pribadi. Mengapa teknik ini bermasalah: Ini akan menyebabkan banyak masalah fisiologis seperti bersosialisasi, perilaku yang mengganggu dan kecemasan. Mereka juga berisiko lebih besar terlibat dalam pergaulan bebas, kekesaran, dan penggunaan narkoba atau alkohol. Kamu harus menyeimbangkan waktumu antara bekerja dan berkeluarga dan manfaatkan waktu akhir pekan untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak. Aajak mereka keluar untuk menonton film atau berjalan-jalan di taman dan temukan perbedaan pada anak-anakmu.

Gaya pengasuhan anak yang kamu terapkan akan berdampak perkembangan psikis anak dan akan memengaruhi masa depannya, makanya terapkan gaya pengasuhan anak yang tepat dan hindari 5 gaya pengasuhan anak di atas mulai 2020, ya Ladies!

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!

parenting anak gaya pengasuhan anak pola asuh anak gaya pengasuhan anak yang tepat gaya pengasuhan anak yang mesti dihindari gaya pengasuhan anak yang tidak sehat

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING