LADIESTORY.ID | HEALTH | 7 CARA ALAMI MENINGKATKAN SEMANGAT DAN MOOD DI PAGI HARI

7 Cara Alami Meningkatkan Semangat dan Mood di Pagi Hari

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 21 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

7 Cara Alami Meningkatkan Semangat dan Mood di Pagi Hari 

Pagi hari merupakan awal untuk memulai segala aktivitas. Berbagai persiapan dilakukan demi menjalani rutinitas selama seharian, termasuk membangun suasana hati atau mood positif. Pasalnya, mood pada pagi turut mempengaruhi aktivitasmu sepanjang hari. 

Mood yang positif dapat membantu kamu menjalani rutinitas dengan lebih semangat dan bahagia. Sebaliknya, mood negatif dapat merusak rutinitas sehingga kamu akan merasa bosan dan tidak produktif. Nah, berikut ini tujuh tips meningkatkan semangat dan mood positif pada pagi hari dikutip dari laman Verily Mag

Olahraga Ringan 

Olahraga dapat memicu kegembiraan dengan melepas endorfin, zat kimia otak yang terkait dengan perbaikan suasana hati. Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat pada pagi hari. Cukup latihan ringan selama beberapa menit saja. 

Baca juga: 6 Produk Kecantikan yang Cocok Dijadikan Kado Valentine

Profesor psikologi, Michael Otto, mengatakan biasanya dalam lima menit setelah olahraga ringan, kamu mendapat efek peningkatan suasana hati atau mood. "Berkomitmen pada rutinitas olahraga yang wajar seperti beberapa sit-up atau lari ringan akan memicu produksi endorfin untuk menimbulkan mental positif," katanya. 

Meditasi 

Meditasi memiliki kaitan dengan kesehatan emosional dan mampu menghilangkan stres. Sebuah studi dari University of California menemukan perhatian penuh yang dihasilkan dari meditasi membantu mengurangi hormon stres kortisol. Karena itu, luangkan waktu untuk bermeditasi pada pagi hari. 

Tersenyum

Tindakan tersenyum, meski dipaksakan, secara positif mempengaruhi emosi dan menurunkan tingkat stres yang dirasakan. Menurut hipotesis umpan balik wajah, otak menafsirkan kelenturan otot ketika tersenyum sebagai ekspresi emosi yang positif. 

Demikian pula, para peneliti melaporkan adanya pola pikir yang lebih bahagia ketika aktif tersenyum. Jadi, tersenyumlah untuk menghilangkan kesedihan pagi hari. 

Menghirup Aroma Vanila

Beberapa penelitian yang menguji sifat emosional dari aroma mengungkapkan bahwa vanila dapat menenangkan dan memberi rasa tenang. Kamu bisa menyalankan lilin aroma terapi beraroma vanilla atau menyemprotkan parfum vanila untuk mendorong mood positif. 

Melihat Foto Masa Lalu 

Sebuah studi dari Universitas Southampton mengungkapkan adanya hubungan antara kenangan masa lalu dan perasaan positif. Para peneliti menemukan mengenang masa lalu yang indah dapat membuat otak mengulang emosi asli atau bahagia yang kamu alami saat itu.

Untuk itu, kamu bisa mengingat saat-saat bahagia dulu dengan melihat foto pada masa lalu seperti masa kanak-kanak yang ceria atau melihat foto ketika masih bersekolah dulu. 

Konsumsi Makanan Kaya Triptofan 

Meningkatkan suasana hati juga dapat dilakukan dari dalam tubuh melalui makanan. Salah satunya, makanan yang mengandung triptofan atau asam amino esensial. Sebab, asam amino penting untuk memproduksi dan meningkatkan serotonin, sebuah neurotransmitter yang mengatur suasana hati. 

Makanan tinggi triptofan di antaranya pisang, susu, yogurt, oat, gandum, telur, kalkun, dan kacang-kacangan. Kamu dapat mengonsumsi makanan ini saat sarapan. 

Mendengarkan Musik 

Tips meningkatkan semangat pada pagi hari selanjutnya adalah mendengarkan musik. Mendengarkan musik dapat mengubah suasana hati serta meningkatkan imunitas tubuh. Untuk itu, dengarkan beberapa lagu pada pagi hari agar suasana hati senang dan tenang. Dengan suasana hati yang gembira, tentunya dapat membuat kamu bekerja lebih produktif. 

Baca juga: Selamatkan Bumi, Yuk Mulai Memakai Produk Ramah Lingkungan

Aktivitas pagi yang bikin semangat Tips bangun pagi Cara meningkatkan mood

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health