LADIESTORY.ID | PARENTING | 6 BAHAN ALAMI ATASI SARIAWAN PADA ANAK

6 Bahan Alami Atasi Sariawan pada Anak

LS Parenting
Durasi baca: 2 menit, 8 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

6 Bahan Alami Atasi Sariawan pada Anak 

Sariawan adalah peradangan pada permukaan mulut seperti lidah, gusi, bagian dalam pipi, serta bibir. Kondisi ini ditandai dengan adanya luka. Sariawan bisa terjadi kepada siapa pun, termasuk anak-anak. Meski tidak berbahaya, mengalami sariawan tentu membuat si kecil merasa tak nyaman dan rewel lantaran rasa perih juga sakit. 

Kondisi ini semakin terasa ketika makan, minum, dan menyikat gigi. Akibatnya, anak menjadi enggan makan dan minum. Tentu saja kondisi ini membuat para mama khawatir. Biasanya, proses penyembuhan sariawan terjadi kurang-lebih selama seminggu. 

Namun, pada anak-anak, proses penyembuhan bisa lebih lama lantaran anak belum mengerti pengobatan yang perlu dilakukan. Meski tidak menggunakan obat sariawan anak, perawatan alami ini ampuh mengobati sariawan. Nah, berikut ini cara mengatasi sariawan pada anak menggunakan bahan alami dilansir dari laman Firstcry Parenting. 

Baca juga: 5 Produk Essence Lokal Yang Wajib Di Kamu Coba

Madu

Madu kaya akan antimikroba yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat, termasuk mengobati sariawan. Oleskan madu pada area yang terkena sariawan beberapa kali atau tiga kali sehari. Namun, jangan berikan madu kepada anak di bawah usia satu tahun. 

Kunyit 

Tak hanya sebagai bumbu dapur, khasiat kunyit juga dapat mengobati sariawan pada anak. Sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan antibakteri dalam kunyit dapat menyembuhkan segala macam luka. Untuk mempermudah pengaplikasiannya, kamu bisa mencampurnya dengan madu. 

Daun Kemangi 

Daun kemangi adalah pengobatan yang baik untuk sariawan. Daun kemangi juga dapat menyembuhkan sakit maag dalam sekejap. Untuk pengobatan sariawan, mama dapat meminta si kecil mengunyah daun kemangi bersama dengan air hangat setiap dua kali sehari agar hasilnya segera terlihat. 

Lidah Buaya 

Selain perawatan kulit dan rambut, lidah buaya juga pilihan yang bagus untuk menyembuhkan sariawan pada anak-anak. Daun lidah buaya memberikan kelegaan dari rasa sakit serta sifat antibakteri berkontribusi pada kesehatan gusi. Oleskan gel lidah buaya pada area yang terkena sariawan. 

Cara lain, mama dapat mencampur gel lidah buaya dengan air, lalu menggunakannya untuk berkumur. Ajarkan si kecil berkumur dan membuangnya selesai berkumur. Mama bisa memakai air es untuk sensasi segar sekaligus meredakan rasa sakit. Lakukan cara ini tiga kali sehari. 

Kelapa 

Kelapa juga berguna mengobati sariawan. Para orang tua dapat memberi si kecil minum atau berkumur dengan air kelapa. Selain itu, mama juga bisa mengoleskan minyak kelapa murni pada sariawan si kecil. Perlu diketahui, cara ini hanya boleh dilakukan pada anak usia di atas satu tahun. 

Larutan Air Garam

Larutan air garam menjadi alternatif pengobatan sariawan. Campurkan segelas air putih dengan beberapa sendok air garam hingga rasa terasa asin. Kemudian, ajak anak untuk berkumur dengan air garam selama beberapa menit, lalu membuangnya. Mama bisa mengajak si kecil melakukan hal ini dua kali sehari. 

Obat sariawan Mengatasi sariawan pada anak Obat alami sariawan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting