?>
LADIESTORY.ID | COMMUNITY BLOG | HEALTH | 7 MAKANAN INI BAIK UNTUK KEKEBALAN TUBUH. SUDAH PERNAH COBA?

7 Makanan ini Baik untuk Kekebalan Tubuh. Sudah Pernah Coba?

abigail intan
Durasi baca: 2 menit, 57 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

7 Makanan ini Baik untuk Kekebalan Tubuh. Sudah Pernah Coba?

Makanan untuk Kekebalan Tubuh. Jika bicara menu sehat, pastinya yang ada dipikiran kita adalah sayur dan buah. Benar tidak? Mungkin bagi yang tidak suka sayuran atau buah, ogah untuk mengonsumsinya, namun bagaimana pun, beragam makanan sehat ini sangat dibutuhkan untuk asupan tubuh. Yah, sayur dan buah merupakan sumber protein dan vitamin yang sangat baik dikonsumsi setiap hari. Terlebih seperti sekarang ini, banyak ancaman bahaya penyakit yang mudah menyerang tubuh. Untuk itu, kekebalan tubuh pun perlu kita perhatikan.

Nah, salah satu zat gizi yang dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh kita adalah vitamin C. Sayangnya pandemi virus corona membuat stok suplemen vitamin C menjadi langka karena orang-orang memborongnya untuk persediaan di rumah. Tak hanya langka, harga suplemen multivitamin pun ikut melonjak, menyusul harga hand sanitizer dan masker serta disinfektan lainnya. Meski demikian, kamu tak perlu khawatir, karena daftar makanan ini juga dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh alami kita.

 

Baca juga: Makanan Terbaik Untuk Diet Golongan Darah B

1. Sayur Brokoli

Sayuran hijau ini cukup populer akan vitamin dan mineralnya. Selain baik untuk daya tana tubuh, sayuran ini sering kali dijadikan menu diet para remaja karena mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin A, C serta antioksidan dan serat. Sayur brokoli adalah salah satu sayuran paling sehat yang wajib dimakan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Cukup dengan memasak sebenar dengan cara menumis atau merebusnya agar kandungan gizinya tidak hilang.

 

2. Sayur Bayam

Tak hanya kaya akan vitamin C, bayam juga mengandung antioksidan dan beta karoten. Manfaat dari kandungan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan melawan infeksi bakteri dan virus yang menyerang tubuh kita. Sama halnya dengan brokoli, hindari memasak terlalu lama agar gizi didalamnya tidak hilang. Dan yang terpenting lagi, hindari memanaskan kembali sayuran ini.

 

3. Bawang putih

Bawang merupakan bumbu dapur yang tak hanya melezatkan makanan, tapi juga dapat membantu tubuh melawan infeksi. Hal ini dikarenakan bawang mengandung zat sulfur Berna,a allicin. Selain memperkuat sistem imun tubuh, bawang putih juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta mengurangi pengerasan arteri.

 

4. Jahe

Baca juga: Harga 5 Makanan Termahal di Dunia Ini Bikin Kaget

Rempah-rempah yang satu ini memang sudah mulai langka karena diyakini dapat melawan radikal bebas. Yah, selain itu, jahe juga dikenal dapat menjaga ketahanan tubuh, terutama untuk melawan inflamasi peradangan. Sensasi hangat pada jahe yang ditimbulkan dari senyawa capsaicin juga bagus untuk meringankan tenggorokan sakit. Coba minum rebusan jahe hangat, kalau kamu merasakan tanda-tanda akan flu.

 

5. Kunyit

Sama seperti kunyit asupan makanan ini juga baik untuk kekebalan tubuh. Akar-akaran ini umumnya digunakan untuk masakan dan jamu tradisional. Warnanya yang kuning dan bau rempahnya yang khas, menjadikan kunyit bermanfaat untuk tubuh. Terutama sebagai anti peradangan dan merawat tubuh dari masalah osteoarthritis dan rematik. Selain itu, kandungan curcumin di dalamnya  juga bisa membantu meringankan masalah otot kerana olahraga.

 

Baca juga: Diet Golongan Darah O, Cara Sehat Mendapatkan Tubuh Ideal

6. Yogurt

Cobalah memilih yogurt dengan label “kultur hidup dan aktif” seperti greek yogurt atau minuman probiotik. Karena bakteri baik hidup pada yogurt dan probiotik dan dapat menstimulasi sistem imun kita untuk memerangi penyakit. Sebaiknya pilih yang plain atau tanpa rasa ya agar asupan gula kamu tetap terjaga. Bila kurang manis, kamu bisa menambahkan gula atau madu.

 

7. Teh hijau

Selain makanan, ada pula minuman untuk kekebalan tubuh. Yakni teh hijau, yah senyawa dalam teh ini mengandung antioksidan yang bernama flavonoid serta epigallocatechin gallate (EGGC) yang dapat meningkatkan fungis imun pada tubuh kita. Teh juga  memiliki sumber yang baik untuk mendapatkan asam amino L-theanine, yang bermanfaat membantu produksi zat penangkal bakteri pada sel-sel tubuh kita.

Baca juga: Rajin Konsumsi Makanan Ini Yang Ternyata Mampu Meningkatkan SPF Pada Kulit

 

Demikianlah makanan dan minuman yang dapat membantu kekebalan tubuh kita. Di situasi seperti sekarang ini kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi tubuh kita dalam melawan radikal bebas, untuk itu kita harus mencegahnya dengan sering-sering mengonsumsi makanan-makanan sehat di atas sehingga imun tubuh kita tetap terjaga.

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh Menu sehat Makanan antioksidan Sayuran hijau Makanan diet Menu sehat Menangkal radikal bebas

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health