Ladiestory.id » Lifestyle » 5 Hal yang Membuat Produktivitasmu Semakin Meningkat Lebih Cepat

5 Hal yang Membuat Produktivitasmu Semakin Meningkat Lebih Cepat

LS Lifestyle
Selasa, 03 Desember 2019 | 05:40:38
Durasi baca: 4 menit, 8 detik
Dibaca: 4 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Hal yang Membuat Produktivitasmu Semakin Meningkat Lebih Cepat

Siapa yang tidak senang jika pekerjaan yang kamu kerjakan membuatmu lebih produktif dan bekerja menjadi lebih cepat? Di antara banyak kewajiban dan daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan, belajar bagaimana menjadi lebih produktif adalah keterampilan hidup yang penting. Namun, jika kamu terus-menerus menemukan dirimu di belakang walaupun secara teratur mengikut jadwal kegiatanmu atau menulis daftar yang harus dilakukan dengan niat baik untuk minggu yang akan datang, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantumu menjadi lebih efisien. Selain membantumu membangun keterampilan manajemen waktu yang lebih baik, 5 hal ini akan akan membantumu memfokuskan upayamu pada apa yang paling penting sehingga kegiatanmu membuahkan hasil nyata.

1. Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro
sumber: lifehack.com

 

Teknik Pomodoro merupakan teknik yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir abad ke-20, dapat membantumu menjadi lebih produktif dengan secara jelas mendefinisikan waktu untuk fokus dan waktu untuk istirahat dari tugas. Dengan memiliki waktu untuk istirahat regular dan membangun waktu istirahat ke dalam jadwalmu, Teknik Pomodoro dapat membantumu mengurangi gangguan dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. Cara menggunakan trik ini di rumah: Pilih tugas untuk difokuskan. Kemudian, atur timer selama 25 menit. Bekerja tanpa gangguan sampai timer mati. Beristirahatlah 3-5 menit dan ulangi proses dari awal hingga tiga kali lagi. Setelah kamu bekerja selama empat siklus Pomodoro (sekitar satu jam), istirahatlah selama 15-30 menit sebelum memulai kembali Teknik Pomodoro selama satu jam hingga tugas selesai.

2. Aturan 3 Besar

Aturan 3 Besar
sumber: yourworkforthem.com

 

Akan selalu ada hal lain yang datang dan menuntut sedikit perhatianmu. Tetapi alih-alih menggunakan seluruh energimu untuk memadamkan “api” kecil yang tampaknya muncul sepanjang hari, upayakan usahamu dengan menggunakan Aturan 3 Besar untuk produktivitas. Pada dasarnya, ini membantumu memprioritaskan 3 hal yang harus kamu lakukan untuk hari tertentu, sehingga hal-hal yang benar-benar penting tidak dapat kamu lupakan. Cara menggunakan trik ini di rumah: Malam sebelumnya, tuliskan tiga prioritas utamamu untuk hati itu, sesuai urutan kepentingannya. Anggap saja ini sebagai keharusanmu untuk hari itu. Kemudian, hal pertama di pagi hari, lihatlah daftar tersebut dalm lakukan ketiga prioritas tersebut sebelum jam 10 pagi.

Baca juga: Panduan Maksimal untuk Kamu yang Ingin Bergaya Hidup Minimalis

3. Prinsip Pareto

Prinsip Pareto
sumber: apertor.net

 

