?>
LADIESTORY.ID » COMMUNITY BLOG » LIFESTYLE » 7 CARA SEDERHANA MENJALANI GAYA HIDUP ZERO WASTE

7 Cara Sederhana Menjalani Gaya Hidup Zero Waste

Bella Lutfiana
Rabu, 04 Maret 2020 | 03:11:09
Durasi baca: 2 menit, 13 detik
Dibaca: 10 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

7 Cara Sederhana Menjalani Gaya Hidup Zero Waste

Apa itu Zero waste? Bagi sebagian orang mungkin sudah sering mendengar kalimat tersebut, yah “Zero Waste” merupakan suatu gerakan go green yang akhir-akhir ini kian populer baik di Indonesia maupun di negara-negara lainnya. Zero waste memiliki tujuan untuk mengurangi jumlah sampah dari produk atau barang yang kita beli. Yah, bagaimana pun kita harus menjaga sumber daya alam dan lingkungan hidup. Nah, untuk kamu yang ingin menjalankan gerakan zero waste berikut ini lima cara sederhana yang bisa dilakukan.

                                                        

1. Selalu membawa botol minuman dan tempat makan

Membawa tempat makan dan botol minuman sendiri cukup efektif mengurangi pemakaian plastik. Misalnya saat kamu membeli kopi di kedai kopi atau tempat lainnya. Lalu tempat makan bisa menjadi pengganti boks makanan atau plastik yang digunakan untuk membungkus makanan yang kamu beli. Membiasakan hal ini juga sudah termasuk kamu mendukung gerakan zero waste.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Anak Dimasa Pertumbuhan

 

2. Membiasakan membawa tas belanja

Jadikan membawa tas belanja sebagai kebiasaan. Selain dapat mengurangi pemakaian plastik, tas belanja yang pada umumnya terbuat dari kain cenderung lebih kuat dibandingkan plastik. Sehingga kamu tak perlu khawatir akan bolong atau sobek. Membawa tas belanja sendiri juga lebih praktis dan tak repot ketika membeli banyak barang.

 

3. Daun pisang

Mungkin saat ini kebanyakan orang membungkus nasi menggunakan kertas nasi. Tapi perlu di ingat bahwa kertas nasi merupakan salah satu sampah yang sulit di daur ulang. Selain itu, banyak mengandung zat kimia yang bisa saja ikut dikonsumsi penggunanya. Nah, daun pisang bisa menjadi alternative untuk membungkus sayuran agar tidak cepat busuk.

 

Baca juga: Makanan Terenak Di ASIA yang Wajib Kamu Coba


4. Sedotan besi

Gerakan mengubah sedotan plastik menjadi sedotan besi atau sedotan kertas sudah banyak yang menjalaninya. Seperti di tempat-tempat makan penggunaan sedotan besi sudah mulai dibudi dayakan. Gerakan ini sangat efektif guna mengurangi jumlah sampah dari sampah sedotan plastik.

 

6. Kain perca

Cara sederhana hidup secara zero waste selanjutnya adalah menggunakan kain perca untuk mengelap sesuatu yang tumpah, kain perca atau kanebo cukup efektif menyerap basah. Kain ini bisa menjadi pengganti tissue dan bisa kamu bawa ke mana-mana untuk sekedar mengeringkan tangan setelah mencuci atau mengelap sesuatu yang tumpah. Yuk biasakan membawa kain perca untuk mengurangi sampah tisu.

 

7. Pembalut kain

Kamu bisa bayangkan berapa banyak sampah pembalut yang dihasilkan dalam satu tahun? Dengan mengganti pembalut plastik dengan pembalut kain, kamu sudah  ikut mendukung program zero waste. Dengan pembalut kain, kamu juga sudah mengurangi pengeluaran bulananmu lho. Yakin masih mau pakai pembalut plastik?

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Menjalani gaya hidup zero waste sebenarnya mudah asalkan ada kemauan. Mungkin dampak dari sampah tidak secara langsung, namun secara perlahan apakah anak cucu kita nanti harus mengalami dampak buruk dari sampah dan sumber daya alam yang terus berkurang? Tentu saja tidak bukan. Nah, dengan gerakan zero waste ini semoga bisa membuat hidup lebih baik sumber daya alam bisa dinikmati hingga generasi kita nanti.

 

Cara mengurangi sampah makanan zero waste Indonesia go green tips hidup sehat sampah plastik

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Faradisa Maisarah
Faradisa Maisarah
Hidup sustainable. Jangan cuma penggunaan produknya saja tapi gaya hidup nya juga perlu, misal jangan buang sampah sembarangan, selalu menggunakan produk organic yang tidak meninggalkan bekas atau jejak.

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE