?>
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | 6 CARA MUDAH MENGETAHUI BERLIAN ASLI

6 Cara Mudah Mengetahui Berlian Asli

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 6 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

6 Cara Mudah Mengetahui Berlian Asli

Frank & co. Lantaran harganya yang bervariasi dan menjadi perhiasaan impian banyak orang, membuat berlian banyak dipalsukan. Kamu yang ingin membeli berlian perlu mengetahui cara membedakan berlian asli dan palsu. 

Apa Saja Ciri-ciri Berlian Asli?

Menjadi perhiasan yang banyak didambakan kaum hawa, nyatanya tak sedikit wanita yang justru kurang mengetahui tentang batu mulia ini. Misalnya, mengenai membedakan perhiasan berlian asli dengan berlian palsu. Padahal, hal ini sangat penting. Mengingat, harga berlian yang tidak murah. Nah, berikut enam cara mudah membedakan berlian asli dan palsu. Cara ini juga menjadi ciri-ciri berlian asli.

Gosok dengan Amplas

Cara mudah pertama mengetahui keaslian berlian adalah menggosoknya. Gosok berlian menggunakan amplas. Apabila tidak tergores, berlian tersebut asli. Sebaliknya, jika tergores, berlian itu palsu. Berlian asli tidak akan tergores meski digosok dengan amplas. Sebab, memiliki tekstur yang keras dan kuat sehingga tak mudah tergores. Sedangkan, sebagian besar berlian palsu terdiri atas bahan cubic zirconias. Inilah yang membuat berlian palsu dapat tergores. 

Baca juga: Desain Cincin Tunangan dengan Model Pave Terbaik

Tes Embun

Cara selanjutnya melalui tes embun. Letakkan berlian di depan mulut, lalu hembuskan napas ke arah berlian seperti mengembus cermin. Bila embun bertahan selama beberapa detik, kemungkinan berlian palsu. Berlian asli tidak akan berembun karena segera mengontrol panas yang dikeluarkan lewat nafas.  

Dapat Tenggelam

Ciri-ciri berlian asli memiliki tingkat kerapatan tinggi sehingga akan tenggelam saat dimasukkan ke air. Sementara itu, berlian palsu justru akan mengambang di air. Namun perlu diketahui, pengujian cara ini hanya dapat dilakukan pada berlian mentah atau yang masih berbentuk utuh, bukan yang sudah dicampur atau dibuat bersama perhiasan. Sebab, perhiasan bakal tenggelam saat dimasukkan ke air. Jadi, jangan mencoba menenggelamkan cincin berlian wanita  milikmu atau anting emas putih dengan mata berlian. 

Tidak Tembus 

Ambil sebuah koran atau buku bacaan, lalu letakan berlian di atasnya. Jika tulisan di koran itu bisa terlihat atau terbaca jelas, artinya berlian itu palsu. Struktur berlian asli dapat menghalangi cahaya yang masuk sehingga kamu tidak akan bisa melihat tulisan apapun yang ditutupi berlian.

Pantulan Kilau Berwarna Putih

Tak dimungkiri berlian memiliki kilau cahaya yang sangat indah dan cemerlang. Pantulan kilau berlian asli memiliki warna putih dan abu-abu. Namun, jika berlian memiliki pantulan kilau warna pelangi, kemungkinan besar berlian itu berkualitas rendah, bahkan palsu. 

Tahan Panas

Berlian asli dapat menghilangkan panas serta tahan terhadap panas sehingga tidak akan rusak atau pecah bila terkena panas. Karena itu, berlian asli tidak akan terasa hangat, apalagi panas. Sebaliknya, berlian palsu akan terasa panas. 
Nah, agar tak tertipu berlian palsu, kamu dapat membeli perhiasan berlian di toko perhiasan terpercaya seperti Frank and co. 

Baca juga: 5 Anting Berlian Ini Menjadi Koleksi Termahal di Dunia


Ciri ciri berlian asli Cincin berlian wanita Kalung berlian wanita Harga perhiasan berlian Perhiasan berlian anting emas putih Harga cincin berlian Cincin berlian emas

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle