Ladiestory.id » Parenting » 7 Cara Ampuh dari Ahli yang Bikin Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak

7 Cara Ampuh dari Ahli yang Bikin Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak

Sabtu, 31 Agustus 2019 | 12:50:00
Durasi baca: 4 menit, 2 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

 7 Cara Ampuh dari Ahli yang Bikin Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak

Bayi baru lahir belum memiliki pola tidur teratur. Seringkali di tengah malam, mereka terbangun karena popok yang basah atau kelaparan. Sudah pasti, hal ini bakal membuat kualitas tidur Mama menurun. Penelitian telah membuktikan bahwa kurang tidur berdampak terhadap kualitas hidup dan energi di saat siang.

Popmama.com menyajikan 7 tips penting agar si Kecil tidur nyenyak. Tips ini disampaikan oleh Andrea Grace, seorang ahli kesehatan anak asal Inggris dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di bidangnya.

Baca juga: 3 Jurus Ampuh Atur Pengeluaran Saat Gaji Naik

1. Atur waktu tidur

gift-time-products.co.uk

Bayi yang baru lahir membutuhkan pengasuhan dan sentuhan lembut. Bayi yang baru berusia sekitar 6-12 minggu diketahui memiliki waktu tidur malam hari yang lebih banyak, durasinya 8-10 jam.

Biasanya, bayi yang berusia sekitar 8 minggu tidur selama 6 jam di malam hari tanpa harus diberi makan. Fakta ini harus jadi panduan Mama untuk mengatur jam tidur si Kecil. Jadi, jika Mama ingin memiliki kualitas tidur yang cukup, kondisikan bayi mama untuk tidur pukul 22.00 berbarengan dengan Mama tidur. Ia akan tidur nyenyak sampai kira-kira jam 4 pagi.

Baca juga: 21 Rangkaian Nama Bayi Laki-Laki Dalam Alquran Beserta Artinya

Bagaimana cara menahan bayi untuk tidak tidur sebelum jam 22.00? Ajaklah ia beraktivitas, misalnya dengan mengajaknya mengobrol, membacakan cerita, atau mendengarkan musik. Dengan kegiatan-kegiatan itu, bonding berkualitas akan tercipta.

Baca juga:  5 Aplikasi Lagu Tidur Terbaik untuk Bayi

Baca juga: 9 Judul Film Klasik Ini Serem Bikin Nggak Bisa Tidur

2. Tidak membuat perutnya terlalu kenyang

shekonows.com

Apakah benar, menyusui si Kecil sesaat sebelum tidur, membuatnya pulas? Nah, menurut penelitian, membuat perut sangat kenyang, justru membuat tidurnya gelisah. Ya bayangkan saja, betapa tidak enaknya perut Mama kalau terlalu kenyang dan harus tidur.

"Jadi, beri mereka makan sebanyak yang mereka mau dan tidak berlebihan. Kemudian untuk memecahkan asosiasi minum susu sebelum tidur, lakukan aktivitas lain, misalnya menceritakan dongeng atau menyanyikan lagu."

Baca juga:  6 Kebiasaan Tidur Bayi yang Bisa Mengganggu Kesehatannya

Baca juga: Bukan Karena Setan, Ini Lho Kenapa Orang Bisa Ketindihan Saat Tidur!

3. Kenalkan rutinitas tidur yang baik

sleep.org

Mitos membiarkan bayi tidur sendiri dan mengabaikannya waktu ia menangis, akan membuat tidurnya nyenyak, adalah salah. Ada cara yang lebih lembut dibandingkan cara itu.

Mulailah dengan mengenalkan rutinitas tidur yang konsisten kira-kira dimulai sekitar 1 jam sebelum waktu tidurnya tiba. Gunakan ritual sederhana, seperti mengganti bajunya, mengelap tubuhnya, meredupkan lampu, dan menyanyikan lagu atau membacakan doa. Baiknya, lagu dan doa ini isinya sama setiap malam, untuk menandakan tibanya waktu tidur. Tetaplah di samping tempat tidurnya sambil menepuk-nepuk punggungnya hingga si Kecil lelap.

