Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | PARENTING | 5 JURUSAN KULIAH INI TERNYATA MEMILIKI PROSPEK KARIR YANG LUAS

5 Jurusan Kuliah Ini Ternyata Memiliki Prospek Karir yang Luas

LS Parenting
Durasi baca: 3 menit, 12 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Jurusan Kuliah Ini Ternyata Memiliki Prospek Karir yang Luas

Terkadang, kita terpaksa memilih jurusan yang dianggap sebagai jurusan yang ‘top’, dan meninggalkan jurusan yang sebenarnya kita minati. Jurusan Teknologi Informasi, Kedokteran, Hukum, Arsitektur, Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Akuntansi sering menjadi favorit karena dianggap memiliki prospek karir yang lebih baik dibandingkan jurusan-jurusan lainnya.

Kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia seringkali menjadi alasan untuk menolak atau menganggap remeh suatu jurusan. Padahal nyatanya, semua jurusan kuliah memiliki prospek karir yang tidak sedikit! Berikut ialah 5 jurusan yang sering dianggap kurang bermanfaat, namun sebenarnya merupakan jurusan-jurusan dengan prospek karir yang luas!

Jurusan kuliah sastra yang katanya susah cari kerjaan

Jika bukan tenaga pengajar, tour guide, penerjemah, dan penulis buku ialah tiga pekerjaan yang sering dianggap menjadi cita-cita para mahasiswa jurusan sastra. Meskipun keempat pekerjaan tersebut dapat menjadi pilihan yang baik, kamu yang memilih jurusan kuliah sastra bisa mendapatkan pekerjaan lainnya lho! Bukannya mustahil jika lulusan sastra diterima menjadi copywriter, karyawan di berbagai bagian marketing, seperti digital marketing serta content marketing. Mengapa demikian? karena yang dipelajari dalam jurusan ini bukanlah sekedar tata penggunaan bahasa, melainkan juga berbagai cara untuk menggunakan bahasa tersebut dengan baik dan semenarik mungkin! Oleh karena itu, cara berkomunikasi dan teknik menulis yang menarik juga dipelajari, dan ilmu yang diperoleh tentunya memberikan para mahasiswa jurusan ini berbagai pilihan karir.

Baca juga: Untuk Si Wanita Karir, Berikut Guide Style Fashion Buat Kamu

Jurusan psikologi yang biasanya bekerja di HRD

Mungkin menjadi seorang psikolog ialah cita-cita beberapa mahasiswa jurusan psikologi, tetapi itu juga bukan satu-satunya pilihan yang ada! Pengetahuan mengenai kondisi mental serta pola pikir berbagai orang yang berbeda dapat menjadi aset yang berharga bagi perusahaan. Sebagian perusahaan mewajibkan calon pelamar sebagai sarjana jurusan psikologi untuk bagian HR (Human Resource) yang bertanggung jawab mengelola sumber daya manusia yang ada, maupun untuk posisi sebagai seorang recruiter yang melaksanakan wawancara kerja.

Jurusan komunikasi yang ternyata banyak peluang karirnya

Nah, mahasiswa jurusan komunikasi (mass maupun marketing communication) mungkin tidak dapat dipisahkan dengan profesi sebagai presenter televisi dan penyiar radio. “Jurusan komunikasi ya? Pintar ngomong, dong!” mungkin merupakan kalimat yang sering didengar oleh lulusan jurusan ini. Namun, yang salah dari kebanyakan orang ialah menganggap bahwa komunikasi hanya berkaitan dengan kata-kata yang keluar dari mulut. Padahal, jurusan kuliah komunikasi juga dapat termasuk tulisan maupun gambar! Lulusan jurusan komunikasi juga dapat bekerja di bagian periklanan perusahaan. Kemampuan yang dipelajari mengenai cara memikirkan konsep yang mampu menyampaikan pesan mengenai produk yang dikehendaki tentunya akan sangat membantu dalam pekerjaan tersebut. Kemungkinan karir lainnya ialah bekerja di bagian marketing, public relation, dan jurnalistik.

Jurusan Manajemen selalu jadi favorit

Jurusan manajemen ialah salah satu jurusan yang paling banyak diambil oleh para mahasiswa. Terdapat orang-orang yang menganggap jurusan manajemen bukanlah suatu jurusan dengan prospek karir yang luas. Padahal, terdapat banyak lowongan bagi lulusan jurusan manajemen. Dalam jurusan kuliah ini, yang dipelajari bukanlah hanya teknik mengelola berbagai sumber daya yang ada (mencakup sumber daya manusia maupun keuangan), tetapi juga berbagai strategi yang dapat diterapkan untuk pemasaran dan mencapai tujuan organisasi.

Jurusan pendidikan yang bukan hanya bisa jadi guru

Kata ‘guru’ muncul lagi! Banyak yang berpikiran “Nama jurusannya saja pendidikan, kerja apa lagi kalau bukan sebagai pendidik?”. Meskipun ilmu-ilmu pendidikan yang diperoleh dapat digunakan dengan maksimal sebagai tenaga pendidik, itu bukan satu-satunya pilihan yang ada. Ilmu yang diperoleh juga dapat dimanfaatkan sebagai seorang konselor pendidikan, misalnya. Menjadi seorang penulis juga merupakan salah satu jalur karir yang dapat ditempuh seseorang dengan sarjana pendidikan! Kolumnis bagian pendidikan dapat menjadi pertimbangan bagi lulusan jurusan pendidikan yang gemar menulis. Jika lebih suka menyalurkan pendapat kepada orang banyak, penyiar radio juga tidak berada di luar kemungkinan.

Pekerjaan seseorang tidak harus selalu sepenuhnya terikat oleh jenis pendidikan yang ditempuh, dan suatu jurusan tidak hanya memiliki satu atau dua pilihan karir. Seiring perkembangan zaman, berbagai posisi pekerjaanpun meningkat, dan kalian dapat bekerja sebagai apapun selagi memiliki kemauan serta keterampilannya. Oleh sebab itu, pilihlah jurusan kuliah yang kamu sukai dan kejarlah mimpimu!

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

 

Jurusan Kuliah Terfavorit Jurusan Paling Banyak Diminati Jurusan Komunikasi Jurusan Manajemen

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting