LADIESTORY.ID | HEALTH | 6 CARA MUDAH MENGUSIR PIKIRAN NEGATIF DARI DALAM DIRI

6 Cara Mudah Mengusir Pikiran Negatif dari Dalam Diri

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 17 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

6 Cara Mudah Mengusir Pikiran Negatif dari Dalam Diri 

Pikiran dan tubuh saling terkait satu sama lain. Bagaimana tubuh merespons sangat dipengaruhi oleh apa yang dipikirkan, termasuk pikiran negatif. Misalnya, ketika sering berpikir negatif, tubuh juga menjadi mudah sakit, gampang lelah, gangguan lambung, sulit tidur, nafsu makan menurun atau meningkat, dan sebagainya. 

Ditambah, pikiran negatif sangat berkontribusi pada kesehatan mental yang akhirnya menimbulkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan. Tentu saja, kondisi ini akan mengganggu kinerja dan hubungan sosial. Bila dibiarkan terus-menerus, pikiran negatif dapat mendatangkan berbagai penyakit. Nah, berikut ini enam tips mengusir pikiran negatif. 

Pahami Gaya Berpikir 

Sumber foto: Hellosehat

 

Baca juga: Cara Tepat untuk Mencintai Diri Sendiri

Kunci mengubah pikiran negatif adalah memahami bagaimana kamu berpikir negatif dan penyebabnya. Tulisan pikiran negatifmu serta pikirkan kerugiannya bagi diri. Dengan cara ini, kamu bisa melakukan strategi untuk mengubah pikiran atau setidaknya mengurangi pikiran itu agar tidak mempengaruhi diri kita. 

Istirahatkan Pikiran 

Sumber foto: Halodoc

 

Terus-menerus memikirkan hal negatif seperti berprasangka buruk atau rendah diri hanya akan membuat kamu semakin khawatir dan lelah. Untuk mengatasinya, pisahkan diri dari pikiran negatif. 

Beri waktu pikiran dan diri beristirahat selama beberapa menit untuk tidak memikirkan hal buruk. Kamu bisa istirahatkan tubuh serta pikiran dengan tidur atau rehat sejenak guna menjernihkan pikiran kembali. 

Fokus pada Kekuatan Diri 

Sumber foto: Kompas

 

Umumnya, manusia lebih memikirkan hal negatif dan mengabaikan hal positif. Padahal, berpikir negatif hanya mendatangkan keburukan bagi fisik dan psikis. Sebaiknya, berfokus pada hal-hal positif seperti kekuatan diri. 

Sebab, semakin kita fokus pada kekuatan diri serta tidak memikirkan kesalahan yang dibuat, semakin mudah berpikir positif tentang diri kamu dan pilihan yang diambil. Luangkan waktu untuk memikirkan sesuatu yang kamu sukai tentang dirimu. 

Lakukan Meditasi 

Sumber foto: Okezon

 

Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa meditasi memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan psikologis, salah satunya keluar dari pikiran negatif. Dengan meditasi, membantu kamu melepaskan sekaligus mengendalikan diri juga emosi dari pikiran negatif sehingga lebih tenang. Kamu bisa melakukan meditasi sehari sekali. 

Menulis Buku Harian 

Sumber foto: Berkeluarga

 

Baca juga: Buku Self Improvement Best Seller Yang Dapat Memotivasi Diri Kamu Saat Sedang Terpuruk

Sama dengan kebosanan, mengusir pikiran negatif dapat dilakukan dengan mengisi kesibukan. Misalnya, menulis buku harian atau diary. Menulis buku harian dapat membantu kamu mengidentifikasi gaya berpikir negatif dan mendapat pemahaman lebih baik mengenai bagaimana pikiran dapat menyebabkan reaksi emosional kamu. 

Selain membuat lupa, menulis buku harian dapat menolak pikiran negatif serta mengubahnya menjadi positif. Kamu bisa mengganti menulis diary dengan menulis cerita apapun. Terpenting melakukan kesibukan yang bisa membantu keluar dari pikiran negatif. 

Mencari Dukungan 

Jika suatu waktu pikiran negatif menjadi berlebihan atau mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, artinya kamu sudah dikendalikan pikiran dan memerlukan bantuan untuk mengatasinya. Jangan ragu mencari dukungan jika kamu merasa membutuhkannya. Ada banyak sekali orang yang bersedia dan ingin membantu. Kamu bisa meminta bantuan teman-teman atau profesional seperti psikolog. 

 

Baca juga: Manfaat Perhisan Berlian dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara mengusir pikiran negatif Tips kesehatan mental Menjaga kesehatan mental Mengusir pikiran negatif

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health