4. Beri Si Bayi teman tidur

parents.com

Selain mengantarkan tidur dengan nyanyian atau dongeng, mainan teman tidur bisa membantu si Kecil lebih nyenyak. Teman tidur ini membuatnya merasa lebih aman saat terbangun tanpa ada Mama di sisinya. Secara tidak langsung, ini juga menanamkan kemandirian pada anak.

Baca juga: Ampuh Banget! Coba Bahan Alami untuk Menghilangkan Biang Keringat

Tapi, hati-hati ya Ma. Pilih teman tidur untuk si Kecil yang tetap aman untuknya. Jangan benda yang terlalu lembut, besar, dan berpotensi menghalangi jalan napas bayi jika tertutup benda itu. 

Baca juga:  Sedih! Mama yang Bayinya Meninggal Saat Tidur Berbagi Cerita

Baca juga: Kadar Stres Selama Hamil Bisa Tentukan Jenis Kelamin Bayi, Menurut Studi!

5. Pastikan tubuh bayi tetap kering

seattleschild.com

Tentu, tidak nyaman ya tidur dalam kondisi badan lembap. Bayi mama juga tidak akan nyenyak tidurnya jika popoknya lembap atau ada bagian bajunya yang terkena ompol atau keringat. 

Jadi, sebelum ia tidur, ada baiknya Mama memastikan pakaian, perlak, dan popoknya kering. Pilihlah popok antibocor yang keringnya terjamin sampai beberapa kali pipis untuk malam hari. Ini baik agar si Kecil tidak terbangun dan menangis karena tubuhnya tidak nyaman. 

6. Ciptakan suasana kamar yang nyaman

Instagram.com/sandradewi88

Suhu udara yang pas, pencahayaan yang baik, dan suasana yang tenang adalah kunci utama untuk membuat tidur bayi baru lahir semakin nyenyak. Jika ia tidur di malam hari, pastikan kamar dalam keadaan minim pencahayaan. Ini untuk membiasakan bayi mengerti siang dan malam dari terang atau gelap yang ia lihat. 

Lagipula, lampu redup saat tidur malam akan membantu hormon pertumbuhan bekerja lebih baik, lho. 

Suhu udara yang sejuk juga akan memengaruhi kesuksesan latihan tidur. Lalu, soal suasana, ada baiknya kamar diberi suara pengantar tidur, melalui lagu-lagu lembut, atau suara mesin AC yang konstan dan menenangkan. 

7. Ketahui fase tidurnya

www.theconversation.com

Bayi juga memiliki fase tidur yang harus Mama pelajari. Ada 4 fase tidur yang dialami bayi, yaitu: 

  • Fase 1: adalah fase dimana bayi belum sepenuhnya tertidur sehingga jika ia masih di tahap tidur ini dan mendengar suara keras di kamar, ia mungkin akan terbangun dan tidak mudah tidur lagi. 
  • Fase 2: Dimana bayi sudah mulai masuk tahap nyenyak dan agak sulit terbangun, namun masih menggerakan tangan atau kakinya jika tidurnya terganggu. 
  • Fase 3: adalah fase tidur nyenyak. Ini adalah saat bayi tidur dalam kondisi tidak mudah terbangun. Di masa ini tubuh bekerja untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, membangun sistem imun tubuh, dan mengeluarkan hormon pertumbuhan yang membuat bayi cepat besar. 
  • Fase 4: adalah fase Rapid Eye Movement (REM) yang ditandai dengan gerakan bola mata yang cepat. Di fase ini, otak bayi bekerja aktif. Ia akan bermimpi sambil mengevaluasi apa yang terjadi pada dirinya di siang hari, saat ia bangun dan aktif. 

Mengenali fase tidur si Kecil akan membuat Mama paham, kapan saatnya bisa beraktivitas di sekitar bayi tanpa membangunkannya. 

Selamat tidur, Nak!

baby 0-6-months

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING