Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | 5 KESALAHAN PAKAI SKINCARE YANG BIKIN KULIT MAKIN JERAWATAN

5 Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Kulit Makin Jerawatan

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 2 menit, 44 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Kulit Makin Jerawatan 

Jerawat menjadi permasalah kulit yang paling dikeluhkan dan tidak disukai wanita. Penggunaan produk perawatan kulit atau skincare sering kali diandalkan untuk mengatasi permasalahan jerawat. 

Pemakaian skincare terbukti dapat membantu menghilangkan jerawat, merawat dan menutrisi kulit, serta membuat kulit tampak cerah. Anehnya, meski sudah memakai skincare, jerawat masih saja muncul. 

Penyebabnya bisa jadi kesalahan dalam mengaplikasikan skincare. Kesalahan ini kerap dilakukan tanpa disadari yang membuat kulit makin berjerawat. Nah, agar kulit tidak makin berjerawat, berikut ini kesalahan pemakaian skincare yang perlu dihindari sekaligus tips menghilangkan jerawat. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Dia Panduan Pemakaian Skincare

Tidak Membilas dengan Bersih 

Membersihkan wajah merupakan rutinitas penting dan wajib dalam perawatan kulit. Hal ini dapat membuat wajah terhindar dari penyumbatan pori-pori akibat debu, kotoran, dan residu makeup yang masih menempel. Pori-pori wajah yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat. 

Sayangnya, masih banyak kesalahan yang dilakukan ketika membersihkan wajah. Bilas wajah hingga bersih saat mencuci wajah. Bersihkan bagian-bagian wajah yang sulit dijangkau dengan teliti seperti pangkal dahi dekat garis rambut, sudut hidung, bawah dagu, serta leher.

Pastikan tidak ada busa yang menempel di wajah. Sebab, busa tersebut dapat masuk ke pori-pori yang dapat memunculkan jerawat baru, bahkan semakin banyak. 

Melewatkan Sunscreen 

Pemakaian sunscreen sangat penting, terlebih saat menjalani perawatan kulit. Sunscreen tidak hanya melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari, tapi juga merawat kulit berjerawat. Sayangnya, kita sering kali melewatkan pemakaian sunscreen

Padahal, paparan sinar UV yang terus-menerus dapat membuat kulit kusam, muncul jerawat dan flek hitam, kulit yang berjerawat makin berjerawat, warna kulit tidak merata, penuaan dini, dan parahnya kanker kulit. Dengan memakai sunscreen, semua efek buruk itu bisa dicegah. Gunakan sunscreen baik di dalam maupun luar ruangan dengan minimal SPF 30. 

Pakai Berlebihan 

Kesalahan ini sering kali dilakukan lantaran persepsi yang keliru. Dengan mengaplikasikan skincare lebih banyak dan kadar yang tinggi, dapat mempercepat efek atau proses penyembuhan jerawat. 

Padahal, pemakaian skincare berlebihan dan kadar tinggi justru dapat membuat wajah iritasi serta kulit semakin berjerawat. Sebaiknya, gunakan produk skincare secukupnya dan pilih kandungan yang rendah terlebih dulu demi menghindari risiko timbulnya jerawat. 

Salah Pilih Skincare 

Tips menghilangkan jerawat selanjutnya adalah mengetahui produk yang digunakan beserta kandungan didalamnya. Misalnya, kulit berjerawat. Kulit berjerawat merupakan jenis kulit berminyak. Jenis kulit berminyak cenderung mudah berjerawat. 

Namun, banyak pemilik kulit berminyak yang keliru memilih produk skincare untuk kulit kering dengan alasan dapat mengurangi produksi minyak di wajah. Padahal, hal itu salah. Sebab, skincare kulit kering bertujuan menambahkan minyak agar kulit terhidrasi dan lembap. 

Sementara kulit berminyak membutuhkan skincare yang dapat mengontrol produksi sebum berlebih. Akibatnya, kulit semakin berminyak yang akhirnya membuat jerawat tidak teratasi, bahkan lebih banyak. 

Baca juga: Acne Patch Atau Pimple Patch Terbaik Untuk Kulit Remaja

Menggunakan Banyak Skincare 

Permasalahan jerawat sering kali membuat banyak orang stres dan memilih menggunakan banyak produk agar jerawat segera hilang. Padahal, belum tentu semua skincare untuk mengatasi jerawat cocok di kulit. Belum lagi, beberapa kandungan skincare tertentu tidak boleh digunakan secara bersamaan. 

Akibatnya, wajah makin jerawatan. Tips menghilangkan jerawat adalah cukup memilih dua produk skincare saja untuk kulit jerawat. Misalnya, facial cleanser dan toner atau facial cleanser dan serum. 

Kemudian, pilih toner atau serum yang berkhasiat menghilangkan noda hitam dan mencerahkan wajah. Jadi, kamu tidak hanya fokus menghilangkan jerawat, tapi juga noda hitam dan bekas jerawat sehingga wajah kembali cerah serta bebas jerawat. Pastikan kandungan skincare boleh digunakan bersamaan atau layering

Tips menghilangkan jerawat Kesalahan memakai skincare Urutan memakai skincare

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty