?>
LADIESTORY.ID » FASHION & BEAUTY » 5 TIP MAKEUP UNTUK PEMILIK KULIT SENSITIF

5 Tip Makeup Untuk Pemilik Kulit Sensitif

Kamis, 19 September 2019 | 10:00:00
Durasi baca: 2 menit, 4 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Tip Makeup Untuk Pemilik Kulit Sensitif

Foto: Freepik
 

Apakah Anda sering bingung mengapa saat memakai makeup tertentu kulit Anda menjadi merah dan terasa gatal, padahal teman-teman Anda baik-baik saja saat mengenakannya. Kemungkinan itu karena Anda memiliki kulit yang sensitif.

Tidak seperti perasaan yang cenderung jadi lebih sensitif saat tubuh kelelahan lalu membaik setelah beristirahat, kulit sensitif biasanya akan terus Anda miliki seumur hidup. Karena itu Anda perlu melakukan kebiasaan yang terus dilakukan sepanjang tahun, termasuk dalam memilih kosmetik dan peralatannya. Makeup tidak dapat menutupi kulit yang bermasalah. Malahan bisa membuat kulit makin bermasalah.

Kulit sensitif pun memiliki reaksi dengan bahan yang berbeda-beda, ada yang sensitif terhadap pewarna, pengawet, parfum, dan lain-lain. Secara umum ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kulit ngambek :

1/ Jaga kelembapan kulit

Pastikan kulit selalu lembap. Kulit yang kering akan lebih mudah mengalami iritasi. Meski Anda tidak berencana mengenakan makeup sekalipun, selalu kenakan pelembap kulit. 

Sebelum mengenakan makeup ada baiknya menyemprotkan facial spray disusul mengenakan pelemba sambil memberi pijatan ringan pada kulit wajah. 

2/ Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Ada sih orang yang kulitnya cukup 'bandel' sehingga tak mengalami reaksi apa-apa saat mengenakan kosmetik yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa. Tapi jika kulit Anda sensitif, jangan coba-coba. Selain tanggal kedaluwarsa pabrik, perhatikan label kecil pada kosmetik berbentuk wadah dengan tulisan 6M atau 1M. Itu artinya produk tersebut baik digunakan 6 bulan atau 12 bulan setelah kemasan dibuka. Agar tak lupa, baiknya Anda tulis bulan apa kemasan itu dibuka pada label.

3/ Hindari sponges dari latex

Belakangan mengaplikasikan kosmetik menggunakan sponge lebih disukai, karena memberi hasil akhir yang lebih halus dan rata. Jika kulit Anda sensitif kemungkinan tubuh Anda juga memiliki alergi terhadap bahan tertentu, karena itu baiknya pilih sponge yang tidak mengandung latex atau tidak usah sama sekali. Latex adalah karet alam. 

 
Produk dengan kemasan bambu yang lebih ramah lingkungan. / Foto: shutterstock
 

4/ Perhatikan kandungannya

Paling mudah memilih kosmetik yang memiliki label mineral dan organic makeup. Tapi itu saja belum cukup. Perhatikan kandungannya, apakah ada parfum dan pengawetnya. Pewarna yang menyolok pada kosmetik juga cenderung menimbulkan reaksi. Lebih baik jika kosmetik itu memiliki label hypoallergenic yang biasanya diberikan pada produk yang bebas dari berbagai bahan pemicu alergi dari warna, parfum, hingga pengawet. Perhatikan ini saat memilih perona mata, perona pipi, lipstik, hingga maskara.

5/ Padat dan ringan 

Kebalikan dari mereka yang memiliki kulit berminyak, kulit sensitif cenderung kering. Formula BB cream yang ringan lebih cocok ketimbang foundation dengan formula yang berat. Ketimbang bedak dalam bentuk tabur, kulit sensitif lebih cocok dengan kosmetik berbentuk stick dan compact .

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS