Ladiestory.id » Health » 5 Pilihan Makanan Penyubur Kehamilan, Ada Susu hingga Ikan

5 Pilihan Makanan Penyubur Kehamilan, Ada Susu hingga Ikan

Kamis, 22 Agustus 2019 | 07:30:00
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Pilihan Makanan Penyubur Kehamilan, Ada Susu hingga Ikan

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda yang ingin  hamil dalam waktu dekat, ada baiknya menerapkan pola hidup sehat sejak awal. Salah satunya mengonsumsi makanan penyubur kehamilan. Sejumlah makanan ini juga harus dikonsumsi sesuai porsi yang disarankan agar tidak kebablasan.

Dan harus diingat juga bahwa menyantap makanan tersebut bukan berarti Anda otomatis akan cepat hamil. Menurut penelitian dari  Harvard School of Public Health  dan  Harvard Medical School , yang dimaksud dengan makanan penyubur kandungan adalah jenis makanan yang memiliki efek positif terhadap kesuburan perempuan.

Baca juga: Ternyata 4 Jenis Makanan Ini yang Bikin Perut Kamu Buncit!

Berikut ini lima makanan penyubur kehamilan yang juga menyuplai gizi saat Anda menjalani kehamilan nanti.

1. Karbohidrat kompleks

Mengonsumsi karbohidrat kompleks sebagai pengganti karbohidrat sederhana, memiliki efek positif terhadap kesuburan.

Jagung, roti gandum utuh,  oatmeal , beras merah, dan kentang merupakan contoh dari karbohidrat kompleks. Sementara contoh karbohidrat sederhana meliputi nasi putih, roti putih dan pasta putih.

Baca juga: Jangan Buru-Buru Sikat Gigi Usai Santap Makanan Ini, Cek Faktanya

Konsumsi berlebih dari karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Kondisi ini kemudian dapat memengaruhi hormon reproduksi dan mengganggu siklus menstruasi.

Sedangkan karbohidrat kompleks butuh waktu lebih lama untuk dicerna. Oleh karena itu, jenis karbohidrat ini tidak mengakibatkan peningkatan signifikan pada kadar gula darah. 

Baca juga: Jaga Tubuh Tetap Sehat, Kamu Wajib Konsumsi Deretan Makanan yang Kaya Vitamin B12 Ini

Karbohidrat kompleks berupa biji-bijian yang masih memiliki kulit ari, juga mengandung asam folat cukup tinggi. Asam folat berpengaruh positif terhadap kesuburan dan merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk mencegah kecacatan pada janin, sehingga baik sebagai makanan penyubur kandungan.

2. Daging tanpa lemak

Aneka daging tanpa lemak adalah sumber protein dan zat besi yang baik bagi Anda yang berencana hamil.

Protein adalah nutrisi yang berperan penting dalam proses pembentukan tulang, otot dan sel-sel tubuh lainnya. Sedangkan asupan zat besi yang cukup sangat penting bagi perempuan untuk mencegah anemia semasa hamil. Inilah kenapa bahan pangan ini termasuk sebagai salah satu makanan penyubur kandungan.

Usahakan dapat mengonsumsi hingga dua porsi daging tanpa lemak setiap harinya. Anda boleh memilih antara daging sapi, daging ayam, daging kalkun, dan daging babi.

Baca juga: Aneka Resep Olahan Makanan dari Ubi Jalar

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi satu porsi protein hewani dan satu porsi protein nabati yang berasal dari tahu dan tempe dalam satu hari.

Selanjutnya produk susu

3. Produk susu

Sebagai makanan penyubur kandungan, susu mengandung banyak kalsium dan zat-zat bergizi lain yang sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan organ reproduksi.

Asupan kalsium yang disarankan adalah 1.000 mg per hari. Jumlah ini mesti dipertahankan sepanjang kehamilan karena kalsium juga penting bagi perkembangan tulang dan gigi janin.

Kalau tidak terlalu suka minum susu, asupan kalsium juga bisa Anda dapatkan dari produk turunan susu. Misalnya, yogurt dan keju.

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Agar Janin Sehat

Anda pun bisa memilih tofu, kacang kedelai, edamame, ikan teri, dan sayuran berdaun hijau tua sebagai alternatif untuk sumber kalsium. 

ilustrasi ikan tuna (pixabay.com)

4. Ikan yang mengandung asam lemak omega 3

Asam lemak omega-3 banyak terdapat di dalam jenis ikan. Mulai dari salmon, tuna, ikan kembung, hingga ikan  herring . Omega-3 sangat penting bagi perkembangan otak. Jika berencana hamil, Anda sebaiknya memperbanyak asupan asam lemak ini demi perkembangan otak janin di masa kehamilan nanti. 

Bila Anda bukan penggemar ikan , Anda bisa memenuhi asupan omega-3 dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Contohnya, kacang kenari, biji labu, flaxseed, serta telur yang telah diperkaya omega-3.

Baca juga: Makanan yang Jatuh Belum Lima Menit Masih Amankah Dimakan?

5. Kerang dan tiram

Kerang dan tiram dipercaya sebagai penambah gairah seksual dan makanan penyubur kandungan. Kedua makanan ini mengandung banyak zinc yang bermanfaat bagi fertilitas.

Meski makanan penyubur kandungan di atas baik untuk kesehatan, bukan berarti Anda boleh melahapnya dengan bebas.  Anda sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsi makanan laut, seperti ikan, kerang, maupun tiram. Ada kekhawatiran bahwa makanan-makanan laut ini mengandung banyak polutan laut yang berbahaya. 

Porsi yang tepat dan seimbang pun diperlukan agar manfaat makanan penyubur kandungan bisa optimal. Untuk menentukan porsi ini, Anda perlu mendiskusikannya dengan dokter. Pasalnya, tiap perempuan memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Karena itu, porsi dan pola makanan penyubur kandungan yang dibutuhkan pun akan berlainan.

SEHATQ

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH

RECOMMENDATION FOR YOU

End of content

No more pages to load

End of content

No more pages to load