Ladiestory.id » Health » 6 Makanan Ini Paling Sering Menyebabkan Cacingan

6 Makanan Ini Paling Sering Menyebabkan Cacingan

Senin, 26 Agustus 2019 | 09:08:45
Durasi baca: 2 menit, 38 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

6 Makanan Ini Paling Sering Menyebabkan Cacingan

DokterSehat.Com – Cacingan tidak hanya dialami oleh anak-anak. Dalam realitanya, masalah kesehatan ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Mengingat dampaknya bagi kesehatan bisa cukup serius, pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih cermat dalam mencegah kedatangannya.

Mewaspadai makanan-makanan yang bisa menyebabkan cacingan

Pakar kesehatan dr. Pradip Shah yang berasal dari Fortis Hospital , India, menyebut ada enam jenis makanan yang bisa menyebabkan datangnya cacingan . Karena alasan inilah kita harus benar-benar lebih cermat dalam mengolah atau mengonsumsinya.

Baca juga: Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Nggak Dimasak Secara Benar

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Makanan yang dimasak setengah matang

Ada beberapa jenis menu makanan yang tidak dimasak hingga benar-benar matang. Sebagai contoh, sushi bahkan bisa saja terbuat dari daging mentah. Meskipun bisa memberikan sensasi rasa yang unik, pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan yang diolah kurang matang bisa saja membuat kita terinfeksi cacing.

Baca juga: Resto Makanan Indonesia Terbaru Bergaya Jepang-Prancis Modern di Bali

Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan adanya larva cacing pada makanan-makanan tersebut. Padahal, larva ini baru bisa mati jika terkena suhu tinggi sebagaimana saat kita memasaknya hingga benar-benar matang.

  1. Daging babi

Daging babi memang tidak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena faktor agama, namun jika kita bisa mengonsumsinya, sebaiknya lebih cermat dalam mengolah atau memasaknya. Hal ini disebabkan oleh risiko untuk terinfeksi cacing pita akibat sering mengonsumsinya sangatlah tinggi.

Baca juga: Sering Dijadikan Makanan Untuk Diet, Ternyata Makanan Ini Sebenarnya Buruk Bagi Tubuh

Padahal, jika sampai cacing pita masuk ke dalam usus, akan menyebabkan dampak kesehatan yang cukup serius layaknya penurunan nafsu makan, penurunan berat badan, hingga sering mengalami kram perut yang tidak bisa disepelekan.

  1. Air yang sudah tercemar

Beberapa jenis cacing ternyata berkembang biak di dalam air layaknya genangan, air di waduk atau bendungan, dan air lainnya. Jika kita menggunakan air-air yang sudah tercemar larva cacing ini sebagai air minum, dikhawatirkan bisa menyebabkan infeksi cacing.

Bahkan, dalam beberapa kasus, bermain air atau mandi di air yang sudah tercemar dengan larva cacing juga bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan ini. Anak-anak yang sering melakukannya cenderung rentan mengalami cacingan karena sistem kekebalan tubuh mereka masih belum sekuat yang dimiliki oleh orang dewasa.

  1. Daging ikan

Pastikan untuk mengolah daging ikan dengan benar dan memasaknya hingga benar-benar matang. Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan daging ikan sudah terinfeksi cacing. Biasanya, cacing yang sudah mengontaminasi daging ikan adalah cacing benang dengan warna putih. Ukurannya sangat kecil namun cukup panjang.

Baca juga: 14 Keunikan Makanan yang SangatMengesankan di Dunia, Amazing!

  1. Daging merah

Kita juga harus lebih cermat dalam mengonsumsi daging merah seperti daging sapi, daging kambing, daging domba, dan lain-lain. Jika daging-dagingan ini tidak diolah hingga benar-benar matang, bisa jadi akan menyebabkan infeksi cacing berjenis cysticercosis atau yang lebih dikenal sebagai cacing otak. Infeksi cacing ini juga bisa berlangsung cukup parah.

  1. Sayuran

Meski tergolong sebagai makanan sehat, bukan berarti kita bisa sembarangan mengonsumsi sayuran, apalagi jika sayuran ini tidak dimasak hingga benar-benar matang, tidak dicuci hingga bersih, atau dijadikan lalapan mentah.

Tanpa disadari, di sela-sela sayuran bisa saja terdapat larva cacing, apalagi jika tanah yang dipakai untuk menanam sayuran-sayuran tersebut juga sudah terkontaminasi cacing.

Selain dengan lebih cermat dalam mengonsumsi makanan-makanan yang disebutkan sebelumnya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi obat cacing setidaknya setiap enam bulan.

Baca juga: Bukannya Unik, 7 Cara Penyajian Makanan Ini Malah Terlihat Aneh

Jika kita cenderung sering beraktivitas di tempat-tempat yang rawan terkontaminasi cacing layaknya menjadi peternak atau petani, ada baiknya juga lebih rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan karena bisa jadi di tangan kita telah terpapar larva cacing.

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH