?>
LADIESTORY.ID | PARENTING | 5 POLA ASUH ORANG TUA DI JEPANG YANG PATUT DIJADIKAN PANUTAN

5 Pola Asuh Orang Tua Di Jepang Yang Patut Dijadikan Panutan

LS Parenting
Durasi baca: 2 menit, 24 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Pola Asuh Orang Tua Di Jepang Yang Patut Dijadikan Panutan

Berbeda dengan di negara-negara barat, hubungan antara ibu dan anak di Jepang terkenal begitu dekat. Bahkan ada yang orang tua di Jepang sangat mengutamakan kedekatan fisik dengan anak-anaknya. Uniknya mereka nggak mudah memberikan pelukan pada anak-anak mereka. Mereka percaya bahwa hal tersebut bisa membuat sang anak lebih mandiri, kuat dan disiplin.

Di samping memberikan afeksi dengan kontak fisik, orang tua di Jepang mengharuskan anak-anaknya mandiri. Nggak heran banyak anak-anak di Jepang pergi ke sekolah sendirian meski harus naik bis kota atau kereta api dengan jarak yang cukup jauh. Dengan membiarkannya mandiri anak akan banyak belajar sendiri soal kehidupan sosial, toleransi dan menghargai serta memperlakukan orang lain secara setara. Tentu saja pola asuh membiarkan anak pergi sendirian ini berkaitan dengan kepercayaan orang tua pada sistem keamanan negara. Seperti kita tahu, negara Jepang punya tingkat kriminalitas yang rendah dan cenderung aman bagi anak-anak.

Selanjutnya adalah poin yang paling membedakan pola asuh di Jepang dan di negara-negara lain. Di negara lain, termasuk di Indonesia para orang tua saling membicarakan anak mereka. Sebut saja membanggakan prestasi, membicarakan perilaku nakal anaknya sampai curhat soal masalah kesehatan. Nah orang tua di Jepang justru sebaliknya. Mereka nggak pernah mau membicarakan soal kehidupan anaknya pada orang lain.

Baca juga: Mencoba Produk Skincare Jepang Yang Pasti Bikin Wajah Kamu Mulus

Mereka cenderung merahasiakan kehidupan pribadinya, termasuk kehidupan sang anak. Umumnya ibu-ibu Jepang hanya memberitahukan hal yang mendasar seperti anaknya ikut klub basket atau berkuliah di salah satu Universitas. Sebenarnya kerahasiaan ini berkaitan dengan persaingan mengasuh anak di antara orang tua. Para orang tua sering menekan anaknya untuk sukses dan masuk ke universitas terbaik demi masa depan yang cemerlang.

5 Pola Asuh Orang Tua Di Jepang Yang Patut Dijadikan Panutan

  • Orang Tua Di Jepang Selalu Bercerita Tentang Legenda Nenek Moyang Secara Turun Menurun
  • Orang Tua Di Jepang Sangat Peduli Dengan Budaya
  • Orang tua Di Jepang Selalu Memberikan Contoh Baik Bagi Anak-anak Mereka dan Berperilaku Bebagai Panutan
  • Orang tua Di Jepang Sangat Menjaga Privasi Anak Kepada Orang Lain
  • Orang tua Di Jepang Selalu Menekankan Pada Anak Bahwa Mereka Harus Mandiri

Orang tua di Jepang selalu berusaha memperlihatkan pada anak-anak mereka sifat-sifat baik untuk ditiru. Meski begitu mereka nggak akan membiarkan anak-anaknya berusaha sendiri, mereka akan memberikan contoh sekali agar sang anak bisa mengerti dan menyadari bahwa orang tuanya adalah panutan.

Selanjutnya, orang tua di Jepang mendidik anaknya untuk percaya bahwa keluarga adalah hal yang paling penting dalam hidup. Jika orang tua sibuk bekerja, mereka akan lebih memilih mempercayakan anaknya pada kakek atau nenek untuk mengurusinya. Orang tua di Jepang sangat menghindari menggunakan pengasuh anak meski mereka sibuk bekerja. Nggak heran, setiap kita menonton film Jepang kita selalu melihat bahwa orang Jepang punya kultur keluarga yang harmonis, dekat dan hangat. Semoga pola asuh para orang tua di Jepang ini bisa di contoh oleh para orang tua di Indonesia, agar kelak tercipta generasi penerus bangsa yang tidak hanya pintar namun juga bisa bermanfaat untuk dirinya dan orang lain. 

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

 

 

dunia parenting cara mendidik anak ala orang jepang jepang ilmu parenting

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting