LADIESTORY.ID | HEALTH | 5 JENIS ALAT OLAHRAGA YANG WAJIB KAMU PUNYA DI RUMAH

5 Jenis Alat Olahraga Yang Wajib Kamu Punya Di Rumah

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 40 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Jenis Alat Olahraga Yang Wajib Kamu Punya Di Rumah

Mungkin ada juga yang keburu down duluan melihat alat-alat olahraga canggih yang terkesan mengintimidasi dan sulit digunakan. Sebenarnya olahraga tidak perlu ribet. kamu bisa mulai olahraga di rumah, misalnya dengan situp yang hanya bermodal niat atau yoga yang hanya bermodalkan matras foam. Untuk memvariasikan rejime olahraga kamu, tidak ada salahnya juga untuk sedikit berinvestasi dengan beberapa alat olahraga sederhana dan tidak buang tempat di rumah.

Untuk mendukung kegiatan berolahraga di rumah, ada beberapa alat olahraga yang bisa dimiliki. Meski sebenarnya ada 5 macam alat olaharaga rumahan atau bahkan lebih, kamu tak perlu memiliki semuanya. Kamu hanya cukup memiliki 5 jenis alat olahraga ini.

5 Jenis Alat Olahraga Yang Wajib Ada Dirumah 

Foam Roller

Baca juga: Pentingnya Olahraga Untuk Menjaga Imunitas Meskipun Dirumah Aja

Kalau dilihat sekilas, mungkin kamu bingung dengan fungsi alat olahraga ini. Soalnya, sekilas malah mirip dengan alat olahraga SD yang sering dipakai saat senam lantai. Ternyata, foam roller atau alat olahraga berbentuk gulungan busa empuk ini bisa digunakan untuk melemaskan otot-otot setelah melakukan aktivitas atau olahraga berat. Tak cuma itu saja, alat olahraga ini pun dapat menguatkan keseimbangan tubuh saat melakukan gerakan yoga. Dengan pemakaian rutin, foam roller akan bantu mengurangi selulit tubuhmu juga lo!

Gym Ball 

Alat olahraga perut ini bisa bantu menjaga kelenturan tubuh dan memperlancar sistem aliran darahmu lo! Selain itu, gym ball juga dapat dipakai sebagai alat olahraga untuk mengecilkan perut. Bahkan, hanya duduk di atas gym ball pun kamu sudah bisa membakar 260 kalori dalam tubuhmu. Nah jika kamu ingin melatih otot perut, bokong, dan paha dalam waktu bersamaan, mending gunakan gym ball daripada alat olahraga sepeda yang ada di gymnastic.

Dumbel

Meski sekilas bentuknya mirip dan fungsinya pun hampir sama, dumbel dan burbel merupakan dua alat olahraga tangan yang berbeda. Perbedaan yang paling mencolok yakni pada panjang pegangannya. Dumbel umumnya lebih pendek daripada burbel. Dibanding barbel, dumbel lebih aman digunakan pemula karena beban alatnya nggak begitu berat. Selain itu, dumbel juga dapat diletakkan langsung sekamuinya tak kuat menyelesaikan repetisi gerakan.

Tali Skipping

Dengan tali skipping, kamu bisa melatih otot kaki berkat repetisi gerakan melompat. Ternyata jika dilakukan rutin, aktivitas dengan alat olahraga kaki ini dapat meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru. Selain tali skipping, kamu juga dapat memanfaatkan alat olahraga dari barang bekas yakni karet gelang untuk dijadikan tali skipping. Cukup rangkai lalu gunakan seperti memakai tali skipping biasanya. Lebih murah dan manfaat yang didapat pun sama saja.

Matras Yoga

Alat ini dapat mendukung latihan gerakan yoga yang tengah kamu coba. Dengan matras yoga, kamu tak perlu takut tergelincir dan nyeri karena bahan matrasnya anti selip dan cukup tebal. Umumnya, ketebalan matras yoga sekitar 1 sampai 20 mm atau bahkan lebih. Sedang panjang matras sekitar 170×60 cm. Pastikan kamu memilih matras yoga yang paling pas dengan postur tubuh agar nyaman digunakan.

Alat olahraga di rumah akan sangat membantu kamu menjaga kesehatan dan mengencangkan otot-otot di tubuh di tengah mobilitas dan aktifitas kamu yang sangat tinggi. Ada baiknya membeli alat yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Namun, membeli alat multifungsional yang dapat digunakan untuk gerakan olahraga pasti lebih hemat dan digunakan secara optimal tanpa perlu mengganti-ganti alat. Pilih juga keringkasan benda agar tak memakan tempat ketika disimpan atau digunakan.

Baca juga: Yuk Coba 5 Olahraga Ringan Untuk Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Sumber Foto Utama: Freepik.com

alat olahraga jenis alat olahraga fungsi alat-alat olahraga dumble gym ball

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health