?>
LADIESTORY.ID | FASHION | 6 JENIS BATU MULIA TERBAIK YANG MEMILIKI NILAI PRESTISIUS

6 Jenis Batu Mulia Terbaik Yang Memiliki Nilai Prestisius

LS Fashion
Penulis: LS Fashion
Durasi baca: 3 menit, 26 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

6 Jenis Batu Mulia Terbaik Yang Memiliki Nilai Prestisius

Frank & co. Saat ini banyak sekali daftar jenis batu permata, tak hanya batu berlian yang sering kali tersemat dalam perhiasan, berbagai batu mulia pun sering kali disematkan pada model cincin emas, kalung dan berbagai perhiasan lainnya. Maka dari itu, tak heran bila harga perhiasan emas dengan sentuhan batu mulai memiliki nilai jual yang cukup prestisius. 

Mengenal Beragam Batu Mulia

Demam batu mulia pernah melanda Indonesia beberapa tahun lalu. Mengoleksi batu permata sempat begitu digemari masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan. Bahkan tak sedikit orang yang rela merogoh kocek lebih dalam demi memiliki batu permata yang diinginkan. Tren itu pun membuat harga batu permata semakin melambung tinggi. Meski tak seheboh dulu, tren mengoleksi batu mulia masih dilakukan sebagian orang hingga sekarang. 

Batu mulia adalah mineral dari golongan batuan dan logam yang memiliki nilai keindahan serta nilai jual yang tinggi. Batu mahal ini memiliki banyak jenis dan harga yang berbeda. Lantas, apa saja jenis batu mulia? Nah, kamu yang sedang mencari model cincin kawin, jenis batu mulia di bawah ini bisa jadi rekomendasi. 

Baca juga: Kini Saatnya Mengenali Jenis Rambut Kamu

Berlian

Berlian menjadi jenis batu mulia yang memiliki harga paling fantastis. Secara karakteristik, berlian memiliki kualitas fisik terbaik dibanding jenis batu mulia lainnya. Berlian merupakan batu permata yang paling keras dan solid. Selain itu, berlian memiliki kilau cahaya yang indah serta tingkat kesulitan sangat tinggi dalam proses penambangan. Maka, wajar saja berlian menjadi perhiasan termahal di dunia. Setiap karat  berlian bisa mencapai miliaran rupiah. Belum lagi, sifatnya yang langka membuat harga berlian semakin melambung. Batu permata ini hanya ditemukan di beberapa wilayah di dunia. 

Safir

Jenis batu mulia lainnya yang memiliki harga tinggi adalah safir. Di Indonesia, batu safir kerap disebut batu nilam. Safir memiliki tingkat soliditas sangat tinggi. Safir memiliki warna yang tak kalah cantik dan tampilan mewah dari berlian. Tak heran, bila harga batu mulia ini juga sangat mahal, dari puluhan juta hingga milyaran. Safir terdiri atas varian warna, di antaranya safir biru dan safir hitam. Namun, yang paling klasik serta mewah adalah safir biru. Warna ini juga pernah dikenakan mendiang Putri Diana sebagai model cincin tunangan. Cincin itu kini digunakan sang menantu, Kate Middleton. Harga cincin safir Putri Diana itu mencapai miliaran dan menjadi model cincin paling banyak ditiru di dunia.

Ruby

Batu ruby juga dikenal dengan nama batu merah delima. Sesuai dengan namanya, batu ruby memiliki aneka warna merah yang menarik, mulai merah delima hingga merah darah. Karakternya yang solid serta corak khas kemerahan membuat harga batu mulia ini cukup mahal. Satu bongkahannya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Meski begitu, batu ruby amat disukai kalangan menengah ke atas. Kabarnya batu ruby dengan kualitas terbaik berasal dari Myanmar. 

Emerald 

Sama dengan batu mulia lainnya, emerald atau zamrud juga memiliki ciri khas yang membedakannya dengan yang lain, yakni warna. Seperti Ruby yang khas dengan merah, emerald juga memiliki aneka warna hijau yang unik, mulai hijau muda hingga tua. Warna dari hasil kelumit kromium itu diidentikan dengan cinta, kesuburan, juga kebangkitan. Batu mulia zamrud banyak digunakan untuk model kalung emas. Selain kecantikan dan kemewahannya, batu ini disukai lantaran khasiatnya yang konon dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti sakit mata, tulang belakang, juga nyeri otot. Dahulu kala, bangsa Roma kabarnya menggunakan zamrud untuk persembahan bagi Dewi Cinta dan Kecantikan, Venus. 

Kecubung

Kecubung atau ametis merupakan salah satu jenis batu permata yang terkenal sekaligus memiliki nilai tinggi. Tampilan kecubung juga tak kalah menarik dari batu permata lainnya. Kecubung umumnya memiliki warna merah muda hingga ungu. Warna ungu adalah warna yang spesial lantaran kerap digunakan raja maupun anggota kerajaan sebagai perhiasan pada masa lampau. Mungkin hal ini yang mempengaruhi harga kecubung sangat fantastis. 

Baca juga: Desain Cincin Tunangan dengan Model Pave Terbaik


Aquamarine

Aquamarine atau yang lebih dikenal batu biru laut adalah salah satu batu permata yang dikategorikan dalam mineral beryl sama seperti zamrud. Aquamarine memiliki tekstur cukup keras. Aquamarine merupakan simbol keberanian, kesetiaan, persahabatan, dan harapan. 

Sesuai dengan namanya, aquamarine ini memiliki arti air laut. Tak heran, bila memiliki warna biru laut. Warna ini diyakini dapat membangkitkan cinta dalam pernikahan, keberanian, juga kebahagiaan si penggunanya. Nah, itu dia enam jenis batu mulia beserta maknanya. Semua jenis di atas dapat dijadikan perhiasan. Kalau kamu lebih menyukai yang mana?

Jenis batu mulia Model cincin tunangan Model cincin kawin Harga perhiasan berlian Model cincin emas Cincin berlian wanita Batu mulia Emerald Safir Kecubung Berlian

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Fashion