?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | 5 MANFAAT SIWAK UNTUK KESEHATAN GIGI

5 Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 20 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi

Rata-rata Biasanya kebanyakan orang membersihkan gigi menggunakan sikat dan pasta gigi.Siwak terbuat dari ranting atau akar pohon Salvadora persica dengan menggabungkan fungsi sikat dan pasta gigi. Dan menurut beberapa penelitian memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mulut dan gigi.

Sekilas Tentang Siwak

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat siwak, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu sekilas informasi tentang siwak. Jika melihat definisi, sejatinya siwak atau yang dalam bahasa Arab disebut dengan miswak adalah sebuah ranting, atau batang pohon yang berukuran kecil dan berwarna coklat muda. Siwak sendiri, seperti yang sudah disinggung sebelumnya merupakan salah satu alat untuk membersihkan mulut dan gigi, yang sudah ada dan digunakan sejak lama, tepatnya sejak awal zaman peradaban Yunani, Arab dan Romawi Kuno.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Ikan Untuk Kesehatan Saat Pandemi

Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi

Menurunkan Risiko Kerusakan Gigi

Manfaat siwak yang pertama adalah dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan gigi. Kandungan fluoride yang dimiliki siwak dapat mencegah kerusakan gigi. Selain itu, kandungan natrium klorida, kalsium oksida dan natrium bikarbonat yang terdapat dalam siwak juga berguna untuk menguatkan enamel gigi. Pasalnya, kerusakan gigi dapat terjadi karena dipicu oleh bakteri yang ada di dalam rongga mulut. Yang mana, bakteri itu menggunakan gula dan pati yang ada di dalam makanan untuk menghasilkan asam, yang mampu merusak dan menghilangkan enamel gigi.

Menyegarkan Napas

Manfaat siwak yang berikutnya adalah dapat menyegarkan napas. Hal tersebut dikarenakan, siwak memiliki senyawa aromatik yang dapat menguap dengan mudah secara alami. Sehingga, kamu akan merasa mulut lebih bersih dan segar, layaknya menggunakan obat kumur setelah bersiwak.

Melindungi Gusi dari Risiko Radang

Selain dua manfaat di atas, siwak juga memiliki manfaat untuk melindungi gusi dari risiko radang. Seperti yang diketahui, radang gusi atau gingivitis dapat terjadi akibat bakteri yang tumbuh di sela-sela gigi dan gusi. Dengan membersihkan gigi secara rutin menggunakan siwak, maka gigi dapat terhindar dari segala risiko terjadinya radang gusi atau gingivitis. Tidak hanya itu, kandungan tannic acid dan trimethylamine yang terdapat dalam siwak juga mampu mencegah dan mengobati masalah atau gangguan gusi.

Mencegah Timbulnya Karang dan Plak Gigi

Manfaat siwak yang satu ini bisa kamu rasakan, apabila kamu menggunakanya secara rutin. Karena pada dasarnya, plak gigi terbentuk dari menumpuknya sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan dan sela-sela gigi. Karena, siwak memiliki kandungan silika yang dapat mencegah pembentukan plak gigi dan menghilangkan noda gigi secara efektif.

Menjaga Kekuatan Gigi dan Mencegahnya Berlubang

Manfaat siwak yang bisa kamu rasakan selanjutnya, yaitu siwak dapat menjaga kekuatan gigi dan mencegahnya dari risiko berlubang. Pasalnya, siwak mampu menghambat terjadinya pengeroposan gigi, sehingga gigi dapat terjaga kekuatannya. Kemudian, siwak juga juga dapat mencegah gigi berlubang karena memiliki kandungan essential oil. Untuk bisa mendapatkan kandungan tersebut, kamu cukup mengunyah siwak terlebih dahulu untuk merangsang produksi air liur dalam mulut. Sebab, air liur yang dihasilkan dari mengunyah siwak berguna untuk menyeimbangkan pH di dalam mulut. Dengan begitu, maka bakteri penyebab gigi berlubang dapat diminimalisir.

Baca juga: Tips Cara Memakai Softlens yang Benar Untuk Kesehatan Mata


Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi Siwak Untuk Kesehatan Gigi Siwak

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health