Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | 7 CARA AMPUH MENGHILANGKAN JERAWAT DI BADAN

7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Badan

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 2 menit, 40 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Badan 

Jerawat menjadi permasalahan kulit yang banyak dialami orang. Tak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di area tubuh seperti punggung, dada, lengan atas, bahkan bokong. Biasanya, jerawat di badan muncul pada orang yang rentan berjerawat di wajah. 

Penyebab jerawat di badan dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya kebersihan badan yang kurang diperhatikan ketika mandi, produk sabun mandi yang tidak cocok, sehingga produk rambut yang jatuh ke punggung. 

Meski tak terlihat, kemunculan jerawat di badan sama mengganggunya dengan di wajah serta mengurangi rasa percaya diri, terlebih saat mengenakan pakaian terbuka. Untungnya, jerawat badan dapat diobati dengan melakukan perawatan rutin. Nah, berikut ini cara menghilangkan jerawat di badan dilansir dari laman Healthline

Baca juga: Tips Mengatasi Stres yang Ampuh Saat Kamu Merasa Sendiri

Mandi Teratur

Mandi tidak teratur memudahkan munculnya jerawat punggung, lengan atas, dada hingga bokong. Sebaliknya, mandi secara teratur membantu menghilangkan elemen yang menyumbat pori-pori seperti bakteri, sebum, kotoran, dan sel kulit mati

Untuk mengurangi munculnya jerawat di badan, mandilah secara teratur. Gunakan air hangat untuk hasil terbaik dan air dingin sebagai bilasan terakhir demi membantu menutup pori-pori. 

Gunakan Sabun Mandi Khusus Jerawat 

Ibarat facial cleanser, jerawat di badan juga membutuhkan sabun khusus mengatasi jerawat. Pilih sabun badan yang mengandung asam salisat. Kandungan ini dapat mengatasi jerawat dengan cara mengeringkannya.  

Lakukan Eksfoliasi 

Kulit mengalami proses pergantian sel. Sel kulit mati muncul ke permukaan (epidermis) untuk membuka jalan bagi sel kulit baru. Namun, sel kulit mati tidak selalu dapat lepas dengan sendirinya sehingga tetap tinggal di pori-pori dan menyumbatnya. 

Di sinilah eksfoliasi dapat membantu dengan mengangkat sel kulit mati. Hasilnya, dapat mencegah munculnya jerawat baru serta kulit lebih halus. Kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan memakai body scrub dan lakukan sekali seminggu. 

Gunakan Lotion Non Komedogenik

Dalam istilah awam, non komedogenik berarti tidak menyumbat pori. Hal ini penting saat memilih produk yang menempel di kulit sepanjang hari atau malam seperti lotion tubuh. Untuk tubuh berjerawat, disarankan memilih lotion non komedogenik. 

Kandungan ini membantu melembabkan kulit tanpa menimbulkan jerawat. Bisa pula lotion yang mengandung asam salisilat untuk menghilangkan jerawat yang sudah ada sebelumnya. 

Masker Kayu Manis dan Madu 

Selain menggunakan kandungan kimia, menghilangkan jerawat punggung dan area badan lainnya juga dapat memakai bahan-bahan alami seperti kayu manis dan madu. Kayu manis memiliki kemampuan antimikroba dan madu bekerja sebagai agen melawan bakteri. 

Keduanya dapat mengurangi bakteri dan peradangan yang menyebabkan jerawat. Campurkan satu sendok teh kayu manis dengan dua sendok makan madu, lalu aduk sampai membentuk pasta. 

Oleskan secara merata ke area badan yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas. Masker ini aman di kulit sehingga kamu bisa menggunakannya secara rutin. 

Baca juga: Memiliki Badan Gemuk, Perhatikan 5 Tips Fashion Ini

Kenakan Pakaian Longgar 

Kunci lain mencegah timbulnya jerawat di badan adalah mengenakan pakaian yang longgar dan tidak menyebabkan iritasi sehingga kulit dapat bernapas. Pakaian yang ketat bisa menjebak kotoran, bakteri, dan minyak yang bisa berkembang menjadi noda. 

Sebaiknya pilih pakaian berbahan katun. Sebab, pakain dengan bahan wol, nilon, dan spandek dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut. 

Tetap Terhidrasi

Mengatasi jerawat juga membutuhkan perawatan dari dalam. Minum air putih tidak hanya membuat tubuh dan kulit terhidrasi, tapi membuang racun dari tubuh. Dengan keluarnya racun, kulit menjadi sehat, terawat, dan bebas jerawat. Pastikan kecukupan cairan atau air putih terpenuhi setiap harinya. 

Cara menghilangkan jerawat Tips hilangkan jerawat di badan Atas jerawat dipunggung

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty