?>
LADIESTORY.ID » FASHION & BEAUTY » 7 MANFAAT ARANG DARI KECANTIKAN SAMPAI KESEHATAN

7 Manfaat Arang Dari Kecantikan Sampai Kesehatan

Jum'at, 23 Agustus 2019 | 12:00:00
Durasi baca: 2 menit, 3 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

7 Manfaat Arang Dari Kecantikan Sampai Kesehatan

Foto: shutterstock
 
Arang berasal dari pembakaran kayu keras, tempurung kelapa, atau bambu dalam waktu lama telah lama dimanfaatkan manusia untuk berbagai hal. Secara tradisional arang digunakan untuk memasak dan menyaring air. Belakangan arang digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat makanan dan minuman, seperti roti, pasta, gelato, dan kopi. Arang juga digunakan untuk merawat diri. Di pasaran belakangan arang dimasukkan dalam masker, pasta gigi, dan shampoo.

Anda juga bisa, lho meracik arang untuk sehari-hari, seperti beberapa hal berikut:

1/ Merawat kulit yang disengat serangga

Cukup campur bubuk arang aktif dengan sedikit minyak kelapa hingga menjadi pasta, lalu olehkan pada kulit yang disengat serangga seperti nyamuk atau lebah. Arang akan meredangan peradangan pada kulit. Bubuk arang aktif berbeda dengan arang yang digunakan untuk memasak sate. Anda bisa membelinya di apotek, salah satu merek yang familiar di Indonesia adalah norit.

2/ Masker jerawat dan komedo

Campur arang aktif, bentonite clay (bisa beli secara di toko daring), minyak kelapa, baking soda, dan air. Jika ingin memberi aroma dan manfaat lebih, Anda bisa menambahkan minyak essential seperti lavendel. Gunakan masker arang ini seminggu sekali.

3/ Memudarkan noda di gigi

Belakangan arang aktif disebut-sebut sebagai cara murah untuk memutihkan gigi, bahkan sudah ada pasta gigi komersial yang memasukkan arang aktif dalam bahan utamanya. Yang perlu diingat, warna gigi tidak secara mudah dapat diubah dan bubuk arang aktif bersifat abrasif terhadap permukaan email gigi. 

Untuk membantu melenyapkan noda-noda di permukaan gigi, gosok bubuk arang aktif pada gigi menggunakan ujung jari, diamkan selama tiga menit, lalu bersihkan menggunakan sikat dan air. Lakukan seminggu sekali saja. Terlalu sering dapat mengabrasi gigi dan menyebabkan gigi lebih sensitif.  

4/ Membersihkan kulit kepala

Campur arang aktif dengan minyak kelapa hingga menjadi kental, pijatkan pada kulit kepala dan biarkan selama 20 menit. Anda juga bisa memasukkan arang aktif dalam shampoo yang lembut. Cara ini dapat mengurangi ketombe di kulit kepala. Arang akan meninggalkan jejak hitam pada rambut, baiknya hindari jika rambut Anda diwarnai selain hitam.
Foto: shutterstock

5/ Menghilang bau 

Anda juga bisa menggunakan arang untuk menghilangkan bau di lemari pendingin atau ruangan yang baru dicat. 

6/ Meredakan rasa kembung dan diare

Arang aktif sudah lama digunakan untuk ini. Tinggal minum pil atau tablet berisi arang aktif dalam jumlah yang disarankan di kemasan.

7/ Memurnikan air

Kini sudah ada arang aktif dalam bentuk batang yang berfungsi seperti penyaring air. Anda tinggal meletakkannya pada gelas atau wadah air. Arang ini bisa digunakan berulang kali dan hanya perlu dikembalikan kemampuannya dengan merebusnya dan mengeringkannya, seminggu sekali.

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS