LADIESTORY.ID | TRAVEL | 6 CARA MENYUSUN BARANG BAWAAN TRAVELING JADI PRAKTIS TANPA BELI BAGASI

6 Cara Menyusun Barang Bawaan Traveling Jadi Praktis Tanpa Beli Bagasi

LS Travel
Penulis: LS Travel
Durasi baca: 2 menit, 12 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

6 Cara Menyusun Barang Bawaan Traveling Jadi Praktis Tanpa Beli Bagasi 

Beberapa maskapai Indonesia memutuskan menghapus kebijakan bagasi gratis untuk semua penerbangan domestik. Penumpang hanya dibolehkan membawa barang maksimal tujuh kilogram ke kabin pesawat. Lebih dari jumlah terbebut, akan dikenakan tarif tambahan dan kamu harus mengeluarkan uang ekstra untuk bagasi. 

Tentu saja keputusan ini membuat para traveller dengan barang bawaan yang banyak menjadi bingung. Namun, tak perlu khawatir kamu tetap bisa membawa banyak barang bawaan tanpa menggunakan bagasi. Cara ini bisa kamu gunakan ketika memulai kembali traveling usai pandemi COVID-19 berakhir. Nah, berikut ini cara mengepak barang bawaan agar tidak membeli bagasi tambahan. 

Pilih Tas yang Tepat 

Memilih jenis tas yang tepat adalah salah satu cara mengakali traveling tanpa menggunakan bagasi. Koper bukanlah pilihan yang tepat lantaran memiliki bobot yang berat meski tidak diisi pakaian. Karena itu, pilih ransel dengan material ringan sehingga bisa diisi banyak barang bawaan serta traveling kamu menjadi hemat dan praktis. 

Baca juga: Manfaat Traveling Untuk Kesehatan Mental Kamu

Bahan Pakaian yang Ringan 

Sebelum berangkat, sebaiknya pilih pakaian dengan material atau bahan yang ringan agar mudah ditata dan tidak terlalu banyak memakan tempat ketika dikemas. Hindari membawa pakaian atau celana berbahan jeans yang banyak karena akan memakan banyak berat. 

Bila kamu bepergian ke tempat dingin, cukup membawa satu jaket berbahan tebal dan sisanya pakaian berbahan ringan. 

Kenakan Pakaian Berbahan Berat 

Bila kamu ingin membawa pakaian atau barang berbahan tebal atau berat, kamu dapat mengakalinya dengan mengenakannya selama dalam perjalanan. Misalnya, memakai celana jeans, jaket tebal, dan sepatu boots, sedangkan outfit yang ringan ditaruh di ransel. 

Untuk alas kaki, kamu bisa menaruh satu sepatu atau sandal berwarna netral sebagai gantian di dalam ransel. Dengan demikian, barang bawaan kamu menjadi sedikit dan kamu enggak perlu membeli bagasi tambahan. 

Susun Pakaian dengan Baik 

Penyusunan pakaian sangat berpengaruh terhadap berat barang bawaan. Nah, agar bisa menghemat tempat serta semua barang bawaan bisa masuk dalam satu ransel, kamu bisa menyusunnya dengan menggulung pakaian. 

Dengan begitu, ransel bisa dibawa ke kabin pesawat tanpa biaya tambahan. Untuk panduan menggulung pakaian, bisa kamu temukan dengan mudah di media sosial. 

Bawa Kosmetik dan Alat Mandi Berukuran Kecil 

Pesawat memang melarang penumpang membawa cairan dengan berat lebih dari 100 mililiter ke dalam kabin. Karena itu, kamu bisa membawa skincare dan makeup seperlunya saja. Untuk skincare cair, kamu bisa memilih ukuran travel seperti 50 mililiter. 

Begitu juga untuk perlengkapan mandi, bawa dalam ukuran mini. Bila kamu menginap di hotel, sebaiknya tidak usah membawa handuk karena pihak hotel telah menyediakannya. 

Manfaatkan Jasa Laudry 

Bila kamu bepergian dalam waktu cukup lama, kamu bisa memanfaatkan laundry di tempat tujuan sehingga kamu tak perlu membawa barang bawaan terlalu banyak. Apalagi, kini banyak jasa laundry dengan harga terjangkau. 

Baca juga: Traveling Ke Pulau Tegal Mas Lampung Maldivesnya Indonesia

Tips traveling aman Traveling hemat bagasi Traveling menyenangkan Tips traveling murah

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Travel