LADIESTORY.ID | PARENTING | 5 MANFAAT DAN KHASIAT LEMON UNTUK KESEHATAN SI KECIL YANG TIDAK BOLEH DIABAIKAN

5 Manfaat dan Khasiat Lemon untuk Kesehatan Si Kecil yang Tidak Boleh Diabaikan

LS Parenting
Durasi baca: 1 menit, 39 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Manfaat dan Khasiat Lemon untuk Kesehatan Si Kecil yang Tidak Boleh Diabaikan

Meski rasa asam, lemon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat itu tak hanya baik bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Sayangnya, banyak dari orang tua yang khawatir memberikan lemon untuk dikonsumsi sang buah hati mereka. 

Selain karena rasanya yang asam, kandungan asam askorbat dalam lemon dapat membuat kondisi gigi dan gusi anak menjadi sensitif serta rusak. Karena itu, disarankan memberikan lemon saat anak berusia satu tahun dan sudah diolah. Nah, berikut ini manfaat lemon untuk kesehatan anak yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Meredakan Flu dan Batuk 

Sejak 2008, Lembaga Pengawasan Obat dan Makanan di Amerika atau Food and Drug Administration (FDA) mulai melarang penggunaan obat batuk non resep untuk anak dibawah umur dua tahun, kecuali atas anjuran dokter. Sebagai alternatif, mama dapat menjadikan lemon untuk mengobati batuk dan pilek pada si kecil. Mama bisa mencampurkan perasan air lemon dengan air hangat serta madu. 

Baca juga: 5 Manfaat Traveling untuk Kesehatan dan Kehidupan

Mengatasi Gangguan Pencernaan 

Gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare kerap dialami balita. Lemon ternyata dapat mengatasi gangguan pencernaan lantaran rasa asam lemon memiliki sifat antelmintik yang dapat membunuh cacing usus sehingga meningkatkan fungsi pencernaan

Bunda bisa berikan jus lemon jika si kecil mengalami dispepsia dan sembelit. Untuk memanfaatkannya, mama dapat membuat jus lemon. Campurkan air hangat dan madu agar tidak begitu asam. Berikan sekitar 30-50 mililiter jus lemon pada anak. 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Lemon kaya akan vitamin C. Seperti diketahui vitamin C memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imunitas yang kuat dapat mencegah anak dari berbagai penyakit serta infeksi. 

Menghidrasi dan Menjaga Kulit

Selain kaya vitamin C, lemon juga mengandung mineral yang tinggi. Tak heran, bila buah berwarna kuning ini mampu menghidrasi dan menjaga kesehatan kulit. Bahkan lemon juga dapat mencerahkan kulit anak. 

Mengobati Tonsilitis 

Tonsilitis adalah kondisi pembengkakan pada amandel. Bengkaknya amandel tentu membuat anak kesulitan menelan dan makan. Untuk mengatasinya, mama dapat memberikan perasan air lemon yang sudah dicampur air hangat dan madu. Berikan satu hingga dua sendok makan pada anak. 

Manfaat lemon Khasiat lemon Manfaat lemon untuk anak Cara diet dengan lemon Menceegah radikal bebas

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting