?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » 5 MAKANAN YANG SEBENARNYA DAPAT MEMBANTUMU MENCEGAH RAMBUT BERUBAN

5 Makanan yang Sebenarnya Dapat Membantumu Mencegah Rambut Beruban

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 33 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Makanan yang Sebenarnya Dapat Membantumu Mencegah Rambut Beruban

Beruban adalah bagian yang tak terhindarkan dari ciri-ciri penuaan dan semua orang pasti akan mengalaminya, bahkan di usia muda. Banyak hal yang menjadi faktor membuat rambutmu beruban. Merokok dan stress berkontribusi terhadap penuaan diri dan juga nutrisi memainkan peran penting dalam pertumbuhan uban di rambutmu. Kekurangan nutrisi tertentu malah membuat rambutmu cenderung berubah ke warna abu-abu. Jadi, lengkapi makananmu dengan makanan tinggi vitamin tertentu karena dapat menjaga warna alami rambutmu lebih lama. Dan di bawah ini ternyata ada 5 makanan yang sebenarnya dapat membantumu mencegah rambut beruban, coba cek di bawah Ladies!

1. Kacang-kacangan

kacang-kacangan
sumber: news.umsnitoba.ca

 

Kekurangan vitamin B9 (atau yang disebut dengan asam folat), dapat menyebabkan rambut menjadi beruban lebih cepat dari yang seharusnya. B9 penting untuk memproduksi metionin, asam amino yang penting untuk warna rambut, dan juga membantu produksi DNA dan RNA. Kacang-kacangan adalah sumber yang baik untuk B9 dan buncis yang juga mengandung beberapa konsentrasi B9 tertinggi. Jadi, coba jadikan kacang-kacangan untuk makan siangmu, Ladies!

Baca juga: Yuk Cek Bahan Makanan Yang Bikin Jerawatan

2. Ikan Salmon

ikan salmon
sumber: pccmarkets.com

 

Kita terkadang menggunakan minyak ikan untuk rambut yang lebih bersinar dan kuat, tetapi minyak ikan juga dapat membantu menjaga warna rambut alami kita. Perubahan kadar hormone dapat memacu penuaan diri dan ikan salmon mengandung selenium, mineral penting yang membantu mengatur produksi hormon. Kekuarangan vitamin D telah dikaitkan dengan pertumbuhan uban yang terlalu cepat, ikan salmon dan ikan berlemak lainnya memberikan dosis yang sehat, serta nutrisi penting lainnya seperti omega 3 dan protein yang baik untuk tubuhmu.

3. Miso

miso soup
sumber: pinterest.com

 

Miso atau sup kedelai Jepan telah lama digunakan orang-orang Jepang untuk menjaga rambut mereka tetap berkilau, sehat, dan gelap. Terbuat dari kedelai fermentasi, miso kaya akan enzim hidup. Tidak hanya baik untuk ususmu, makanan yang difermentasi secara umum, seperti acar, asinan kubis, atau kimchi, diketahui bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan uban terlalu dini.

4. Rumput laut

rumput laut
sumber: thehealthy.com

 

Baca juga: Perhatikan Cara Pemilihan Sisir Yang Tepat Sesuai Jenis Rambut


Rahasia kecantikan orang Jepang lainnya adalah dengan mengonsumsi rumput laut untuk membantu menjaga rambut agar tetap berwarna gelap. Sebagai sumber kolagen vegan, rumput laut membantu meningkatkan kesehatan rambut secara alami. Beberapa rumput laut, serta tanaman laut lainnya, juga kaya akan seng, vitamin A dan C, dan beta-karoten, yang dikenal untuk merangsang pertumbuhan dan produksi rambut.

5. Hati ayam atau hati sapi

hati ayam atau hati sapi
sumber: holeinoneranch.com

 

Ini mungkin terdengar mengerikan, tetapi mengonsumsi hati sebenarnya menempati urutan teratas daftar makanan yang membantu mencegah rambut beruban. Hati kaya akan sejumlah nutrisi yang membantu menjaga rambut tetap sehat dan berpigmen, termasuk vitamin B12, tembaga, zat besi, dan vitamin B9. B12 membantu dalam produksi DNA dan RNA dan bekerja dengan asam folat untuk menghasilkan sel darah merah, semuanya penting untuk menjaga kesehatan rambut. Seiring bertambahnya usia, kemampuan kita untuk menyerap vitamin B12 dari makanan menurun dan kekurangan vitamin B12 adalah penyebab utama untuk pertumbuhan uban di usia dini. Kadar zat besi dan tembaga yang rendah juga dikaitkan dengan pertumbuhan uban yang cepat dan kadar asam folat yang rendah dikaitkan dengan defisiensi melanin, yang menyebabkan rambut kehilangan warna.

Beberapa makanan akan membantumu mencegah rambut beruban karena usia, oleh karena itu kamu harus lebih sering mengonsumsi 5 makanan di atas agar terhindar dari penuaan dini, Ladies!

Baca juga: Hindari! 6 Makanan Ini Untuk Mencegah Bau Badan

health makanan rambut beruban mencegah rambut beruban makanan yang mencegah rambut beruban

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH