?>
LADIESTORY.ID | PARENTING | 5 TIPS MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH ANAK

5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

LS Parenting
Durasi baca: 2 menit, 7 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak 

Di tengah kondisi pandemi virus corona saat ini, meningkatkan imunitas anak adalah hal penting yang perlu dilakukan para orang tua. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas memiliki peran penting dalam melindungi anak dari berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. 

Apalagi, virus COVID-19 tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak. Karena itu, penting bagi orang tua meningkatkan imunitas anak. Nah, berikut ini tips meningkatkan daya tubuh anak dilansir dari berbagai sumber. 

Jaga Kualitas Tidur 

Kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Lim Kwang Hsien, konsultan dokter anak di Kinder Clinic di Mount Alvernia Medical Center mengatakan kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya produksi protein atau disebut sitokin yang berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. 

Baca juga: 5 Model Jumpsuit untuk Tubuh Gemuk Agar Tampak Langsing

Anak-anak yang kurang tidur rentan terkena influenza atau infeksi lainnya. Sebaliknya, cukup tidur dan berkualitas dapat membantu produksi sitokin yang cukup untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi optimal. 

Hindari Rasa Cemas 

Tak hanya orang tua, anak-anak juga bisa mengalami rasa cemas dan khawatir. Bila kecemasan dan kekhawatiran tersebut tidak segera diatasi, dapat menyebabkan imunitas tubuh mereka menurun. Dalam laman resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendorong para orang tua dan pengasuh anak membantu anak-anak menemukan cara positif untuk membuang perasaan yang mengganggu seperti ketakutan serta kesedihan. 

Jangan biarkan anak-anak larut dalam ketakutan lantaran harus menerapkan pola hidup baru serta lebih banyak di rumah akibat pandemi virus corona. Ajak anak untuk terus bersosialisasi dan jangan biarkan mereka menyediri. Kurangnya sosialisasi serta merasa sendiri dapat membuat sistem imun menurun, yang ujung-ujung membuat tubuh jatuh sakit. 

Tetap Aktif dan Berolahraga 

Selama di rumah saja, bukan berarti tidak melakukan kegiatan apa pun. Tubuh juga harus tetap aktif berolahraga meski di rumah. Seperti diketahui, sejumlah penelitian menemukan bahwa olahraga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya membangun sistem kekebalan tubuh. 

WHO merekomendasikan anak-anak untuk melakukan aktivitas fisik selama satu jam per hari. Para orang tua dapat mengajak anak berolahraga, baik di dalam maupun luar rumah seperti senam, bersepeda, jogging, atau bermain bulu tangkis. 

Makanan Bergizi 

Kekebalan tubuh dapat ditingkatkan melalui nutrisi yang dikonsumsi. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan gizi seimbang sangat efektif membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak lupa, perhatikan pula kebersihan makanan. Cuci dahulu semua makanan sebelum diolah serta bersihkan peralatan makan sebelum digunakan. 

Menjaga Kebersihan Diri 

Daya tahan tubuh sangat dipengaruhi faktor kebersihan. Karena itu, penting untuk menjaga kebersihan diri. Pastikan anak mencuci tangan sebelum makan, sesudah bermain, dan sesudah dari kamar mandi. Selain itu, jangan lupa mencuci dan menyemprotkan disinfektan pada mainan anak serta jauhi anak dari orang-orang sakit. 

Makanan penambah imunitas Tips menjaga kesehatan anak Menjaga imunitas anak Tips agar daya tahan kuat Kekebalan tubuh anak

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting