LADIESTORY.ID | HEALTH | 5 JENIS YOGA YANG BISA MEMBUAT KAMU LEBIH RELAX

5 Jenis Yoga Yang Bisa Membuat Kamu Lebih Relax

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 33 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5  Jenis Yoga Yang Bisa Membuat Kamu Lebih Relax

Saat kamu mencoba yoga untuk pertama kalinya, atau kedua kalinya, dan Kamu masih penasaran mana, sih, yoga yang paling pas buat kamu, mungkin artikel ini bisa membantu kamu untuk memilih atau malah mungkin mencoba semuanya sebagai bagian dari yoga journey Kamu. Tenang, yoga memang dimaksudkan untuk semua orang tanpa terkecuali. Jika kamu merasa canggung untuk datang ke sebuah kelas yoga, mulailah berlatih di rumah.

Yoga adalah kombinasi dari pelatihan fisik dan mental. Bergeraklah secara lembut dan perlahan. Jangan juga lupa untuk bernapas secara teratur. Kuatkan mental dan fisikmu dengan yoga di rumah. Sebuah studi 2011 dari Boston University School of Medicine menemukan bahwa manfaat yoga yang lainnya adalah meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan. Hal ini disebabkan karena berlatih yoga dapat meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak.

5 jenis yoga style yang populer yang mungkin sering kamu dengar atau jumpai di studio yoga di sekitar kamu

Baca juga: Ternyata, Melakukan Yoga Memberikan Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kamu

Hatha Yoga

Sebagian besar jenis yoga yang ada saat ini bisa dikategorikan sebagai Hatha Yoga, karena biasanya berfokus pada menyelaraskan (alignment) latihan fisik dengan pernapasan. Kalau kamu pernah dengar Ashtanga, Vinyasa, Iyengar, dan Power Yoga, jenis tersebut juga bisa dikategorikan sebagai Hatha Yoga, walau pun pada praktiknya, biasanya tempo atau pace dari Hatha Yoga lebih tenang atau lambat.

Vinyasa Yoga

Jenis yoga ini biasanya mengalir secara dinamis dan membutuhkan koordinasi antara fisik, postur, dan napas. Vinyasa Yoga biasanya temponya lebih cepat dan lebih freestyle alias tidak ada rangkaian baku, namun biasanya guru atau instruktur selalu memandu kelas dari awal hingga akhir dengan tujuan tertentu. Misalnya, sesi hari ini untuk memperkuat otot lengan, sesi kelas berikutnya, fokus untuk backbend, atau dalam satu sesi kamu mendapatkan pose yang berguna bagi semua bagian tubuh kamu.

Ashtanga Yoga

Bila dibandingkan dengan Hatha, Ashtanga Yoga adalah jenis yoga yang sangat dinamis, sangat intens, dan sering kali terasa sangat atletik. Dalam Ashtanga Yoga ada rangkaian pose yang harus diikuti, yang biasa disebut sebagai Ashtanga series. Ada 2 metode dalam berlatih Ashtanga Yoga dengan panduan guru atau instruktur yang biasa disebut Led Class dan ada metode Mysore di mana kamu berlatih dengan mengikuti rangkaian postur, misalnya Primary series tanpa panduan guru, namun guru yoga kamu ada dalam ruangan untuk mengobservasi kamu, dan membantu untuk adjusting postur yoga kamu.

Iyengar Yoga

Yoga jenis ini berfokus pada presisi postur dan sangat memperhatikan anatomi tubuh secara detail. Sering kali kamu akan berada di satu pose dalam waktu yang lama, dan biasanya juga akan ada modifikasi postur menggunakan alat bantu (blok dan strap/wallrope). Metode yoga ini sangat sistematis dan biasanya bertujuan untuk meningkatkan kekuatan tubuh, fleksibilitas, dan stabilitas tubuh. Iyengar Yoga juga bisa bermanfaat sebagai terapi untuk kondisi tubuh tertentu.

Yin Yoga

Bila semua yoga di atas kebanyakan adalah latihan secara dinamis, Yin Yoga lebih berfokus kepada latihan yang pasif, di mana kamu berada di satu pose dalam durasi yang lama sekitar 3-5 menit, dan postur yang dilakukan adalah posisi duduk, gentle twist, atau berbaring. Metode yoga ini bisa juga bermanfaat melatih sisi meditatif kamu, selain sangat baik untuk kesehatan karena bertujuan memberikan stretching pada tulang sendi dan juga lapisan jaringan tubuh kamu yang biasa disebut fascia.

manfaat yoga manfaat yoga untuk kesehatan mental manfaat yoga untuk relaxsasi manfaat yoga untuk kesehatan jenis - jenis yoga yoga

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Ternyata, Melakukan Yoga Memberikan Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kamu

Hari kesekian #socialdistancing, apa aktivitas kalian sudah membuat jenuh, konsentrasi mulai menghilang dan merasa resah akan keadaan saat…

Trending On Health