Ladiestory.id » Travel » 5 Tips Traveling Ramah Lingkungan, Jalan-Jalan Seru Sekaligus Bantu Lindungi Bumi!

5 Tips Traveling Ramah Lingkungan, Jalan-Jalan Seru Sekaligus Bantu Lindungi Bumi!

LS Travel
Penulis: LS Travel
Selasa, 05 November 2019 | 05:15:44
Durasi baca: 3 menit, 6 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Tips Traveling Ramah Lingkungan, Jalan-Jalan Seru Sekaligus Bantu Lindungi Bumi!

Siapa bilang, traveling itu hanya bisa merusak lingkungan? Kini, kamu juga bisa lho, jalan-jalan seru tapi tidak turut menghancurkan ekosistem alam. Justru, dengan menerapkan gaya traveling ramah lingkungan ini, kamu akan turut serta menjadi pahlawan bumi. Kamu juga tidak perlu khawatir kalau akan merasa kerepotan, sebab dengan bergaya hidup eco-friendly, kemudahan juga bisa kamu dapatkan dengan sendirinya, kok! Sebenarnya, untuk menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan ini, kuncinya hanya satu, yaitu ikhlas melakukannya. Karena, jika kamu tulus mau turut serta menjaga keindahan bumi, maka percayalah, segala yang ada di bumi pasti juga akan kembali melindungimu. Nah, berikut ini 5 tips traveling ramah lingkungan yang bisa kamu terapkan ketika bepergian nanti!

1. Bawa wadah makanan dan botol minum yang reusable

wadah makan reusable

Tempat makanan yang reusable sangatlah multifungsi. Selain dapat menggunakannya sebagai wadah bekalmu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai wadah jajananmu, kalau-kalau nanti kamu ingin mencicipi street food rekomendasi di destinasi yang sedang kamu kunjungi. Tidak cuma itu, wadah makananmu juga sangat berfungsi untuk menempatkan makanan gratis yang bisa kamu dapatkan dari acara festival yang biasanya digelar oleh penduduk setempat. Sebisa mungkin, pilihlah wadah makan yang terbuat dari bambu, kayu, atau stainless steel ya, Ladies! Sebab, terlalu sering menggunakan wadah makan reusable yang terbuat dari plastik juga tidak baik karena dapat mengganggu kesehatanmu, lho! Jangan lupa juga bawa botol minum stainless steel kamu. Selain bisa lebih irit agar tidak melulu beli air minum, kamu juga bisa menggunakan botol minummu untuk menempatkan air bersih siap minum gratis, yang bisa kamu dapatkan di sana.

Baca juga: Punya 6 Jari Kaki Ini 7 Foto Editan Gagal Kim Kadarshian

2. Gunakan transportasi umum yang bisa memuat orang banyak, seperti bus listrik dan kereta api listrik, juga sepeda untuk berkeliling

Gunakan transportasi umum

Kalau biasanya kamu dimudahkan dan dimanjakan dengan adanya transportasi online yang siap menjemputmu kapanpun dan dimanapun, dengan menggunakan gaya traveling ramah lingkungan ini kamu bisa sedikit menikmati rasanya berbaur dengan banyak orang dalam satu transportasi umum. Kamu bisa menggunakan bus listrik jika tersedia, kereta api listrik, atau angkutan umum lainnya. Kamu juga bisa meminjam sepeda dari penduduk lokal yang menyewakannya di tempat wisata. Dengan begitu kamu menjadi salah satu orang yang membantu mengurangi polusi asap kendaraan yang ternyata paling banyak disumbang oleh kendaraan bermotor dengan bahan bakar yang berasal dari fosil, lho!

3. Kurangi membawa banyak snack yang menggunakan pembungkus berbahan plastik

Membuat snack sendiri

Jika kamu sungguh-sungguh ingin bergaya hidup eco-friendly dan menerapkan gaya traveling ramah lingkungan, kamu harus bersiap untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Tentunya kamu sudah tahu dong, kalau plastik adalah penyumbang terbesar sampah di negeri ini? Nah, sebagai pengganti snack yang berbungkus plastik, kamu bisa membeli snack di agen penjual makanan ringan, dengan menggunakan wadah reusable yang kamu punya sebagai pengganti bungkus plastiknya itu, Ladies. Atau jika hal itu terlalu merepotkanmu, kamu bisa membuat makanan ringanmu sendiri kok di rumah sebagai bekal perjalananmu.

4. Menginaplah di rumah penduduk lokal sebagai pengganti penggunaan hotel

Menginap di rumah penduduk

Baca juga: Nggak Sengaja Ketemu di Jalan, Amanda Rawless dan Fero Walandouw Berakhir Jadian?


Menginap di hotel memang benar bisa memudahkanmu, akan tetapi tanpa kamu sadar hotel juga menjadi salah satu penyumbang limbah sampah terbesar di bumi. Sebab, biasanya hotel menyediakan toilet kit yang sekali pakai, dan ada juga hotel yang menyediakan seprei dan sandal yang juga sekali pakai. Nah, untuk menghindari kemungkinan adanya sampah bekas pakai itu, kamu bisa menyiasatinya dengan menginap di rumah penduduk lokal yang tentunya akan lebih ramah lingkungan.

5. Makanlah masakan penduduk atau pedagang makanan lokal

Makanlah masakan lokal

Agar sekaligus bisa membantu meningkatkan ekonomi penduduk lokal, kamu bisa membeli makanan yang dibuat langsung oleh pedagang makanan lokal pada destinasi yang kamu datangi, Ladies! Sambil menerapkan gaya traveling ramah lingkungan dengan menggunakan piring sajinya sebagai tempat makan untuk menaruh makananmu, kamu juga bisa sembari mencicipi makanan tradisional di daerah tersebut. Seru kan?

Dengan rutin menerapkan traveling yang ramah lingkungan, kamu juga sekaligus menyumbang kepedulian untuk bumi, serta membantu merawat kesehatan bumi lho, Ladies! Jadi, sudah siap bertualang akhir pekan ini?

Source foto: Freepik.com

Baca juga: Ini Biaya yang Perlu Kamu Siapkan Kalau Mau Jalan-Jalan Keliling Dunia

traveling ramah lingkungan traveling ramah lingkungan jalan-jalan lindungi bumi bumi eco-friendly eco tips destinasi wisata

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON TRAVEL