Ladiestory.id » Health » 5 Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Faktor Makanan

5 Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Faktor Makanan

Selasa, 09 Juli 2019 | 08:04:40
Durasi baca: 2 menit, 39 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Faktor Makanan

DokterSehat.Com – Kolesterol tinggi erat kaitannya dengan pola makan tidak sehat. Faktanya, masalah kesehatan yang bisa berujung terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah ini memang banyak pemicunya. Ketahui dulu secara pasti apa saja penyebab kolesterol tinggi.

Penyebab kolesterol tinggi selain makanan

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak jahat, makanan bersantan, hingga daging-dagingan memang bisa meningkatkan risiko terkena masalah kolesterol tinggi yang berbahaya. Mengingat penyakit ini bisa berujung pada kematian dini, kita pun harus benar-benar menghindarinya.

Baca juga: Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Nggak Dimasak Secara Benar

Masalahnya adalah ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan kenaikan kadar kolesterol darah. Berikut adalah berbagai penyebab kolesterol tinggi selain faktor makanan:

  1. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas memang dikenal luas sebagai penyebab utama berbagai macam penyakit kronis yang berbahaya. Selain kolesterol tinggi, cukup banyak kasus diabetes, hipertensi, hingga masalah kardiovaskular lainnya yang ternyata juga bisa disebabkan oleh kondisi ini.

Baca juga: Resto Makanan Indonesia Terbaru Bergaya Jepang-Prancis Modern di Bali

Khusus untuk masalah kelebihan berat badan, hal ini memang bisa saja terkait dengan pola makan yang buruk, khususnya yang tinggi lemak jahat dan kalori sehingga tak hanya membuat berat badan naik, namun juga memicu kelebihan kadar kolesterol jahat yang berbahaya.

Melihat fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu menjaga pola makan yang sehat, khususnya dalam hal memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan demi menjaga berat badan tetap ideal demi mencegah masalah kolesterol tinggi. Jika memang berat badan sudah berlebihan, tak ada salahnya menerapkan diet sehat untuk menurunkannya.

Baca juga: Sering Dijadikan Makanan Untuk Diet, Ternyata Makanan Ini Sebenarnya Buruk Bagi Tubuh

  1. Kurang olahraga

Gaya hidup masyarakat modern membuat semakin banyak orang yang kurang bergerak. Sebagai contoh, duduk bekerja di depan komputer seharian, menonton televisi dalam waktu yang lama, hingga kebiasaan menggunakan sepeda motor atau kendaran pribadi lainnya membuat kita menjadi lebih jarang berolahraga. Masalahnya adalah hal ini bisa memicu datangnya berbagai macam masalah kesehatan.

Tak hanya berat badan yang naik dengan signifikan, kurang gerak juga akan meningkatkan risiko terkena masalah kolesterol tinggi dengan drastis. Karena alasan inilah sebaiknya kita mulai lebih aktif demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini.

  1. Sering stres atau memiliki beban pikiran

Jangan salah, stres bisa berakibat terhadap berbagai masalah kesehatan fisik yang serius. Apabila terjadi peradangan di dalam tubuh akibat hal ini, maka proses peningkatan kadar kolesterol jahat pun akhirnya meningkat dengan signifikan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan gaya hidup sehat demi mengatasi stres yang sedang dialami. Sebagi contoh, kita bisa berwisata atau setidaknya pergi ke tempat dengan alam terbuka demi membuat pikiran menjadi lebih segar dan tenang. Selain itu, kita juga bisa mulai terbiasa berolahraga, melakukan latihan pernapasan, meditasi, atau yoga demi mengatasinya.

Baca juga: 14 Keunikan Makanan yang SangatMengesankan di Dunia, Amazing!

  1. Hobi merokok

Tingginya jumlah perokok di Indonesia ikut berperan dalam tingginya kasus kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskular di Tanah Air. Hal ini disebabkan oleh keberadaan racun di dalam asap rokok yang bisa merusak pembuluh darah dan meningkatkan kadar kolesterol jahat dengan drastis.

Selain merokok, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa menyebabkan dampak yang sama. Hanya saja, efeknya memang tidak akan separah sebagaimana asap rokok. Meskipun begitu, jika kita rutin meminumnya dalam jumlah yang banyak, akan bisa merusak organ-organ dalam tubuh.

  1. Memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi

Jika kita memiliki riwayat keluarga dengan masalah kolesterol tinggi, seperti ayah dan ibu kita, misalnya, maka risiko untuk terkena masalah kesehatan yang sama akan meningkat. Karena alasan inilah sebaiknya kita menjaga gaya hidup sehat setiap hari demi menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Baca juga: Bukannya Unik, 7 Cara Penyajian Makanan Ini Malah Terlihat Aneh

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH