Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | 5 POSE YOGA UNTUK MENENANGKAN PIKIRAN YANG BISA DICOBA DI RUMAH

5 Pose Yoga untuk Menenangkan Pikiran yang Bisa Dicoba di Rumah

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 22 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Pose Yoga untuk Menenangkan Pikiran yang Bisa Dicoba di Rumah 

Stres akan selalu ada dalam kehidupan. Kondisi ini sulit dihindari, tapi setidaknya kamu bisa mengendalikan atau mengurangi tingkat stres tersebut. Beruntung, ada berbagai cara mengatasi stres, salah satunya dengan melakukan yoga. 

Yoga dikenal sebagai olahraga holistik yang menggabungkan latihan fisik dengan meditasi sehingga membantu menjaga tubuh dan mental tetap sehat. Yoga juga terbukti ampuh mengurangi rasa cemas dan stres dengan melatih pikiran agar tetap tenang serta berpikir positif. 

Gerakan-gerakan pada yoga menekankan pada ketenangan yang berkepanjangan sehingga membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Nah, berikut ini lima pose yoga terbaik yang dapat membantu menenangkan pikiran dilansir dari Health Shots. 

Baca juga: Dari Yoga hingga Berhubungan Seks, Kebiasaan Ini Bikin Awet Muda dan Makin Sehat

The Corpse Pose 

Pose yoga ini sangat mudah dipraktikan dan memberi ketenangan lebih. Kamu cukup berbaring di matras layaknya posisi tidur. Ambil posisi telentang dengan kedua kaki dalam posisi terbuka selebar bahu dan lengan melebar beberapa sentimeter dari tubuh. 

Tutup mata dan biarkan tubuh serta otot rileks, lalu mulailah fokus pada pernapasan. Ambil napas dalam-dalam serta hembuskan napas secara perlahan. Rasakan ketenangan secara perlahan. Tetap fokus dalam pose ini selama lima menit. 

Child Pose 

Disebut child pose lantaran gerakan yoga ini menyerupai posisi janin atau bayi. Ambil posisi duduk berlutut di matras, lalu bungkukkan badan perlahan sambil merentangkan tangan lurus ke depan. Pastikan dada di atas lutut dan kepala menempel di matras. 

Rilekskan kaki, perut, pundak, juga kepala sambil menarik napas dalam-dalam dan membuangnya secara perlahan. Tetap dalam pose ini selama lima tarikan napas. Setelah itu, tegakkan badan, lalu ulangi lagi sebanyak tiga kali. 

Bridge Pose 

Bridge pose merupakan salah satu pose yoga terbaik yang tidak hanya membantu mengatasi kelelahan dan kecemasan, tapi juga melawan sakit kepala, punggung, insomnia, dan banyak lagi.

 

Untuk mencobanya, ambil posisi telentang dengan kedua kaki terbuka dan kedua lengan terletak lurus di sebelah tubuh. Kemudian tekuk lutut selebar pinggul dan angkat pinggul dengan cara menekan bahu serta lengan. 

Baca juga: Sage Essential Oil Aromaterapi Baru Yang Membuat Pikiran Relax

Tahan pose selama empat sampai enam tarikan napas dalam-dalam dan menghembuskannya kembali secara perlahan. Setelah selesai, letakkan kembali punggung di matras. 

Cat Pose 

Pose yoga yang baik untuk memijat tulang belakang, meregangkan punggung bawah, juga menenangkan pikiran dengan menghilangkan stres. Caranya, ambil posisi merangkak atau layaknya seekor kucing di matras. 

Posisi tangan dan paha tegak lurus serta kepala mendongak ke atas. Tarik napas dan buang secara perlahan. Turunkan kepala ke arah matras, tapi jangan letakkan dagu di dada. 

Standing Forward Pose

Baca juga: Tanpa Operasi, 5 Gerakan Yoga Wajah untuk Mengencangkan Kulit

Pose yoga terbaik ini sangat efektif meregangkan otot paha, pinggul, dan urat-urat di lutut. Selain itu, mengatasi kelelahan, stres, bahkan gejala depresi ringan. Ambil posisi berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Bungkukan badan sampai telapak tangan terletak di lantai serta kepala menghadap ke lutut. 

Rilekskan semua tubuh dan otot. Ambil napas dan keluarkan secara perlahan. Tahan pose lima hingga enam kali mengambil napas. Lepaskan pose sambil menarik napas saat kembali ke posisi berdiri. 

Pose yoga terbaik Pose yoga pemula Pose yoga terbaik

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health