LADIESTORY.ID | HEALTH | 5 TES KESEHATAN PRANIKAH UNTUK WANITA

5 Tes Kesehatan Pranikah Untuk Wanita

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 18 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Tes Kesehatan Pranikah Untuk Wanita

Tubuh wanita memiliki sistem yang lebih kompleks dibandingkan cowok. Hal ini menjadi alasan kenapa di tahap usia berapapun, wanita rentan terserang masalah kesehatan, seperti masalah hormon, penglihatan, kanker payudara, kanker rahim, hingga osteoporosis. Di mana beberapa gangguan ini diam-diam merusak tubuh tanpa menimbulkan gejala yang berarti.

Meskipun saat ini kamu merasa sehat dan nggak ada keluhan, tes kesehatan rutin akan membantu memastikan tubuhmu tetap dalam kondisi sehat. Ini dia tes kesehatan bagi wanita usia 20an. Semoga bisa mencerahkan kebingunganmu, ya!

Tes Tekanan Darah

Baca juga: Sosok Wanita Paling Mandiri Menurut Zodiak

Tes tekanan darah baiknya dilakukan sejak usia 18 tahun, penting untuk memastikan tekanan darahmu pada ukuran yang normal.

Tekanan darah normal berada di angka 120/80 mm Hg. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut tekanan sistolik. Sementara angka 80 berarti tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau kerap disebut tekanan diastolik.

Tes Kesehatan Organ Intim

Jika kamu berusia 20-an dan sudah menikah, maka kamu wajib menjalani tes pap smear untuk mendeteksi kemungkinan adanya kanker serviks.

Tes pap smear atau swab HPV yang biasanya dipakai untuk menguji keberadaan HPV (Human Papilloma Virus). Pemeriksaan rahim ini dilakukan untuk mendeteksi adanya inflamasi atau infeksi atau melihat keberadaan sel nggak normal yang merupakan sinyal dari keberadaan kanker rahim.

Tes Kesehatan Kuping 

Gangguan pendengaran juga perlu diperiksa melalui tes audiogram, wanita usia 15-30 harus mulai memeriksakannya.  Mungkin belum banyak orang tahu mengenai tes audiogram ini. Tes ini merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi otosclerosis, yakni masalah genetis yang menyebabkan pertumbuhan tulang di bagian tengah telinga menjadi terhambat.

Tes Kesehatan Payudara

Pemeriksaan klinis payudara penting dilakukan untuk mencegah dan mengetahui risiko terkenanya kanker payudara. Pemeriksaan klinis payudara adalah pemeriksaan yang dilakukan dokter untuk mengetahui adanya perubahan atau kelainan pada payudara.

Kadar kolesterol pun perlu diperiksa sebagai tindakan pencegahan penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Jika kamu telah berusia 20 tahun, memeriksa kolesterol adalah hal yang wajib dilakukan. Dalam tes ini, akan diambil sampel darah untuk mengukur kadar kolesterol baik (HDL), kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida (jenis lain dari lemak dalam darah).

Baca juga: Rekomendasi Drama Korea Tentang Wanita Tangguh dan Mandiri

Tes ini penting karena kolesterol tinggi dikaitkan dengan penyakit jantung dan stroke. Jumlah total kolesterol tingkat ideal adalah 200mg / dL (miligram per desiliter).

Tes Kesehatan Jantung 

Tahukah kamu, bahwa penyakit jantung membunuh lebih banyak wanita daripada cowok? Untuk itu, setiap wanita yang mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau mengalami gejala penyakit jantung wajib melakukan tes jantung dengan elektrokardiografi (EKG). Tekanan darah, kadar kolesterol dan berat badan merupakan faktor-faktor penting yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Pemeriksaan kesehatan jantung menjadi penting karena gejala penyakit jantung pada wanita seringkali nggak sama seperti gejala penyakit jantung pada umumnya sehingga sulit terdeteksi.

Jadi Ladies, sangat penting bagimu untuk menjaga kesehatan tubuh. Baik dengan cara menjaga kebersihan, mengatur pola makan hingga rutin cek kesehatan.

 

Baca juga: 5 Manfaat dan Khasiat Lemon untuk Kesehatan Si Kecil yang Tidak Boleh Diabaikan

Sumber foto: Freepik.com

tes kesehatan pra nikah tes kesehatan pra nikah wanita vaksin pranikah

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health