LADIESTORY.ID | FASHION | 7 CARA MENCUCI PAKAIAN DENGAN TEPAT AGAR TIDAK CEPAT PUDAR

7 Cara Mencuci Pakaian dengan Tepat agar Tidak Cepat Pudar

LS Fashion
Penulis: LS Fashion
Durasi baca: 2 menit, 2 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

7 Cara Mencuci Pakaian dengan Tepat agar Tidak Cepat Pudar 

Pakaian dengan bahan yang tipis dan warna memudar tentu membuat rasa kurang percaya diri ketika dikenakan. Apalagi bila pakaian tersebut merupakan pakaian untuk bepergian, ke kampus, atau ke kantor. 

Penyebab pakaian menipis dan warnanya memudar tak lain karena sering dikenakan serta dicuci, ditambah pencucian yang kurang tepat. Cara mencuci pakaian yang tepat dapat mencegah warna pakaian pudar serta tetap bagus. Berikut ini tips mencuci pakaian agar tidak pudar dan tetap awet. 

Ikuti Instruksi

Beberapa pakaian terdapat label atau tag yang menempel. Label tersebut bukan sekadar pajangan, tapi tapi instruksi atau cara mencuci pakaian. Karena itu, sebaiknya kamu mengikuti instruksi tersebut agar bahan pakaian kamu tak cepat rusak serta warnanya memudar. 

Baca juga: 7 Jenis Neckline Pakaian Ini Butuh Jenis Kalung Yang Berbeda

Pisahkan Cucian

Sebelum mencuci, pilih dan pisahkan pakaian sesuai dengan warna. Cuci warna pakaian terang dengan terang, sedangkan pakaian gelap dengan yang gelap pula. Selain mencegah kelunturan pakaian, cara mencuci ini juga membuat warna baju tahan lama. 

Cuci dengan Air Dingin 

Mencuci pakaian dengan air hangat atau panas dapat merusal serat kain. Akibatnya, pakaian menjadi tipis serta warnanya memudar. Sebaiknya, cuci pakaian dengan air dingin atau air biasa agar bahan pakaian tetap baik, tahan lama, juga warnanya tetap cerah. 

Pilih Kecepatan Pelan 

Mencuci baju dengan mesin cuci sebenarnya kurang baik untuk pakaian, terlebih berbahan katun, knit, atau rajut. Sebab, dapat membuat tekstur baju menjadi melar. Bila ingin mencuci memakai mesin cuci, sebaiknya gunakan kecepatan yang pelan atau sedang. 

Mencuci terlalu sering menggunakan mesin cuci dengan kecepatan maksimal akan membuat bahan dan warna baju cepat rusak serta pudar.

Hindari Gunakan Pengeringan 

Setelah selesai mencuci pakaian, hindari menggunakan mesin pengering. Sebab, memeras air menggunakan mesin pengeringan akan membuat tekstur bahan menjadi rusak serta warna baju memudar. Sebaiknya, jemur pakaian di bawah sinar matahari. Ini akan membuat pakaian lebih awet. 

Jangan Sering Dicuci

Seperti diketahui, semakin sering dicuci, semakin membuat baju mudah pudar dan lusuh. Bila baju yang kamu kenakan baru beberapa jam, ditambah tidak kotor dan berkeringat, sebaiknya jangan buru-buru mencucinya. Kamu masih bisa menggunakannya sekali lagi. Cukup gantungkan baju sambil terkena angin atau dijemur sebentar di bawah matahari. 

Balik Pakaian Saat Dicuci

Kebanyakan dari kita lupa membalik pakaian ketika mencuci. Padahal, membalik baju dari bagian luar ke dalam merupakan cara mencuci yang tepat. Hal ini dapat mencegah warna pakaian memudar. Bagian pakaian yang selalu berada di luar ketika dicuci, akan lebih cepat memudar. Karena itu, jika hanya bagian dalam yang pudar, tidak akan terlihat saat dikenakan. 

Tips agar baju tidak pudar Cara merawat pakaian agar tidak kusam Tips agar baju tetap awet

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Fashion