Menurut Prinsip Pareto (juga dikenal sebagai Aturan 80/20), hanya 20 persen dari usahamu yang menghasilkan 80 persen dari keseluruhan keberhasilan dan kemajuanmu, yang berarti bahwa sebagian besar energi yang kamu keluarkan tidak bekerja untukmu sebagaimana mestinya. Mengetahui hal ini, kamu dapat menggunakan Prinsip Pareto untuk menginspirasi tindakanmu dan menciptakan lebih banyak produktivitas dalam hidupmu. Anggap saja itu bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Cara menggunakan trik ini di rumah: Untuk menerapkat trik ini, kamu harus terlebih dahulu mengindentifikasi tindakan apa yang menghasilkan dampak keseluruhan tertinggi dalam hidupmu. Kemudian, seiring dengan berjalannya waktu, kamu perlu secara perlahan mulai mengalokasikan kembali lebih banyak waktumu untuk kegiatan yang menghasilkan hasil dan lebih sedikit menguranginya di tempat lain. Contoh praktis mungkin menjadi rutinitas olahragamu. Misalnya, kamu berolahraga empat hari seminggu, tetapi ada kelas olahraga lain yang benar-benar di luar zona kenyamananmu. Untuk membantumu mencapai target kebugaranmu lebih cepat menggunakan Prinsip Pareto, pertimbangkan untuk menjatuhkan pilihan pada salah satu latihanmu yang lebih mudah untuk memberikan ruang baik kelas olahraga lain dalam jadwal mingguanmu. Ini berlaku untuk pekerjaan, tugas dan bidang kehidupan sehari-hari lainnya.

4. Time boxing

Time boxing
sumber: fithog.com

 

Time boxing merupakan teknik manajemen waktu di mana kamu memblokir periode waktu yang ditentukan pada jadwalmu untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Ini bekerja dalam dua cara: Pertama, ia menciptakan ternggat waktu mini sepanjang harimu yang membatasi jumlah waktumu yang kamu dedikasikan untuk satu tugas, membantumu bekerja efisien. Kedua, itu membuatmu bertanggung jawab atas ke mana waktumu sebenarnya pergi. Cara menggunakan trik ini di rumah: Konsolidasikan daftar semua tugas yang harus kamu selesaikan besok. Kemudian, susun jadwal untuk harimu, berdasarkan jam atau tanda 15 menit, tergantung pada kebutuhanmu. Alokasikan blok waktu tertentu ketika kamu akan menangani setiap tugas dalam daftarmu. Pertimbangkan untuk mengatur penghitung waktu untuk dirimu sendiri di akhir setiap periode waktu untuk membantumu tetap bertanggung jawab.

5. Katakan ‘Tidak’

Katakan 'tidak'
sumber: businessinsider.com

Kamu tentu tidak akan bisa melakukan semua hal dalam seharian. Seperti yang Oprah katakana, “Kamu dapat memiliki semuanya. Tidak semuanya sekaligus,” dan sentiment ini bordering juga untuk tingkat produktivitasmu. Kami memiliki jumlah waktu, energy, dan perhatian yang terbatas setiap hari, jadi tidak peduli seberapa produktifmu dan berapa banyak tips efisiensi yang kamu kuasai, kamu harus belajar menolak undangan dan peluang jika hal tersebut tidak terlalu penting untukmu. Cara menggunakan trik ini di rumah: Walaupun mungkin sulit untuk mulai mengeksekusi pada awalnya, ingatlah bahwa mengatakan ‘tidak’ akan lebih mudah jika kamu sering berlatih. Misalnya, cobalah katakana tidak pada kewajiban social yang hanya kamu lakukan karena kamu merasa bersalah. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah benar-benar layak waktu dan uangmu untuk menghadiri pernikahan teman sekamarmu yang bahkan kami belum berbicara dalam 5 tahun terakhir? Jika kamu memutuskan untuk tidak menghadiri acara tersebut, itu tidak membuatmu menjadi orang yang jahat. Maksudnya adalah bahwa kamu sadar memilih untuk menyediakan waktu yang cukup di harimu dan untuk orang-orang yang paling berarti bagimu, dan itu tidak apa-apa!

Itulah 5 hal yang dapat membuat produktivitasmu semakin meningkat lebih cepat, apakah kamu akan mencoba 5 hal di atas, Ladies?

Baca juga: Ladies, Ini 5 Cara Mudah Bikin Hidup Makin Asyik


lifestyle hidup karier lifehack produktivitas meningkat membuat produktivitas meningkat hal yang membuat produktivitas meningkat

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

TRENDING ON LIFESTYLE