Ladiestory.id » Health » 7 Makanan Enak Ini Bisa Picu Kanker

7 Makanan Enak Ini Bisa Picu Kanker

Minggu, 01 September 2019 | 08:10:08
Durasi baca: 2 menit, 36 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

7 Makanan Enak Ini Bisa Picu Kanker

DokterSehat.Com – Salah satu penyebab kanker yang jarang kita sadari adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Masalahnya adalah makanan-makanan ini biasanya memiliki rasa yang enak. Lantas, makanan-makanan apa sajakah yang bisa menyebabkan dampak kesehatan ini?

Berbagai Makanan yang Bisa Menyebabkan Datangnya Kanker

Pakar kesehatan menyebut kanker bisa disebabkan oleh paparan berbagai benda yang bersifat karsinogen, radiasi dari berbagai hal, masalah obesitas, terjadinya peradangan, hingga paparan virus. Hanya saja, hal ini juga bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk.

Baca juga: Mengenal Bahaya Kanker Prostat dan Cara Menghindarinya

Berikut adalah berbagai jenis makanan yang bisa menyebabkan datangnya kanker.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda dikenal luas sebagai salah satu minuman yang paling menyegarkan, apalagi jika dikonsumsi saat suhu udara sedang sangat panas. Masalahnya adalah minuman ini juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan gula di dalamnya.

Baca juga: Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Nggak Dimasak Secara Benar

Keberadaan gula ini tak hanya akan membuat berat badan naik. Terlalu sering mengonsumsinya juga bisa menyebabkan resistensi insulin yang bisa berujung pada diabetes dan peradangan. Selain itu, di dalam minuman bersoda terdapat kandungan pewarna atau bahan kimia lainnya yang bisa saja berujung menjadi kanker.

  1. Makanan kalengan

Makanan kalengan dikenal praktis untuk diolah dan memiliki rasa yang enak. Kita tinggal mengolahnya dalam waktu yang sebentar dan makanan ini bisa dengan mudah langsung kita konsumsi. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan kalengan bisa meningkatkan risiko terkena kanker.

Baca juga: Resto Makanan Indonesia Terbaru Bergaya Jepang-Prancis Modern di Bali

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan BPA yang ditujukan untuk melapisi bagian dalam kaleng. Lapisan ini sebenarnya ditujukan agar makanan lebih awet. Sayangnya, kandungan ini juga bisa meningkatkan risiko kanker dengan signifikan.

  1. Keripik kentang

Keripik kentang yang sering kita konsumsi sebagai camilan saat mengobrol bersama dengan teman-teman atau anggota keluarga atau saat menonton televisi ternyata bisa memberikan dampak kesehatan yang buruk jika terlalu sering dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan natrium dan lemak yang tinggi. Selain itu, dalam banyak kasus keripik kentang juga tinggi kandungan pengawet, pewarna buatan, dan perasa buatan yang tidak sehat.

Proses pengolahan keripik kentang juga bisa memicu terbentuknya akrilamida yang sayangnya bersifat karsinogen dan bisa menyebabkan datangnya kanker.

  1. Minuman beralkohol

Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Masalahnya adalah banyak orang yang tetap meminumnya demi faktor pergaulan atau sudah mengalami ketergantungan. Padahal, sering mengonsumsinya bisa saja menyebabkan datangnya kanker.

Baca juga: Sering Dijadikan Makanan Untuk Diet, Ternyata Makanan Ini Sebenarnya Buruk Bagi Tubuh

Pakar kesehatan menyebut telah ada penelitian yang membuktikan bahwa kebiasaan mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan kanker payudara, kanker rektum, kanker hati, kanker usus besar, kanker kerongkongan, dan lain-lain.

  1. Buah dan sayuran yang terpapar pestisida

Sebenarnya, pakar kesehatan masih memperdebatkan dampak pestisida pada buah dan sayuran terhadap risiko kanker bagi manusia. Hanya saja, sebagian pakar kesehatan menyebut pestisida berjenis atrazine, organofosfat, serta thiodicarb bisa menyebabkan gangguan reproduksi serta kanker.

  1. Minuman panas

Minuman yang masih dalam kondisi panas seperti teh atau kopi memang bisa memberikan kesegaran tersendiri. Sayangnya, jika kita mengonsumsinya saat suhunya masih panas, maka risiko untuk terkena kanker tenggorokan akan meningkat dengan signifikan. Karena alasan inilah sebaiknya kita mengonsumsinya saat sudah hangat.

  1. Acar

Acar yang tinggi kandungan garam tak hanya bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah. Terlalu sering mengonsumsinya juga bisa menyebabkan kenaikan risiko terkena kanker, khususnya kanker usus besar dan kanker lambung. Hal ini disebabkan oleh keberadaan pewarna buatan yang bisa memicu dampak ini.

Baca juga: 14 Keunikan Makanan yang SangatMengesankan di Dunia, Amazing!

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH